chrisanserafinaAvatar border
TS
chrisanserafina
Ada “Bandul” di Ujung Setang Motor, Buat Apa Ya Gan?

Pernah nggak sih gengs kalian ngeliatin detail motor kalian? Pernah juga nggak sih kalian berfikir kenapa sih di ujung setang motor kalian ada “bandul”nya? Ternyata bandul yang ada di ujung setang motor kalian itu punya fungsi yang penting banget lho gengs.

Dikutip dari CNNIndonesia https://www.cnnindonesia.com/teknolo...g-setang-motorternyata modifikasi tidak terlalu disarankan. Terkadang ketika kita memodifikasi motor kita sering dengan seenaknya memodifikasi semua bagiannya termasuk bandul di ujung setang motor kita. Bandul itu sering disebut juga bar-end atau jalu.

Stanley Sibuea, Kepala Mekanik AHHAS Depok mengatakan bahwa sebenarnya bandul ujung setang motor itu berguna untuk keseimbangan motor saat dikendarai. Jika bandul tersebut dicopot, rasa berkendara akan berbeda dengan ketika bandul itu tetap dipasang di motor. Bandul yang dicopot akan membuat bergoyang saat mengendarai motor.

Sebenarnya desain motor dengan bandul sudah ada sejak dahulu, sejak keluaran motor supra. Motor supra dulu menggunakan bandul yang terhubung dengan besi yang ada di dalam setang. Namun sekarang model bandul disesuaikan dengan jenis motor.

Selain itu gengs, bandul yang ada pada motor juga mencegah percikan api muncul lho. Amit-amitnya nih seandainya kita terjatuh dari motor dan mengalami gesekan dengan aspal, maka nggak akan muncul percikan api dari motor kita.

Gimana gengs udah tau kana pa sebenarnya fungsi bandul yang ada pada ujung setang motor sebenarnya? Jadi bisa dibayangin lah betapa berbahayanya kalau kamu dengan seenaknya mencopot bandul di ujung setang motor kamu.

Bisa-bisa disaat kamu naik motor, kamu nggak akan bisa menjaga keseimbangan. Kan ngeri juga tuh kalau tiba-tiba kejebak di lubang jalan atau ada pengendara lain yang ngagetin terus kita oleng. Pokoknya yang harus dipahami adalah setiap bagian di motor memiliki fungsinya, jadi jangan sembarangan memodifikasi motor kamu ya gengs.
Diubah oleh chrisanserafina 12-02-2019 05:01
1
2K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan