Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kaskus.podcastAvatar border
TS
kaskus.podcast
Resign dari Bank Karena Riba, Uang Habis Ditinggal Istri. Ngeri Banget!

“Kerja di Bank haram cuy!”

“Kenapa?”

“Riba”

Obrolan mas-mas di gerbong kereta Tebet - Bekasi itu tiba-tiba membuat saya teringat dengan cerita seorang teman. Waktu itu selepas kerja, di warung dekat kantor, dia berbicara begini. “Kasian deh sepupu gue. Dia kan baru aja hijrah. Terus dia ninggalin kerjaannya di bank karena katanya kerja di bank itu berdosa. Enam bulan nganggur, uangnya habis. Mobil dijual. Rumah dijual. Sekarang dia ngontrak. Gara-gara udah nggak ada uang lagi, dan dia belum dapet pekerjaan baru, akhirnya istrinya nyerah. Dan dia digugat cerai.”


“Sama tuh bro kayak temen SMP gue.” Temanku yang satunya lagi menyahut. “Bedanya kalo temen gue, abis keluar dari bank, dia gojek. Terus dia diingetin lagi, katanya gojek pun kan pembayarannya pake gopay. Gajinya ditransfer pake bank. Bank kan riba. Akhirnya dia pun berenti ngojek. Gak tau deh tuh sekarang ngapain. Gue nggak mau nanya-nanya.”Lanjut temenku bercerita.

Kisah-kisah semacam ini sering saya dengar dari teman-teman kerja saya. Lalu, apa kabar saya? Yang hidup, besar, dikuliahi, oleh seorang bapak yang bekerja puluhan tahun di bank? Kasian banget beliau. Hasil keringatnya selama ini sesuatu yang haram. Memberikan makan badanku yang gempal ini dengan yang haram. Berangkat umroh dengan yang haram. Ah, masa sih seperti itu?

Pertanyaan tentang riba ini tentunya menjadi sesuatu yang berat. Mungkin lebih berat dari rindunya Dilan yang cuma anak geng motor rusuh itu. Belum perkara kredit motor yang juga termasuk riba. Sepertinya, kita yang masih jauh dari ilmu ini harus banyak mendengar tentang riba dan segala tetek bengeknya. Karena banyak pertanyaan tentang ini, kita pun akhirnya menemui Ustadz Suherman dari Dompet Dhuafa. 

Semua pertanyaan dan jawaban tentang riba ini akhirnya terkumpul semua dalam Podcast Teman Berhijrah episode Lebih Berat dari Cinta, RIBA”. Semoga bisa menjadi tambahan ilmu untuk teman-teman yang ingin berhijrah atau sekedar ingin tau.

podcast-episode


zafranramon
pulaukapok
putwoo
putwoo dan 12 lainnya memberi reputasi
9
5.6K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan