Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mukamukaosAvatar border
TS
mukamukaos
Jangan Salah, Kecoa Juga Dianggap Serangga Pembawa Hoki, loh! Kok Bisa?







Yow Kaskuser!
 
Ane yakin ada di antara teman, atau bahkan kalian sendiri, ada yang takut dengan serangga berbadan mengkilap tapi tidak pernah mandi yang disebut kecoa.




Serangga yang dinobatkan sebagai serangga menjijikkan tersebut memang kerap muncul kapan saja dan dimana saja. Maklum, serangga yang mempunyai nama latin blattodea ini bisa hidup di manapun di muka bumi kecuali di kawasan kutub. Tidak jarang kemunculannya mampu memunculkan kehebohan massa yang melebihi demo 7 juta umat. #eh



 
Tahukah agan dan sista, ketakutan yang berlebih terhadap kecoa merupakan salah satu jenis phobiayang disebut Katsaridaphobia. Dan ketakutan ini tidak memandang usia.
 
Namun, di sisi lain, serangga yang dipandang menjijikkan ini pernah dianggap sebagai pembawa keberuntungan, loh. Tidak percaya?



 
Dilansir dari sini, pada zaman old, masyarakat di Jepang dan sebagian wilayah Korea Selatan beranggapan bahwa kecoa merupakan pembawa keberuntungan. Tidak hanya di dua daerah itu, Prancis dan Rusia juga menganggap kecoa sebagai dewa pelindung yang dipercaya dapat menjaga negaranya.

Lain halnya di Inggris dan Irlandia pada zaman old. Di sana, kecoa malah dianggap sebagai penyihir yang sedang menyamar untuk membawa penyakit.

Tapi semua kepercayaan itu berlaku di zaman old.

Tak hanya kecoa saja yang bisa dianggap serangga pembawa keberuntungan. Ane telah merangkum beberapa ‘jimat’ unik dari banyak negara yang diyakini dapat membawa hoki. Apa sajakah itu? Yuk, ah!





Hamsa


sumber

Dikenal juga dengan tangan hamsa (dalam bahasa Arab) atau tangan hamesh (bahasa ibrani), simbol ini kerap disebut sebagai tangan Fatimah, untuk menghormati Fatima Zahra, anak Nabi Muhammad. Di daerah Timur Tengah dan Afrika Utara, Hamsa kerap digunakan sebagai jimat pelindung dari ‘mata jahat’.


Quote:


Nazar


sumber

Dalam bahasa Inggris, simbol yang memiliki bentuk cantik ini disebut ‘evil’s eye’.Mata Iblis. Menurut kepercayaan orang Turki, Nazar dapat menjauhkan mereka dari orang-orang maupun hal-hal yang tidak baik, loh. Bagi masyarakat Turki, simbol ini juga dapat membawa rasa damai. Tidak heran kalau simbol Nazar bisa ditemukan di banyak tempat di Turki.


Tumi


sumber

Tumi sendiri ialah sejenis pisau yang digunakan dalam upacara ritual. Biasanya terbuat dari emas, perak, perunggu, atau tembaga. Tumi sendiri kerap dikaitkan dengan budaya pra-Inca, dan budaya Inca sendiri untuk beberapa kasus, di Pesisir Peru.

Maka dari itu, di Peru modern, menggantung Tumi di dinding diyakini dapat membawa keberuntungan.


Dreamcatcher


sumber

Benda yang satu ini cukup sering kita temui di Indonesia. Bahkan sering dijual di toko-toko suvenir dari yang murah sampai mahal. Menurut kabar yang beredar, benda ini dipercaya dapat menangkal mimpi-mimpi buruk. Tapi nggak tahu, tuh, apakah bakal mempan buat menangkal mantan yang sering lalu-lalang dalam kenangan. #eh


Figa


sumber

Jangan mikir yang macam-macam! Oke. Jika di masyarakat kita, simbol itu biasanya disangkut-pautkan dengan ajakan nganu yang menjerumus ke ‘ena-ena’. Tapi lain halnya di Brazil. Jimat figa ini dipercaya dapat menangkal energi buruk serta membawa keberuntungan. Katanya, jimat ini dianggap menyimpan semua keberuntungan yang ada dalam diri seseorang.

Kira-kira ngefek nggak kalau diterapkan di Indonesia? emoticon-Big Grin




Nah, itulah beberapa hal yang dipercayai bisa membawa keberuntungan menurut adat dan budaya di masing-masing daerah. Kira-kira, betulan manjur apa tidak ya?



 
Artikel oleh Mukamukaos

Referensi

12 3 4 5 




STORY FROM THE HEART

Quote:





Diubah oleh mukamukaos 24-10-2018 12:10
3
9.3K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan