Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

shifu356Avatar border
TS
shifu356
Atasi Polusi Udara, Pengamat : Anies Bikin Ingub Baru Pembatasan Kendaran Bermotor

Kendaraan saat melintas di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2019). Situs penyedia peta polusi udara online, AirVisiual menyatakan bahwa kualitas udara di Jakarta tidak sehat. Berdasarkan data di situs maupun aplikasi AirVisual nilai air quality index (AQI) Jakarta adalah 168. Jakarta ada di posisi kedua setelah Lahore, Pakistan. Kualitas udara di Jakarta dinyatakan 'unhealthy'.  | AKURAS E N S O RSopian

AKURAT.CO, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang putar otak mencari jalan keluar dari masalah polusi udara yang baru-baru ini menjadi sorotan. Salah satu cara menekan tingginya polusi udara adalah wajib uji emisi pada 2020 mendatang.
Meski begitu, uji emisi bukan solusi tunggal untuk bisa keluar dari jeratan masalah ini. Mengajak masyarakat menggunakan transportasi umum juga dianggap cara yang mumpuni untuk mengentaskan masalah polusi udara.


Direktur Eksekutif Jakarta Public Service (JPS), Mohammad Syaiful Jihad mengatakan, langkah Pemerintah Provinsi DKI untuk menghadirkan layanan transportasi terintegrasi patut diacungi jempol. Layanan transportasi yang baik bakal mendorong masyarakat untuk meninggalkan kendaraan pribadinya dan menggunakan angkutan massal.
"Tentu kita tidak hanya bisa mengkritik soal buruknya kualitas udara di Jakarta, tapi jika masih bepergian menggunakan kendaraan pribadi, maka disini kita perlu action bersama," ujar Syaiful saat dikonfirmasi, Senin (8/7/2019).
Pada masa pemerintah Gubernur Joko Widodo semua Aparatur Sipil Negara (ASN) dilarang menggunakan kendaraan pribadi tiap jumat pertama setiap bulan. Peraturan ini diundangkan melalui Intruksi Gubernur Nomor 150 Tahun 2013 tentang pengunaan kendaraaan umum bagi pejabat dan pegawai di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. 
Ingub ini kemudian diwariskan hingga ke masa pemerintahan Gubernur [url=http://akuraS E N S O Rindeks?tag=Anies+Baswedan][color=#f9a01b][b]Anies Baswedan[/b][/color][/url] dan diterapkan hingga hari ini. Menurut Syaiful aturan seperti ini harus terus diinovasi.
Gubernur [url=http://akuraS E N S O Rindeks?tag=Anies+Baswedan][color=#f9a01b][b]Anies Baswedan[/b][/color][/url] kata dia meski bisa membuat terobosan baru dengan mengeluarkan Ingup serupa untuk melarang masyarakat menggunakan kendaraan pribadi pada hari tertentu.
"Harus ada Pergub atau Ingub baru, yang dapat memperluas sasaran pengguna kendaraan pribadi, agar beralih ke kendaraan umum dan tidak hanya terpaku pada pegawai Pemprov, tapi juga pegawai perkantoran, serta adanya penambahan waktu pelaksanaannya," ujarnya.
Dengan pembatasan penggunaan kendaraan bermotor semacam ini, Syaiful meyakini masyarakat Ibu Kota bakal menggunakan angkutan umum dalam kesehariannya. Apalagi baru - baru ini Kota Jakarta mendapat peringkat tiga besar dunia dalam pengelolaan transportasi umum.
"Saat ini perbaikan sistem transportasi DKI Jakarta mengalami kenaikan tren postif, dan berhasil tembus ke tiga terbaik dunia, oleh karena itu perlu kiranya regulasi yang mendorong, agar masyarakat beralih ke kendaraaan umum," tutupnya.[]




[url=https://akuraS E N S O Rnews/id-680132-read-atasi-polusi-udara-pengamat-sarankan-anies-bikin-ingub-baru-soal-pembatasan-kendaran-bermotor]Source and more info[/url]



tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
1.9K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan