Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

edutrip.idAvatar border
TS
edutrip.id
Edutrip.Id

Sejarah Edutrip.Id

Edutrip.id “Jelajahi Nusantara Lewat Museum” merupakan kegiatan mengedukasi adik-adik yatim dan dhuafa untuk dapat mengenal nusantara lewat museum. Kegiatan ini didirikan pada tanggal 18 November 2017, pada saat itu Edutrip.Id Batch 1 terlaksana dengan adanya destinasi wisata edukasi yang dikunjungi yaitu Planetarium Taman Ismail Marzuki, Museum Perumusan Naskah Proklamasi, dan Allianz Ecopark Ancol.

Bentuk kegiatan:

-         Jelajah, belajar sambil menjelajahi Museum. Menggali pengetahuan melalui koleksi sejarah kebahaian dan kenelayanan bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

-         Edufun, belajar sambil interaksi langsng dengan alam dengan bercocok tanam, membuat kerajinan, dan memberi makan hewan ternak.

-         Berbagi Kasih Sayang, bertukar cerita dan pengalaman antara relawan pendamping dengan adik-adik Panti Yatim Piatu dan Dhuafa.

Tujuan kegiatan ini menumbuhkan rasa cinta tanah air melalui pengenalan sejarah dan pahlawan-pahlawan di Indonesia. Kami melakukan kegiatan tersebut dikarenakan masih banyaknya anak-anak era millennial saat ini cenderung kurang menyukai berwisata ke Museum. Program inti wisata edukasi ini didirikan bagi anak-anak kurang mampung, khusunya anak-anak Yatim Piatu dan Dhuafa.

Edutrip.Id merupakan sebuah proyek sosial yang digagas oleh beberapa relawan pada 2017 silam, sekitar 8 (delapan) orang penggagas utama.

Latar belakang pendiri dari beberapa asal daerah yang beerja di wilayah Jabodetabek, usia berkisar antara 26 – 30 tahun, Pendidikan terakhir Sarjana, ketertarikan ingin berkontribusi delam dunia Sosial Pendidikan.

Pendukung utama kami adalah Sponsorship, Partnership dan Donatur dari berbagai kalangan, juga beberapa Relawan yang direkrut untuk menjadi Pendamping dan Dokumentator.

Ide Awal Munculnya Program

Diawali dari perbincangan mengenai permasalahan yang dihadapi anak-anak masa kini di mana gadgettelah mendominasi perhatian mereka. Interaksi anak dengan lingkungannya semakin berkurang. Di lain sisi, minat anak terhadap sejarah juga semakin menurun. Pencetus ide pertama kali Gumilang Satriyo Nugroho, Windy Garis Pratiwi dan Ria Prasetyo, terinspirasi oleh kegiatan sosial yang kami modifikasi sendiri, motivasinya ingin menjadikan museum sebagai tempat yang menyenangkan dan seru untuk dikunjungi dan dijadikan tempat belajar menarik sebagai alternatif hiburan.

Proses merealisasikan ide, kami berusaha untuk menciptakan rasa berbagi sesama dengan cara berbeda, misi Edutrip.Id yaitu berbagi kebahagian bersama adik-adik yang kurang mampu melalui kegiatan wisata edukasi dan memperkenalkan museum kepada seluruh peserta. Melalui kegiatan ini, selain menjadi wadah untuk berbagi, kami berharap Edutrip.Id dapat berpartisipasi dalam meningkatkan minat pengunjung museum di kalangan masyarakat. Semua bantuan kegiatan ini mengandalkan dari usaha mencari donatur dan tentunya doa, belajar untuk bersyukur dan berbagi kebahagiaan kepada yang membutuhkan khususnya adik-adik Yatim Piatu dan Dhuafa

Keunggulan program

·        Menanamkan rasa cinta tanah air yang mendalam.

·        Menumbuhkan semangat menghargai sejarah bangsa Indonesia.

·        Menumbuhkan jiwa pancasila, khususnya kepada anak-anak.

·        Menghidupkan museum-museum yang sudah jarang dikunjungi dan kurang diminati masyarakat.

Obstacle Kendala yang dihadapi adalah dikarenakan kegiatan ini bersifat sosial dan di luar dari pekerjaan kami masing-masing, yang tentunya orang-orangnya punya kesibukan masing-masing, untuk mengumpulkan dan melakukan kegiatan ini perlu menyesuaikan jadwal masing-masing anggota, komitmen pun harus dijalani agar kegiatan ini bisa terlaksana lagi, selisih paham antar anggota yang sering kali terjadi namun hal tersebut memang sudah biasa terjadi dalam suatu organisasi. OutcomeKegiatan ini bagi anak-anak kurang mampu, khususnya anak-anak yatim dan dhuafa yang terselenggara sekitar wilayah Jabodetabek. Jumlah yang ikut diantaranya :

1.     Edutrip.Id Batch 1 pada 18 November 2017. Kegiatan ini dilaksanakan bersama 52 yatim dan dhuafa yang berasal dari Asrama Yatim & Dhuafa Yayasan Al Abqo Amanah Bintaro Tangerang Selatan dan Rumah Yatim Bina Ummat Yatim & Dhuafa Mencong Ciledug serta 33 orang relawan dari berbagai kalangan.

2.     Edutrip.Id Batch 2 pada 25 Februari 2018. Kegiatan ini mengajak 39 yatim dan dhuafa yang berasal dari Yayasan Rumah Cerdas Indonesia dan Yayasan Nurul Qomar Depok & didampingi oleh 23 relawan dari berbagai kalangan.

3.     Edutrip. Id Batch 3 pada 23 Februari 2019. Kegiatan ini dilaksanakan bersama dengan adik-adik yatim sebanyak 120 anak, yang terdiri dari 3 panti asuhan yang berasal dari Panti Asuhan Anni’mah Cakung, Yayasan Al-Sakinah Cakung, dan Panti Asuhan Anak Muslimin Tebet & sekitar 76 relawan pendamping & dokumentator, relawan dari pihak sponsor dan pendamping panti, juga tamu & media partner berbagai kalangan.

Manfaat yang diberikan berupa beberapa rangkaian kegiatan seperti jelajah museum, game jelajah pos, bermain angklung bersama mas Cahyo, kreasi anak, serta kegiatan planting.

Aktivitas kegiatan pemberdayaan tersebut dilakukan tidak menentu, bisa setahun sekali, tergantung dari kesibukan masing-masing anggota.

Outreach

Edutrip.Id memiliki goals untuk setiap kegiatan yang akan dilaksanakan menambah jumlah anak-anak yatim & dhuafa, yang mendorong untuk belajar bermain sekaligus mengedukasi adik-adik yatim tentunya.

Sustainability

·        Harapan kegiatan ini untuk kedepannya adalah menjadikan museum sebagai alternatif tempat belajar dan hiburan bagi anak-anak.

·        Komitmen untuk melanjutkan kegiatan ini akan dilaksanakan 1 kali dalam setahun.

·        Tim yang meneruskan kegiatan ini penggagas utama yang bersamaan dengan melakukan OPREC(Open Recruitment) beberapa relawan sebagai panitia agar kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik.

0
315
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan