socrates666Avatar border
TS
socrates666
Soal Uighur, Jokowi diam sebab tersandra hutang dengan RRC?
21 Desember 2018
Timses Prabowo Sebut Jokowi Tersandera Utang China soal Isu Uighur



Jakarta - Sikap netral pemerintah terhadap tindakan diskriminatif pemerintah China terhadap etnis minoritas muslim Uighur dianggap menjadi tanda tanya besar bagi rakyat Indonesia. Indonesia sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim, sikap tersebut dinilai janggal bila pemerintah tidak bersuara atas ketidakadilan yang dialami muslim Uighur.

Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, KH Irfan Yusuf (Gus Irfan), mengaku kecewa pemerintahan Joko Widodo bersikap diam atas isu kemanusiaan ini. Bahkan menurutnya, sikap ini tak lepas dari buntut besarnya utang dan investasi China di Indonesia.

"Pemerintah sekarang itu tersandera oleh gelombang investasi dan utang itu, sehingga tidak berani menyuarakan sesuatu yang berkaitan dengan China," kata Gus Irfan dalam keterangannya, Kamis (20/12/2018).



Sebagai pihak yang peduli terhadap isu kemanusiaan dan berpihak kepada muslim Uighur, Gus Ifan memastikan Prabowo-Sandi akan terus menyuarakan agar pemerintah dan dunia internasional mendesak pemerintah China segera menghentikan diskriminasi terhadap etnis minoritas muslim Uighur.

Baca juga: JK Sebut Kemlu Sudah Panggil Dubes China soal Uighur, Hasilnya?

Lebih lanjut, pengasuh Pondok Pesantren Al-Farros ini juga mempertanyakan sikap diam Nahdlatul Ulama, yang belum mengeluarkan sikap resmi atas ketidakadilan pemerintah China terhadap muslim Uighur.

Sebagai ormas Islam terbesar di Indonesia dan dunia, Gus Irfan yakin, suara tegas NU akan didengarkan pemerintah.

"NU sebagai ormas Islam terbesar kok tidak bersuara sama sekali, sementara Muhammadiyah sudah berteriak soal ini. Saya berharap NU juga ikut bersuara soal ini. Supaya didengar pemerintah China. Kalau Muhammadiyah omong, NU omong, mau tidak mau pemerintah juga harus ikut omong tanpa mempertimbangkan utang dan sebagainya," tegasnya.

Gus Irfan mengaku khawatir rakyat Indonesia yang mayoritas muslim akan menyampaikan sikap dengan caranya sendiri bila pemerintah Jokowi lamban bersikap atas derita muslim Uighur.

"Kalau pemerintah tidak merespons isu minoritas muslim Uighur ini, saya khawatir masyarakat sendiri yang merespons," kata Gus Irfan.

sumur : https://m.detik.com/news/berita/4352928/timses-prabowo-sebut-jokowi-tersandera-utang-china-soal-isu-uighur



Dimana pakde ? masih kampanye ??
Kata cebong, urus papua dulu. Jangan cuma soal agama.
Dungu hqq tidak bertepi..



tien212700
tien212700 memberi reputasi
-5
5.1K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan