joko.winAvatar border
TS
joko.win
Sidak GOR Penampung Tunawisma yang Diresmikan Anies, Ternyata Kosong
Para tunawisma diminta pulang sesaat setelah ditemui oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan




Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
Senin, 27 April 2020 | 12:59 WIB

Sidak PSI temukan Tunawisma di GOR Karet Tengsin dipulangkan (Twitter/sigitwid)

Suara.com - Sejumlah politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melakukan sidak ke GOR Karet Tengsin, Jakarta Pusat yang dijadikan tempat pengungsian bagi tunawisma pada masa PSBB wabah virus corona covid-19.

Namun, mereka terkejut saat mendapati GOR sudah kosong dan para tunawisma diminta pulang sesaat setelah ditemui oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Juru bicara PSI Sigit Widodo melalui akun Twitter miliknya @sigitwid mengatakan, sidak tersebut dilakukan oleh Wakil Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Justin Adrian dan anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI Anggara Sastroamidjojo pada Sabtu (25/4/2020) malam. Mereka terkejut melihat GOR dalam keadaan tertutup dan kosong.

"Bro @justinpsi dan bro @asastroamidjojo sebagai anggota DPRD memutuskan untuk melakukan sidak ke GOR Karet Tengsin untuk melihat kondisi saudara-saudara tunawisma kita di sana. Ternyata GOR telah kosong," kata Sigit seperti dikutip Suara.com, Senin (27/4/2020).

Dari keterangan petugas keamanan GOR, para tunawisma yang sebelumnya ditampung disana diperbolehkan pulang ke tempat masing-masing setelah diajak berbincang oleh Anies.

Sebelum diperbolehkan pergi, para tunawisma masing-masing mendapatkan satu paket sembako dari Pemprov DKI Jakarta.

Sigit mengaku kecewa dengan kebijakan tersebut. Ia menilai Anies telah menghambur-hamburkan uang pajak hanya demi kepentingan publikasi semata.

"Ini membuat kami sangat kecewa. Jika hanya dikumpulkan untuk kepentingan publikasi semata, alangkah sayangnya uang pajak kita dihambur-hamburkan seperti itu," ungkapnya.

Sigit berharap Pemprov DKI Jakarta dapat segera memikirkan cara untuk menampung para tunawisma yang terdampak virus corona selama pandemi. Selain itu, kebutuhan mereka juga harus dicukupi oleh Pemprov DKI.

"Kami tidak ingin berpolemik, namun harapan kami sluruh tunawisma di Jakarta dapat segera ditampung di GOR-GOR selama pandemi, dan dicukupi kebutuhannya oleh Pemprov DKI," tuturnya.

https://www.google.com/amp/s/amp.sua...ernyata-kosong







William PSI Puji Anies, Apa Isinya?Cerita indonesia | 25 April 2020 | 19:21 WIB

  

JAKARTA, KOMPASTV – Anggota DPRD DKI Jakarta William Aditya Sarana memuji salah satu langkah Gubernur DKI Jakarta dalam mengatasi persebaran Covid-19.

Menurutnya, langkah yang diambil mantan Menteri Pendidikan tersebut sudah tepat.

Sebelumnya, Anies menyiapkan Gelanggang Olahraga (GOR) Tanah Abang untuk menampung sejumlah tunawisma di Jakarta.

“Menurut saya menyediakan GOR sudah cukup tepat. Karena kita bisa mencontoh, apa yang terjadi di Malaysia juga menyediakan GOR untuk tempat sementara tuna wisma yang tidak memiliki rumah, atau gagal membayar sewa kontrakan”, ujar William kepada Kompas TV, Sabtu (25/4/2020).

Baca Juga: Warga Yang Berkerumun Diangkut dan Tinggal di GOR Tanah Abang

Tak hanya itu, politisi PSI ini juga mendorong Pemerintah DKI Jakarta untuk menggunakan rusun-rusun yang masih kosong, untuk menampung para tunawisma.

“Total di DKI Jakarta masih banyak rusun yang kosong, ada sekitar sebanyak 5 – 6 ribu unit rusun yang kosong, sehingga unit-unit ini bisa dijadikan sebagai tempat tinggal sementara bagi para tunawisma ini”, katanya.

Kini, dampak sekunder dari persebaran virus corona sudah mulai dirasakan oleh masyarakat.

Banyak masyarakat yang di-PHK, sehingga tak memiliki penghasilan bulanan.

Akibatnya, jumlah angka kemiskinan di Indonesia diprediksi semakin meningkat.


https://www.google.com/amp/s/www.kom...ies-apa-isinya
Diubah oleh joko.win 27-04-2020 07:07
crazzyid
zachwaadzromare
darwinsilb
darwinsilb dan 209 lainnya memberi reputasi
206
15.2K
270
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan