Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Pendidikan Masa Kini : Antara Nilai Raport, Moral Dan Kenyataan
Apa yang terlintas dengan perilaku anak-anak masa kini? Tentunya setiap orang punya ragam pandangan tersendiri pada kondisi anak-anak masa kini mulai dari tanggapan yang positif hingga tanggapan yang negatif, namun memang seringnya yang di sorot tak jarang adalah sesuatu yang buruk yang dilakukan oleh anak-anak masa kini. Maka sudah bukan sesuatu yang aneh lagi bila ada yang menjuluki anak-anak masa kini dengan generasi micin dan sebagainya.

Credit : peluangusahaterkini.com

Apakah pendidikan itu penting? Jawabannya jelas itu penting karena merupakan kebutuhan manusia dalam hidupnya dari masa ke masa, tak tua ataupun muda tentu pendidikan itu penting adanya karena dengan pendidikanlah membuat seseorang berbeda dengan mereka yang tidak ataupun belum berpendidikan, bukan hanya sekedar ilmu pengetahuan semata tapi juga sikap yang mencerminkan kedewasaan dan juga menjunjung norma yang ada di masyarakat. Peranannya begitu penting bagi setiap insan manusia karena lewat pendidikanlah setiap orang akan tahu banyak hal.

Anak masa kini dan pendidikan masa kini tentu ini seringkali menjadi sorotan, tak jarang keadaan anak-anak masa kini terekpos langsung ke publik. Ironinya yang sering terekpos tersebut adalah hal negatifnya, mulai dari anak kecil tapi sudah berpacaran, buat status di media sosial yang kasar dan tak sopan dan hal-hal yang tak pantasnya lagi. Bahkan lebih parahnya lagi anak-anak yang melakukan hal buruk tersebut adalah anak yang sedang bersekolah atau menempuh pendidikan.

Adakah kesalahan pendidikan di negeri kita? Tentunya kita tak bisa serta merta langsung menyimpulkan problema yang ada. Seperti yang kita ketahui pada umumnya penilaian anak di sekolahan seringkali dinilai lewat nilai raport dan itupun biasanya hanya sebatas penilaian pada wawasan pelajaran semata. Melihat kondisi anak masa kini seharusnya penilaian anak bukan hanya dari nilai wawasan semata tapi juga moral anak harus serta merta diperhatikan oleh sekolah.

Melihat kenyataan anak-anak masa kini yang terkadang miris tentu harus ada solusi untuk menanganinya. Bukan hanya sekedar mengajarkan ilmu pengetahuan semata, namun juga pendidikan moral kepada anak-anak agar bisa berperilaku bijak baik di dunia nyata maupun dunia maya. Bukan hanya nilai raport yang diandalkan, namun juga mendidik anak dalam membangun mentalnya dan menata moralnya lewat pendekatan guru kepada siswa-siswanya agar mereka bisa menjadi generasi yang berkualitas di masa depan nanti dan bisa membangun bangsa ini menjadi baik.

Credit : sunlife.com

Memang dalam proses pendidikan ada yang sukses dan juga gagal, namun setidaknya dengan mengajarkan mereka tentang moral dan guru melakukan pendekatan terhadap siswa-siswanya bisa meminimalisir hal-hal buruk yang dilakukan oleh anak-anak masa kini. Sudah semestinya pendidikan masa kini tidak hanya melihat keberhasilan anak dalam menerima ilmu pengetahuan, tapi juga moral mereka pun baik dan mencerminkan diri sebagai orang yang berpendidikan. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images
nunu403
darmawati040
swiitdebby
swiitdebby dan 29 lainnya memberi reputasi
30
3.1K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan