ozzie112Avatar border
TS
ozzie112
PENYAKIT VERTIGO!! , buat agan agan yang sering di depan komputer/laptop!
Pertama saya mohon maaf karna ini thread pertama saya, Mohon di maklumi untuk suhu suhu semuanya emoticon-Malu (S)


untuk sumber beberapa saya masukkan dari om google, dan sebagian banyak atas pengalaman yang baru saya alami emoticon-Turut Berduka

dan saya harap agar agan agan dan agan wati sekalian bisa menjaga kesehatan, walau sering nongol di depan pc/laptop.



Pertama saya bahas soal "apa itu penyakit vertigo"



VERTIGO adalah salah satu bentuk sakit kepala dimana penderita mengalami persepsi gerakan yang tidak semestinya (biasanya gerakan berputar atau melayang) yang disebapkan oleh gangguan pada sistem vestibular, Vertigo sering kali dengan gejala mual dan muntah serta ketidak mampuan penderita menjaga keseimbangan badan, yang menyebapkan penderita mengalami kesulitan berdiri atau berjalan.

VERTIGO dibagi menjadi tiga tipe.
Tipe pertama dikenal dengan objektif, dimana penderita merasa benda-benda di sekitarnya bergerak.
Tipe ke dua dikenal dengan subjektif,dimana penderita merasa mereka bergerak pada saat mereka sedang diam.
Tipe ke tiga dikenal dengan pseudovertigo.dimana pasien merasa sensasi gerakan berputar di dalam kepalanya.

*gerakan abnormal mata jika terkena vertigo
ketika vertigo itu kambuh, agan bakalan susah mengendalikan mata agan sendiri, itu lah kenapa hampir semuanya yang menderita penyakit ini merasakan putaran yang sangat hebat, untuk di banyangkan, rasanya seperti agan yang mabuk laut padahal tidak sedang di laut, atau seperti mabuk saat di dalam kendaraan darat, walaupun agan tidak sedang berada di kendaraan.
akan ada muntah muntah yang sangat tidak nyaman ketika anda sedang menderita penyakit ini, bahkan di saat perut sudah kosong, penyakit ini tetap memaksa kita untuk muntah tanpa ampun emoticon-Takut

oke, sekarang mari kita bahas penyebab penyebab penyakit ini agar agan dan agan wati bisa lebih berhati hati terhadap semua penyakit termasuk penyakit ini ! emoticon-Blue Guy Peace

Pertama(berdasarkan pengalaman saya), yaitu karna terlalu focus kepada monitor.
ya, ini adalah penyebab vertigo saya, saya terlalu sering bermain game sehingga terlalu focus dan tidak sempat meilhat benda benda di sekitar saya, itu salah satu yang bisa menyebabkan kegagalan keseimbangan, kenapa ? ya karna disaat mata terlalu focus kepada sesuatu (apalaagi yang memiliki radiasi tinggi seperti pc/laptop) mata akan lelah, ketika mata lelah, otomatis syaraf mata juga lelah. dan otak juga akan mengalami kelelahan yang salah satunya berakibat gagalnya sistem keseimbangan yang berada di otak.

kedua,gangguan sistem syaraf pusat.
Gangguan sistem saraf pusat karena beberapa penyakit seperti multiple sclerosis, kerusakan leher, tumor, atau stroke yang bisa menyebabkan penyakit vertigo.

Ketiga,Penyebab vertigo karena migrain
Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala tetapi juga mempengaruhi penglihatan. Vertigo yang disebabkan karena migrain dapat berlangsung dalam beberapa menit hingga beberapa hari.

keempat,Peradangan atau infeksi
Infeksi yang menyerang tubuh seperti pilek, flu, atau yang lainnya sehingga dapat mempengaruhi kinerja telinga bagian dalam dan akhirnya mengakibatkan vertigo.

kelima,gangguan pengelihatan
Mata selain untuk melihat juga dapat membantu dalam fungsi keseimbangan tubuh. Sehingga masalah yang terjadi pada penglihatan dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan dan memicu penyakit vertigo.

keenam,Penyakit meniere
Penyakit meniere terjadi akbiat peningkatan volume endolimfe yang juga berhubungan dengan distensi seluruh sistem endolimfatik (hidrops endolymphatic). Penyakit meniere yang mengakibatkan telinga bagian dalam mempunyai banyak cairan yang pada akhirnya mempengaruhi keseimbangan tubuh. Rasa pusing yang terjadi dapat berlangsung selama setengah jam atau lebih lama lagi.

ketujuh,Tumor sudut cerebellar-pontine
Tumor yang satu ini tumbuh lambat, yang memungkinkan sistem vestibular untuk terus mengakomodasi perubahan yang terjadi. Sehingga pada akhirnya manifestasi klinis yang dihasilkan berupa sensasi samar ketidakseimbangan dan bukan vertigo akut.

kedelapan,Mabuk
Berpergian jarak jauh yang menggunakan kendaraan darat, laut, maupun udara sering muncul masalah mabuk. Mabuk tersebut dapat memancing datangnnya penyakit vertigo.

kesembilan, posisi tidur (salah satu penyebab kenapa saya sempat vertigo)
Bantal kepala yang terlalu rendah atau terlalu tinggi bisa mempengaruhi munculnya vertigo dan apalagi jika baru bangun tidur langsung bangun dengan cepat.

yang terakhir, banyak faktor.
Penyakit vertigo dapat disebabkan karena berbagai faktor selain faktor-faktor di atas, seperti: perasaan cemas pengaruh alkohol, terhisap zat kimia, berada dalam ruangan yang tertutup terlalu panas, hal ini dapat menjadi penyebab vertigo.


CARA MENANGANI PENYAKIT VERTIGO KALAU AGAN SUDAH TERLANJUR TERKENA(PENGALAMAN SAYA)

awalnya agan akan sangat panik(tentunya)emoticon-Bingung (S) tapi tidak usah panik karna ini masih tergolong penyakit ringan. hal pertama yang agan lakukan adalah merebahkan badan, pada saat itu kita akan mengalami keringat dingin dan mual yang tidak tertahankan emoticon-Takut (S) . tunggu sampai tidak ada putaran lagi dan agan sudah bisa mengendalikan mata secara penuh. setelah itu, mulai lah perlahan untuk bangkit (duduk) dan rebahkan badan lagi secara perlahan. itu akan menimbukan efek putaran yang luar biasa karna memang keseimbangan kita sedang terganggu, jangan kerumah sakit karna akan mengeluarkan biaya yang sangat mahal., karna pengalaman saya mereka tidak memiliki obat khusus untuk penyakit ini, mereka hanya memberi obat peredam rasa sakit.dan setelah di rawat inap selama 2 hari, dokter hanya menyarankan untuk banyak latihan, seperti posisi tidur ke posisi duduk selama berulang kali, mengganti ganti posisi tidur anda, dan semua latihan soal keseimbangan, jadi sebenarnya obat penyakit ini adalah latihan keseimbangan saja.

kalau penyakit sudah terlanjur parah, datanglah ke terapist dan lakukan terapi secara rutin dan banyak beroda pastinya emoticon-Betty (S)

Saat tidur, usahakan posisis kepala agak lebih tinggi.

Saat anda bangun, bangunlah secara perlahan, hindari gerakan yang terlalu cepat dan duduklah terlebih dahulu.

Jangan terlalu sering membungkuk saat membawa barang.

Gerakkan kepala agan secara hati – hati, terutma saat agan sedang menghadap ketas.

Jaga juga kesehatan telinga kita.



Dan untuk mecegahnya, saya punya rekomendasi untuk agan yang sering sekali terlalu focus ke monitor.
pertama, agan bisa membeli kaca mata anti radiasi*bukan promosi emoticon-Ngakak (S) harganya sekitar 250k untuk kaca, kalau frame ya terserah agan emoticon-Blue Guy Peace
kedua, hindari mengucek mata ketika mata sedang dalam posisi lelah, saya kemarin setelah mengucek mata langsung terkena vertigo untuk yang pertama kali emoticon-Mewek
ketiga, jangan terlalu lama focus ke monitor, setelah 1 jam agan harus melihat objek objek lain yang ada di sekitar agan.
yaa untuk rekomendasi saya cukup sampai disitu sih soalnya belum banyak tau soal vertigoemoticon-Blue Guy Peace



sekian dari saya,saya tahu ini penjelasan masih jauh dari kata sempurna,mohon maaf untuk itu. semoga membantu agan dan agan wati sekalian agar menjaga kesehatanemoticon-Blue Guy Peace .









0
20.2K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan