Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cashdikAvatar border
TS
cashdik
Waspada Gan! Ternyata Menganggur Punya Dampak Psikologis Yang Serius
[quote]Tak bisa dipungkiri bahwa memang jumlah pengangguran di negeri ini tak sedikit, banyak yang mengaku sulitnya mencari kerja sampai sudah terbiasa menganggur jadi bawaanya santai gitu. Ane waktu awal-awal nganggur rasanya stress banget tapi lama-lama bakal menikmati juga soalnya ane membayangkan karyawan diluar sana yang tak bisa pulang karena terikat pekerjaan. Ane pun jadi penasaran soal 'Nganggur itu ada dampak buruknya gak ya?' dan ternyata ada lho gan, nih kita bahas satu-persatu. 

1. Depresi

Pengangguran itu pasti gak jauhlah sama yang namanya depresi, lah gimana lagi kalau sering keinget dulu zaman masih kerja enak, kebutuhan bisa terpenuhi lalu membandingkanya dengan keadaan sekarang yang bisa dibilang 'jatuh' beda jauh sama temen-temen yang masih kerja. Tekananya juga banyak, baik itu tekanan ekonomi atas kebutuhan sampai sekedar di omongin tetangga.

2. Tempramental

Depresi semakin lama akan semakin dalem, hal inilah yang mempengaruhi diri kita jadi mudah tersulut emosi. Dengan semua tekanan yang dirasakan pengangguran ditambah tidak adanya kegiatan/kerjaan yang bisa menghibur diri pastilah membuat emosi seseorang jadi labil, disulut dikit aja bisa langsung kebakar (itulah yang ane rasain, haha) Makanya ane nulis-nulis biar ada kegiatan.

3. Malu

Sebenernya ini yang paling bikin ane gak nyaman yakni 'malu' khususnya di lingkungan sekitar , diomongin dan ditanyain tetangga itu malu, malu lihat temen yang kerja bisa bantu orang tua. Tak heran banyak pengangguran merasa dirinya tak bisa apa-apa. Ane saranin jika agan malu dengan cibiraan orang, mending kumpul bareng sesama pengangguran, karena mereka udah sama-sama tau gak enaknya ditanyain 'kerja dimana?' tapi jangan sekedar kumpul, cari ilmu juga.

4. Mudah Lupa

Kegiatan yang dilakukan oleh seorang pengangguran akan hanya itu-itu saja sepanjang hari (lah mau ngapain lagi), karena kegiatan yang tak jelas ini membuat fungsi otak sedikit berkurang. Mau nyoba kegiatan baru tapi ujungnya sama aja, itu-itu juga. Pengangguran juga cenderung menghindari kegiatan yang mengharuskan berfikir keras, malah milih main game atau nongkrong antar sesama pengangguran.

5. Merendahkan Diri Sendiri

Tekanan moril diatas sangatlah berdampak besar pada psikologis seseorang, apalagi jika berusaha melamar sana-sini tapi hasilnya nihil membuat seseorang putus asa sehingga berfikir dirinya tak bisa apa-apa. Sering membandingkan diri dengan teman yang sukses juga membuat perasaan seseorang semakin rendah. Inget gan Jangan memngukur keuksesandiri sendiri dengan penggaris milik orang lain.

Demikian yang bisa ane bagi disini. Intinya jika seseorang sedang dibawah bukan berarti posisinya akan terus sama, semua akan berbeda jika sudah saatnya. Ini bukanlah akhir dan semua barulah berakhir jika orang tersebut menyerah. Jangan menyerah dengan keadaan!


Mari berkunjung ke blog receh ane gan Cashdik.com

Diubah oleh cashdik 24-08-2021 17:16
3
14.6K
114
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan