Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

faisalzaky125Avatar border
TS
faisalzaky125
Ini Tips Ampuh Untuk Anda yang Suka Ngantuk Saat Nyetir di Malam Hari


Kecelakaan lalu lintas marak terjadi akhir akhir ini, dan tidak sedikit yang disebabkan oleh kelalaian manusia. Kelalaian manusia  disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kurang fokus, mabuk, hingga mengantuk. Banyak pengendara diluar sana yang sering memaksakan kondisi tubuhnya saat lelah hingga berakibat fatal. Ada juga yang dengan enteng bilang habis menyetir selama 16 jam bahkan 20 jam tanpa berhenti. Itu maksudnya mau sombong atau bagaimana entah saya nggak paham. Padahal tubuh butuh istirahat yang cukup, tapi bagaimana jika kita dituntut untuk pekerjaan ? Nah sekarang saya akan menjelaskan sedikit tips & triks untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa kantuk tersebut.

1. Selalu sedia air mineral dalam mobil
Selain untuk mengatasi rasa dahaga, air ini bisa digunakan untuk membasuh muka guna mengurangi rasa kantuk dan lelah. Jadi pengemudi tak perlu repot mencari toilet hanya untuk cuci muka.

2. Buka kaca jendela sedikit
Jika mulai terasa mengantuk, maka matikan pendingin udara dalam mobil dan bukalah kaca mobil. Hirup udara dari luar. Mengantuk bisa terjadi karena sirkulasi udara dalam mobil tidak baik. Selain itu, kondisi dalam kabin yang dingin pun bisa membuat tubuh terlalu nyaman saat berkendara.

3. Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi
Hindari makanan berlemak jenuh sebelum mengemudi karena bisa membuat mengantuk. Pengemudi bisa menggantinya dengan mengonsumsi snack, buah, atau biskuit. Untuk minuman, hindari yang mengandung alkohol, kafein, atau stimulan lain karena dapat mengganggu konsentrasi dan reaksi mengemudi. Gantilah dengan air mineral.

4. Maksimal mengemudi 2,5 jam
Perlu diingat, batas maksimal tubuh dalam mengemudi hanya 2,5 jam. Jika melakukan perjalanan selama enam jam misalnya maka bisa dilakukan dua kali istirahat. Selain istirahat, saat berhenti, pengemudi juga bisa melakukan beberapa gerakan ringan untuk menyegarkan kembali anggota tubuh.

5.Istirahat sejenak
Malam hari rentan membuat mata mengantuk. Prinsipnya jika mata terasa lelah, ayo berhenti di rest area. Jangan memaksakan kehendak untuk sampai tempat tujuan.

6.Tetesi mata
Saat mata terasa lelah dan kering saat berkendara, tetesi dengan obat mata sesuai resep dokter. Setidaknya, cara ini membantu membuat mata Anda nyaman dalam sekejap.
0
1.6K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan