Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

salamsetirkiriAvatar border
TS
salamsetirkiri
Kadang Bikin Bingung, Apa sih Bedanya RAM dengan ROM pada Smartphone?
Agan dan Sista, pernah bingung gak sih ngebedain RAM ama ROM? secara keduanya memiliki satuan yang sama GanSis, yakni MB atau GB. Dan keduanya juga sama – sama memori GanSis.

Setelah Ane telusuri, RAM ama ROM itu memang sama – sama memori GanSis, tapi keduanya memiliki fungsi yang berbeda, entah itu pada komputer, laptop, atau smartphone.

Kalau dari segi pengertiannya, RAM atau Random Access Memory merupakan memori yang tersedia untuk sistem operasi dan digunakan untuk menjalankan proses dari komputer atau smartphone. Simpelnya, memori yang disediakan untuk menjalankan aplikasi, baik itu smartphone atau komputer. Contohnya, Agan dan Sista buka instagram dari smartphone, sambil dengerin podcast di spotify, terus barengan dengan chatingan di WA. Nah, disinilah peran dari RAM GanSis, perangkat ini yang akan memproses aplikasi tersebut GanSis.

Semakin besar kapasitas RAM yang digunakan, maka akan semakin besar ruang yang disediakan untuk menjalankan aplikasi, dan smartphone atau komputer gak akan lemot ketika banyak aplikasi yang dibuka berbarengan. Jadi jangan heran ketika smartphone Agan dan Sista memiliki RAM yang gak besar, suka lemot kalau buka banyak aplikasi. O iyah GanSis, data yang disimpan di RAM ini akan hilang ketika smartphone atau komputer mati. Jadi RAM ini sifatnya hanya sementara.

Semantara ROM atau Read Only Memory adalah komponen memori yang memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai program yang ada pada komputer atau smartphone. Simpelnya ini disebut sebagai memori yang biasa yang kita kenal GanSis. Disini Agan dan Sista bisa menyimpan file atau program seperti musik, gambar, dan video. Berbeda dengan RAM, ketika device – nya dimatiin, maka data yang ada pada ROM akan tetap tersimpan GanSis. Kalau kalian masih merasa kurang, kalian bisa menggunakan memori eksternal untuk mendampingin ROM.

Seperti yang udah Ane singgung sedikit diatas GanSis, RAM yang ukurannya besar sangat banyak manfaatnya GanSis. Buat Agan dan Sista yang sering berkegiatan dengan smartphone yang membuat kalian sering buka banyak aplikasi berbarengan atau multitasking, smartphone yang RAM nya besar sangat cocok buat kalian. Soalnya dengan kapasitas RAM yang besar, Agan dan Sista gak bakalan nemu yang namanya lemot saat membuka aplikasi.

Selanjutnya buat yang suka main game berat kayak PUBG di smartphone, RAM yang besar juga sangat ngebantu GanSis. Kalau RAM smartphonenya mumpuni alias besar, main game nya juga akan lancar tanpa ngelag GanSis.

Sementara ROM yang ukurannya besar akan membuat Agan dan Sista lebih leluasa dalam menyimpan file berupa gambar, video, dan musik. Kalian gak usah lagi nyari memori eksternal untuk penyimpanan file kalian. Yang suka nonton film atau drama korea di smartphone, ponsel dengan ROM yang ukurannya besar bisa jadi pilihan GanSis.

Emang ada smartphone dengan RAM dan ROM yang besar Gan?

Ada donk GanSis, OPPO A9 2020 buktinya. Smartphone ini memiliki RAM 8 GB dan ROM 125 GB. Dengan kapasitas RAM dan ROM kayak gini, Agan dan Sista bakalan lebih nyaman dalam beraktivitas dan gak ada istilah lemot lagi GanSis. ROM nya juga akan membuat Agan dan Sista lebih leluasa dalam menyimpan file.

 


Diubah oleh salamsetirkiri 07-10-2019 09:53
neko
chisaa
mbakendut
mbakendut dan 19 lainnya memberi reputasi
-6
6.6K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan