Remi144Avatar border
TS
Remi144
Marah Hanya Karena Disebut "Dongki" Bagaimana Jika Ditambah "Sowik" Mungkin....
Yang sering nongol di depan beranda akun media sosial Facebook pasti akan tahu. (Foto: Ist/net)

Penulis: Remigius Nahal



Jagat maya kembali riuh. Keriuhan ini berhasil mengalahkan riuhnya kedatangan Presiden Jokowi ke Manggarai Barat.

Keriuhan apakah itu?

Yang sering nongol di depan beranda akun media sosial Facebook pasti akan tahu.

Ya, itulah netizen jaman now, sedikit-sedikit baper, bahkan ada yang sampai marah dengan mengeluarkan kata-kata yang kurang elok dibaca.

Kemudian memviralkan. Duh, mendingan gunakan itu data internet untuk membuka hal-hal yang berbobot ya gaess.

Hanya karena dibilang "dongki" langsung ngambek, seperti anak kecil yang dimarahin orang tuanya kemudian langsung pergi bersembunyi di bawah kolong tempat tidur.

Oh, Netizen ada apa gerangan. Saya juga pengikut itu group FB. Hampir setiap postingan yang terdapat di dalam group tersebut memang bersifat lelucon dan mengundang gelak tawa. Jujur saya mengaku terhibur juga. Namun, perlu diingat tak sedikit juga dalam postingan di group itu ada yang bersifat "saling sindir" terhadap tiga wilayah di Manggarai Raya. Kalian bisa cek. Bahkan, postingan-postingan itu lebih parah dari "dongki" yang disematkan kepada Saudara kita yang dari Manggarai dan Matim.

Netizen, tolongalah, semestinya kalian harus bersikap adil, bijak dan dewasa. Tolonglah....jadi tolong.

Wahai, yang sudah marah dengan kata "dongki" itu tidakah kalian tahu, "dongki" itu sapaan manja lho buat kita orang Manggarai. Dan ingat, pacar saya pernah panggil saya "dongki". Saya tidak pernah marah, malah saya tambah sayang sama dia, enakkk..emoticon-I Love IndonesiaDaripada di panggil "Wingot, Wangot, Wongos, Wingis, Woncos," mendingan "Dongki"kedengaran keren kan. Itu menurut saya.

Dan perlu diketahui juga, "Dongki" ini ada tambahannya dibelakang. Jika kalian orang Manggarai Tulen, pasti tahu. Apa itu kata tambahannya?

Ashiaaap. "Sowik" itulah kata tambahannya. Jadi, jika seandainya si Nana yang bilang kalian "Dongki" dengan menambahkan "Sowik" yang kemudian menjadi "Dongki Sowik" saya yakin pasti kalian langsung histeris atau menggelinjang seperti cacing kepanasan.

Tau artinya "Dongki Sowik"? Yah, dongki sowik itu, ya dongkinya dongki.

Marilah kita untuk jangan terlalu baper. Anggap saja itu lelucon. Lagi pula jika yang merasa marah itu, orangnya Dongki, masa mau berkhianat.

Untuk diketahui, berdasarkan pencarian saya di mesin geogle, dongki ini malah digunakan sebagai nama oleh orang-orang yang di luar Manggarai. Dan pengunaan nama Dongki ini sangat populer di era tahun 1998
Panggilan Dongki sangat populer untuk anak Laki-laki. Misalkan untuk nama depan seperti Dongki Sariono, Dongki. S, Dongki Yuda Pratama, dll.

Sifat dan karakter nama Dongki yaitu memiliki kemauan keras, bakat bisnis, dan wibawa. Ia terlahir untuk melakukan bisnis. Orang ini cermat dalam urusan kebersihan, dapat dipercaya dan gemar menolong.

Jadi, demikian dulu. Salam buat Dongkiku..emoticon-Malu (S)emoticon-Takut (S)
Diubah oleh Remi144 12-07-2019 00:34
polizeirc
polizeirc memberi reputasi
-1
2K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan