Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ditusuk.temanAvatar border
TS
ditusuk.teman
Dicurhati soal TKA China, Ma'ruf Janji Usir yang Ilegal


Serang - Dialog Ma'ruf Amin dengan santri dan kiai tradisional se Banten sempat membahas soal tenaga kerja asing (TKA) asal China. Ia dicurhati oleh seorang penanya yang mengeluh dengan isu banyaknya tenaga kerja asal negara tersebut.

"Terkait tenaga kerja asal China, tenaga kerja kita banyak yang nganggur. Kira-kira kebijakan yang adil tentang masalah ini bagaimana, saya minta pendapat ke Abah?," kata salah satu penanya di Ponpes An Nawawi Tanara, Serang, Banten, Minggu (30/9/2018).

Ditanya masalah ini, Ma'ruf mengatakan bahwa pemerintah sudah punya aturan jelas mengenai TKA. Tapi, isu ini menurutnya digoreng oleh kelompok tertentu untuk berbagai kepentingan. Padahal, aturan mengenai ini sudah dibuat. Khususnya misalkan hanya TKA punya keahlian yang boleh masuk ke Indonesia, atau TKA yang memang ditempatkan di satu proyek strategis untuk kepentingan percepatan pembangunan.

"Kalau yang lainnya nggak. Yang ilegal ini harus dikembalikan ke negaranya, harus kita usir," ujar Ma'ruf.

Peraturan pemerintah soal ini juga ia sebut sudah tepat. Bahwa hanya tenaga kerja berkeahlian saja yang boleh bekerja di Indonesia. Tapi, karena tenaga tersebut kurang, maka ada TKA yang kemudian didatangkan.

"Kalau sudah punya nggak perlu. Makanya kita siapkan tenaga kerja kita yang berkeahlian di masyarakat," paparnya.

Makanya, kata Ma'ruf Indonesia harus punya human capital yang handal. Bukan hanya ahli fiqh untuk kalangan santri, tapi ada yang ahli di bidang pembangunan, infrastruktur, ekonomi dan lain-lain.

Caranya, khusus santri misalkan, ia membuat apa yang disebut bank wakaf mikro. Di sini, santri mengelola kredit keuangan masyarakat berbasis fiqh syariah. Kamudian nanti menurutnya akan didorong sistem pendidikan vokasi di pesantren-pesantren.

"Kita dorong ada pendidikan vokasi di pesantren. Supaya nanti mampu mendorong ekonomi Indonesia," tegasnya.

(bri/rvk)
https://m.detik.com/news/berita/d-4235498/dicurhati-soal-tka-china-maruf-janji-usir-yang-ilegal

China itu penting
by seseorang
emoticon-Cool
0
1K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan