smart.moneyAvatar border
TS
MOD
smart.money
Jangan Biasakan Diri Terlalu Memilih Pekerjaan


Tiap orang punya kunci dan rumus suksesnya masing-masing. Bila satu cara berhasil untuk satu orang, belum tentu cara tersebut akan berhasil bila dilakukan orang lain. Meski demikian, mengetahui kunci sukses seseorang merupakan langkah pembelajaran untuk mendapatkan rumus sukses sendiri.

Selama berkarier, Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Lianawaty Suwono memutuskan untuk tidak terlalu memilih pekerjaan yang ia kerjaan.

“Tiap pekerjaan saya kerjakan dengan maksimal. Bahkan, dulu waktu saya kuliah, pekerjaan sebagai penjaga perpustakaan pun saya kerjakan dengan maksimal,” ungkapnya.

Sebab, Lianawaty yakin bahwa langkah tersebut akan membuatnya menjadi sosok yang lebih pintar dari sebelumnya. “Ini akan menjadi hal yang bisa mencerdaskan diri saya,” katanya.

Hal ini pula yang membuat Lianawaty membuang jauh-jauh kebiasaan untuk bilang tidak tahu mengenai suatu pekerjaan. Terlebih lagi, lanjutnya, teknologi sudah sangat mendukung dan memudahkan kehidupan manusia.

“Sebenarnya, musuh utama manusia adalah kemalasan. Karena kemalasan adalah sumber dari kegagalan,” katanya pada Smart-Money. Selain itu, jangan pula biasakan untuk mengatakan terserah.

Bagi Lianawaty, sifat tersebut hanya menunjukkan ketidakmampuan seseorang dalam mengambil keputusan. Padahal, orang dituntut untuk senantiasa mengambil keputusan dalam hidupnya.

Mengambil keputusan adalah sama dengan mengambil risiko karena apapun keputusan yang kita ambil pasti ada risikonya. “Tantangan kita adalah bagaimana mengelola risiko tersebut, bukan menghindarinya,” ujar Lianawaty.

“Patokan sederhana ini selalu saya pegang,” katanya. Sejak awal bergabung dengan BCA, Lianawaty bertemu dengan 11 atasan sekaligus guru yang luar biasa. Tiap atasan dengan keahliannya masing-masing ternyata melengkapi Lianawaty menjadi individu yang lebih lengkap dan mampu.

“Kondisi ini membuat saya merasa sangat beruntung. Kebiasaan untuk selalu berupaya memaksimalkan kemampuan diri ternyata berbuah manis. Hal-hal tak terduga menghampiri hidup saya seperti saat saya dipromosikan menjadi direktur tahun lalu,” pungkasnya.

Sumber : http://smart-money.co/lifestyle/jang...ilih-pekerjaan



0
2K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan