Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tiffanysantosoAvatar border
TS
tiffanysantoso
6 Inspirasi Oleh-Oleh Unik Khas Jogja Selain Bakpia
Halo gan! emoticon-Big Grin

Selama ini yang ada dipikiran agan tentang oleh-oleh khas Jogja mungkin cuma bakpia. Tapi sebenernya masih ada banyak oleh-oleh lain lho yang bisa agan bawa. Apa aja tuh?

1. Cokelat Monggo

Jika agan penggemar cokelat, oleh-oleh unik khas Jogja yang satu ini bisa jadi alternatif selain bakpia. Meskipun terdengar biasa saja, namun Cokelat Monggo mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh cokelat lainnya. Diproduksi langsung di Jogja, cokelat ini menawarkan citarasa yang unik karena dipadukan dengan berbagai rempah dan pilihan rasa yang unik.

Salah satu hal yang menjadikan Cokelat Monggo unik adalah pilihan rasanya yang beragam. Tidak hanya dark chocolate dan milk chocolate, Cokelat Monggo juga menyediakan pilihan berbagai rasa buah-buahan, seperti durian, mangga dan strawberry. Pertama kali diinisiasi oleh seorang chocolatier dari Belgia, Cokelat Monggo dijamin memiliki citarasa cokelat asli yang cocok untuk agan jadikan oleh-oleh dari Jogja. Agan juga bisa melihat langsung proses pembuatan cokelat di pabrik Cokelat Monggo yang terletak di Kotagede.

Selain produk-produk di atas, Cokelat Monggo juga menerima pesanan custom, lho. Agan bisa memesan produk khusus dengan gambar maupun tulisan unik sesuai dengan yang agan inginkan. Agan bahkan bisa memesan berbagai pilihan produk Cokelat Monggo sebagai seserahan dalam pernikahan, lengkap dengan dekorasi dan desain yang unik. Ide yang bagus sebagai oleh-oleh, kan?

2. Jogja Scrummy

Masih berkisar di kuliner, ada alternatif lain jika agan bosan dengan oleh-oleh bakpia atau gudeg. Jogja Scrummy bisa jadi pilihan jika agan ingin mencari oleh-oleh unik khas Jogja. Meskipun namanya masih asing dan bisa dibilang masih merupakan sesuatu yang baru di kancah oleh-oleh khas Jogja, Jogja Scrummy ini sudah mulai menjadi primadona baru, lho.

Jogja Scrummy sendiri adalah brand oleh-oleh yang dibuat oleh Dude Herlino. Produk yang ditawarkan adalah scrummy, yaitu kue unik perpaduan antara brownies dan puff pastry. Jika agan penggemar kue dan cake, scrummy bisa jadi pilihan untuk agam nikmati di Jogja maupun dibawa sebagai oleh-oleh. Rasa yang ditawarkan pun beragam, mulai dari cokelat klasik, taro, keju, hingga karamel. Namun karena produk ini adalah cake dan tidak punya daya tahan yang lama, pastikan agan segera mengkonsumsinya ya. Di Jogja sendiri outlet Jogja Scrummy berada di Jalan Kaliurang, Malioboro dan Jalan Bridgen Katamso.

3. Bakpiapia

Meskipun bakpia sudah menjadi oleh-oleh yang mainstream dari Jogja, namun bakpia satu ini bisa dibilang unik. Jika biasanya bakpia berisi kumbu ataupun kacang hijau, Bakpiapia menawarkan variasi rasa yang lebih beragam. Varian bakpia yang disebut sebagai Bakpia Blasteran memiliki isian unik, seperti nanas, keju, blueberry cheese dan bahkan tuna pedas. Sudah termasuk anti-mainstream, kan?

Jika agan kurang suka dengan bakpia, Bakpiapia juga memiliki alternatif oleh-oleh unik khas Jogja yang bisa jadi pilihan. Bakpiapia punya produk lain berupa ampyang, yaitu snek yang terbuat dari kacang dan gula merah. Snek khas Jogja ini pun dikemas dengan rasa yang beragam, antara lain adalah kacang mete manis dan kacang mete pedas manis.

Selain rasanya yang unik, Bakpiapia juga memiliki banyak outlet yang tersebar di penjuru Jogja. Hal ini tentu memudahkan agan untuk membeli Bakpiapia sebagai buah tangan tanpa harus jauh-jauh datang langsung ke pabriknya. Outlet Bakpiapia bahkan juga ada di Mal Malioboro, lho.

4. Gudeg Kaleng Bu Tjitro
Spoiler for gudeg kaleng:

Jika ditanya apa makanan khas dari Jogja, kebanyakan orang pasti akan menjawab gudeg. Gudeg memang sudah lekat sebagai salah satu idenditas kota budaya ini. Tidak heran, oleh-oleh gudeg pun juga menjadi pilihan bagi sebagian wisatawan yang berkunjung. Namun demikian, karena bahan yang dipergunakan tidak begitu tahan lama, oleh-oleh gudeg kurang diminati oleh wisatawan karena mudah basi dan bau.

Jika agan ingin membeli gudeg sebagai oleh-oleh, agan bisa coba untuk membeli gudeg kalengan. Karena pengemasannya yang menggunakan teknologi tinggi, gudeg ini jauh lebih tahan lama dibandingkan gudeg pada umumnya. Agan tidak perlu khawatir gudeg akan basi karena gudeg satu ini tahan hingga satu lahun. Selain kelebihannya yang lebih tahan lama, gudeg kaleng juga lebih praktis karena kemasannya yang lebih mudah dibawa.

Gudeg Bu Tjitro sendiri termasuk salah satu pioneer yang menciptakan tren gudeg kaleng. Selain kepraktisannya yang dikemas dalam bentuk kaleng, gudeg Bu Tjitro juga memiliki beberapa pilihan varian rasa yang beragam, seperti gudeg pedas dan gudeg rendang. Harganya yang berkisar antara 25-30 ribu pun tentu sangat terjangkau bagi agan yang sedang mencari alternatif oleh-oleh unik khas Jogja.

Nah, penasaran sama oleh-oleh yang kelima dan keenam?

Baca lengkapnya disini yaa: http://blog.thecaption.com/inspirasi...ti-mainstream/emoticon-Big Grin


Quote:
Diubah oleh tiffanysantoso 20-12-2016 09:13
1
4.8K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan