Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

airamysyaAvatar border
TS
airamysya
Boleh Sih Tiket Masuk Rp 14 Juta, Asal Harus Transparan Kemana Saja Pengeluarannya


***

"Bila pemerintah menyediakan 50 ribu lembar tiket, hasil penjualan sebesar US$ 50 juta atau Rp 700 miliar akan digelontorkan seluruhnya untuk Pulau Komodo." kata Luhut - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

***



Ilustrasi Gambar

Sejujurnya, Aira kaget setelah mendengar isu penutupan Taman Nasional Komodo yang akan dijadikan wisata eksklusif semacam safari. Tapi setelah melihat berapa harga tiket yang harus dibayar untuk masuk dan menikmati fasilitas premium, malah lebih membuat menelan ludah lagi bagi sebagian orang.

Coba bayangkan satu tiket premium khusus bisa menjadi member selama setahun, didapatkan dengan membayar harga Rp 14 Juta Rupiah per orang. Untuk sebagian orang mungkin ini lumayan menguras ongkos wisata, tapi menurut Aira, jika pemerintah yang ada di NTT itu memang serius dalam mengelolanya dan bukan hanya janji didepan saja.

Sangat bisa dipastikan, akan ada banyak wisatawan luar negeri yang akan datang kesana, dengan syarat fasilitas dipantau lebih. Dikarenakan nanti, semua kewajiban atas keberlangsungannya kehidupan alam hewan eksotis komodo, sudah berpindah tangan menjadi hak pemerintahan provinsi NTT.

Jadi yang Aira mau jabarkan mengenai harga tiket yang lumayan itu boleh-boleh saja, asal pengelolaan tidak lepas tangan saja. Tapi ada beberapa kekhawatiran yang membuat pemerintah harus dengan serius mengawasi wisata ekslusif premium tersebut.

- Pengeluaran Apapun Harus Tranparan -

Ilustrasi Gambar

Menurut pendapat pribadi Aira, jika memang sudah benar mau dibangun menjadi wisata eksklusif premium Taman Nasional Komodo seperti contohnya safari Kenya. Dengan harga tiket Rp 14 Juta per orang yang akan digunakan selama setahun, bisa dipastikan orang-orang luar negeri yang sudah maniak wisata semacam ini pasti akan berbondong-bondong berdatangan.

Mereka itu sudah mengagumi alam indonesia, ditambah ada wisata premium seperti ini, apalagi di Taman Nasional Komodo dengan hewan paling langka di dunia. Langkah awal yang bagus dan lumayan besar juga dana yang digelontorkan nanti, pasti akan ada seseorang yang memanfaatkannya.

Aira hanya mau, pemerintah itu secara berkala bahkan teliti dalam memantau keluar masuk biaya yang digunakan untuk merawat serta menjaga habitat komodo. Tidak mau bukan, nantinya ada nyinyiran mengenai harga tiket mahal tapi fasilitas rusak semua tanpa ada yang mengawasi dan hanya bagian tertentu saja yang dirawat.

Iya, ini merupakan satu resiko yang harus dihadapi, karena ini merupakan satu mega proyek besar. Jangan seperti sudah dibangun bagus-bagus, malah dibiarkan begitu saja dan masih layaknya konservasi yang sebelumnya.


- Pengelolaan Bagus Tidak Hanya Diawal -

Ilustrasi Gambar

Kebanyakan Aira melihatnya itu seperti ini, satu tahun fasilitas itu bagus, tapi tahun berikutnya malah tak terurus. Jangan seperti lempar tanggung jawab dengan berani mengambil hak pengelola, tapi cuma diawal saja pelayanannya.

Jika memang yang dipikirkan hanya keuntungan semata tanpa melihat bagaimana kondisi dilapangan, bisa dipastikan fasilitas tersebut akan berangsur jadi tak terurus. Aira hanya bisa mengelus dada, jika memang seperti itu dan mohon semua aspek ekosistem komodo lebih diperhitungkan lagi.

Jadi kesimpulannya, Aira setuju dengan penataan ulang Taman Nasional Komodo sebagai wisata eksklusif premium dengan satu tiket Rp 14 Juta Rupiah per orang. Asal mereka tidak menutup mata kemana saja pengeluarannya, komodo mendapatkan yang seharusnya dan tidak hanya dijadikan tontonan belaka.

Pikirkan lagi untuk merelokasi penduduk sekitar yang berada di pulau komodo, karena mereka semua lebih dominan bekerja sebagai pelaku industri wisata yang ada disana sudah sejak dulu. Terima kasih dan sekian, salam manis dari Aira.


Quote:


ceuhetty
sebelahblog
sebelahblog dan ceuhetty memberi reputasi
2
305
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan