Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Ada Berapa Macam Soto Di Indonesia?


Kuliner Indonesia memang sangat beragam. Terlebih Indonesia memang dikenal mempunyai berbagai jenis suku. Jadi, tak mengherankan kalau setiap suku memiliki cita rasa makanannya tersendiri. Dan salah satu kuliner yang mungkin hampir ada di setiap wilayah Indonesia adalah soto. Kira-kira soto apa saja ya?

Soto lamongan

Kuliner soto yang satu ini tentunya paling mudah untuk dijumpai, bahkan tak hanya di Lamongan. Tapi juga bisa didapatkan di berbagai kota di Jawa Timur. Ciri khasnya adalah warnanya yang kuning keemasan. Biasanya yang membuat soto lamongan enak dinikmati adalah keberadaan koya. Di Surabaya, terdapat kuliner soto lamongan yang enak, yakni Soto Cak Har. Bisa dicoba kalau kapan-kapan datang ke kota pahlawan ini.

Soto madura

Kalau soto lamongan menggunakan ayam, maka lain halnya dengan soto madura. Soto yang berasal dari pulau garam ini menggunakan irisan daging. Saya kurang begitu ngeh sih perbedaan antara soto lamongan dengan soto madura. Pernah mencoba sebuah warung pinggir jalan yang tulisannya soto madura, dan ya nggak terlalu beda dengan soto lamongan, kecuali pada penggunaan daging, beda dengan soto lamongan yang pakai ayam.

Namun orang-orang Madura kalau di Jawa Timur memang terkenal memiliki kemampuan memasak yang tinggi, sebelas dua belas lah dengan orang Lamongan yang serba bisa. Oh iya, untuk soto madura ini, biasanya disajikan dengan beberapa tambahan seperti bawang merah, telur rebus, taoge serta kalau Anda memiliki selera, bisa menambahkan jeruk nipis ataupun kecap manis.

Soto kuwali

Dari Jawa Tengah, ada yang namanya soto kuwali yang berasal dari Solo. Soto yang satu ini mempunyai kuah bening. Selain itu, soto ini menggunakan bahan daging, hampir sama dengan soto madura. Sebagai tambahan, soto kuwali biasanya disajikan dengan pelengkap berupa mie soun, kentang, taoge, bawang, irisan daging ayam serta irisan daging sapi. Oh iya, saya belum pernah nyoba untuk soto yang satu ini. Jadi, kali saja ada yang mau traktir... hehehe

Soto betawi

Dulu pernah beberapa kali mencoba soto betawi di Jakarta. Secara nggak terlalu tahu sih tempat soto betawi yang enak. Saat itu nyoba Soto betawi Haji Awi yang ada di daerah Pejaten, yang kuah bening. Dan sepertinya lidah saya kurang begitu familier dengan rasa soto betawi. Pernah juga nyoba yang soto betawi dengan kuah santan. Prefer yang kuah bening sepertinya. Lebih nendang kalau istilahnya mah emoticon-Big Grin


Dari segi penyajian, soto betawi juga memiliki cara yang berbeda dengan jenis soto lain. Biasanya, soto betawi ditawarkan dengan irisan tomat serta emping melinjo sebagai tambahan. Dan meski namanya soto betawi, saat ini soto yang satu ini sudah merambah ke tempat-tempat lain dan tak hanya bisa dijumpai di Jakarta, tapi juga di kota-kota lain.

Soto mie bogor

Soto mie bogor, hmmm... jujur, nggak pernah tertarik untuk mencoba makanan yang satu ini... hehehehe. No offense buat lho ya. Secara penampilan, soto mie bogor, menurut saya kurang begitu menarik perhatian. Ini mungkin karena lokasi kali ya. Kali saja ada yang ngerekomendasikan soto mie yang enak di Bogor? Jadi, kapan-kapan kalau mampir ke Bogor bisa nyoba langsung.


Dibandingkan dengan soto lamongan, soto mie bogor memang memiliki penampilan yang jauh berbeda. Yang mencolok adalah keberadaan mie kuning pada soto ini. Hal ini jelas berbeda dengan soto lamongan atau soto madura yang memakai mie soun. Selain itu, soto mie bogor juga biasanya disajikan dengan berbagai pilihan, ada yang menggunakan ayam, daging atau jeroan. Suka-suka konsumen lah ingin yang mana.

Soto medan

Beralih ke Pulau Sumatera, tepatnya di Medan, kita bisa menjumpai varian soto lain yang disebut dengan nama soto medan. Dan lagi-lagi, maaf and sori, untuk kuliner yang satu ini saya belum pernah merasakannya secara langsung. Baik yang ada di Medan ataupun yang mungkin dijumpai di kota lain.


Secara rasa, tentunya soto medan memiliki cita rasa tersendiri. Kuah soto ini juga memiliki tampilan yang tidak jernih, karena menggunakan rempah-rempah yang beragam. Soto medan bisa dinikmati dengan menggunakan bahan berupa daging, paru-paru, jerohan ayam ataupun sapi. Hal ini tentu saja disesuaikan dengan selera masing-masing.

Soto banjar

Melintas ke Kalimantan, tepatnya ke Banjarmasin, maka kita bisa menikmati sajian soto yang bernama soto banjar. Soto ini biasanya disajikan dengan menggunakan potongan ketupat yang disertai mie soun, kentang, perkedel, ayam, telur dan setelah itu disiram dengan kuah soto. Di atasnya, biasanya dibubuhkan taburan bawang goreng, bawang putih, seledri serta perahan jeruk nipis.


SUMBER
4iinch
4iinch memberi reputasi
1
7.1K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan