Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Satu Satunya Motor Yang Pakai Mesin V12, 2300cc Tenaganya Tembus 240hp
Manusia memang tiada habis-habisnya dalam melakukan inovasi-inovasi baru dan diiringi perkembangan zaman yang canggih mendorong terwujudnya suatu inovasi lebih mudah & berkembang, kali ini ide gokil muncul dari cetusan Allen Milyard yang berencana menggabungkan 2 mesin dari Kawasaki Z1300 seperti pernah kita bahas beberapa hari lalu akhirnya terwujud. 

Kalau agan masih ingat motor bernama PGM V8, yakni motor hypersport yang menggabungkan dua mesin Yamaha R1 jadi satu...sudah bisa dibilang cukup ekstrim. Tapi ada yang jauh lebih ekstrim nih gan, yaitu motor berkonfigurasi V12 mirip seperti mesin sportcar namun kali ini merupakan gabungan dari dua mesin motor yang masing-masing memiliki konfigurasi 6 silinder inline.



Orang yang berprofesi sebagai insinyur nuklir ini berhasil menciptakan sebuah maha karya yang membuat para penggila otomotif di dunia tercengang mendengarnya, dengan kendaraan bermesin V12 gabungan dari 2 mesin Z1300 yang memiliki basis 6 silinder itu, ia hanya menggunakan pada bagian blok mesin dan silinder head saja yang dipakai oleh Allen.

Gak kebayang seberapa buas mesin motor ini jika kita bayangkan satu mesin dari Z1300 saja punya spec 1,286cc dengan power sebesar 120hp dan torsi 115Nm. Secara kasar berarti power yang sudah bisa dihasilkan dari mesin V12 ini mencapai 240hp dan mungkin saja bisa lebih.



Sempat mengalami kendala pada proses pembuatannya terutama pada sudut kemiringan pada mesin standar Kawasaki Z1300 yang dirasa kurang pas menurutnya, hingga akhirnya ia merubah total sudut penempatan mesinnya sesuai apa yang ia perhitungkan. Setelah dirasa benar muncul kendala berikut yaitu tinggi dari silinder head terlalu panjang dan hingga mentok dengan dasar tangki akibat dari digesernya pada penempatan sudut kemiringan yang diatur Allen Milyard sebelumnya. 

Solusinya ia memotong stroke yang semula 71mm menjadi 63mm dan merancang kembali desain silinder head & kruk as supaya penempatannya pas pada sasis yang ada. Untuk parts penunjang lainnya Allen menggunakan radiator jumbo gabungan 2 radiator asli Z1300 dan sebagai suplai bahan bakar ia menggunakan sistem fuel injection dari Z1300 asli yang digabungkan sedemikian rupa agar mendapatkan hasil suplai bahan bakar yang sempurna. Selebihnya parts yang digunakan seperti shock, pengereman dan sektor kaki-kaki masih menggunakan asli dari Kawasaki Z1300. Alhasil terciptalah Kawasaki Z2300 berkonfigurasi mesin V12 70 derajat seperti dilansir motorcyclistonline.com(24/2/2009).


isu152
isu152 memberi reputasi
1
3.7K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan