Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

Β© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dwast219Avatar border
TS
dwast219
LDR (Love Different Religion)


Pernah gak sih agan sista ngalamin yang namanya LDR (Love different religion?). Jatuh cinta sama orang yang tempat ibadahnya beda? Atau jatuh cinta sama orang yang Tuhan nya beda? Terus jadi melo dan galau. Gatau harus ngapain dan gatau mau dibawa kemana hubungan kalian berdua? Disini saya akan sedikit share pengalaman saya sewaktu punya pacar beda agama :"( saya sempat jadi alay dan jadi *galau to the max* gitu deh 😰

Sebelumnya saya mau flash back dulu gimana saya bisa terjebak LDR (tapi sekarang saya udah move on kok) πŸ˜…. Dulu waktu awal saya masuk kuliah tuh saya ikutan event gitu, terus ketemu deh sama kakak tingkat yang tiba2 ngechat lalala lilili dan super duper perhatian. Rela nganterin malem2 pake hujan2an pula. And for the first time saya diajak jalan dan ditembak deh πŸ™Œ. Oke back to the topic. Emang apa salahnya sama orang yang cinta beda agama ? Salah saya? Salah dia? Atau cinta yang salah? πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Awalnya, mungkin saya ga kepikiran bikin hubungan itu mengarah ke hubungan yang serius (Waktu itu saya masih kuliah, masih punya perjalanan panjang dan punya tanggung jawab besar untuk menuntut ilmu, dibandingkan dengan menjalin hubungan serius gitu sih. Tapi bukan maksud saya pacaran cuman buat main2. Nooo saya pacaran tujuannya buat mempermudah saya dalam proses belajar). Saya hanya ngejanin saja dengan rasa suka & cinta.Karena saya pun tau resikonya suatu saat hubungan itu bakal berakhir walaupun entah kapan. Tapi lama kelamaan, saya punya perasaan takut kehilangan gitu gan sist. Terus saya sempat berpikir kalo udahan aja gimana ya? Dilanjutkan pun gaada kepastian. Semacam ngelakuin sesuatu hal yang jelas gak ada ujungnya (sia-sia). Padahal dari awal, saya udah tau porsi hubungan LDR. Alias effort yang berlebihan pada akhirnya bakalan siaΒ². Soalnya LDR itu cuman ada 3 kemungkinan. Pertama, Pindah agama ( tapi itu ga mungkin banget. Saya sama dia sama2 ga ada yang pengen pindah agama. Saya kekeuh sebagai muslim dan dia kekeuh sebagai nasrani). Kedua, lanjut dengan perbedaan (ah tapi susah, Tuhan aja beda, apalagi seatap? Apa saya bisa? Pastinya bakalan susah banget). Dan yang terakhir, kemungkinan Putus (ya ini kemungkinan yang uda bisa ditebak, karena saya pu begitu).

Terus apa yang saya lakukan pada masa pacaran dulu? Ya tentunya melakukan hal2 positive. Kayak belajar bareng, hang out, dan ikut kegiatan2 kampus bareng2 gitu. To be honest dulu yang ada cuman seneng gitu aja. Tapii ya balik lagi karena kita beda jadi ngga pernah tuh, buat ngingetin ibadah gitu, pokoknya ngga pernah nyangkut pautin urusan dunia sama urusan akhirat gitu (ini negative nya sih, ngga pernah sharing soal agama2 gitu, karena terlalu sarkas dan sensitif). Intinya, karena saya ngga mau pindah agama, so saya ngga mau intervensi agamanya juga dong. Toleran dan saling menghargai gitu sih lebih tepatnya, saya biarin dia memeluk keyakinan yang dianutnya. And the key is enjoying every moment. Perbedaan agama dan masalah yang ada, bukanlah hal yang harus dibesar-besarkan.

Tapi, suatu ketika saya dan pasangan saya menemui titik dimana hubungan itu harus berakhir. Alasannya karena cinta ngga hanya memandang saya dan dia yang saling mencinta. Tapi juga tentang Tuhan dan keluarga. That's why kami tidak pernah saling menyalahkan mengapa hubungan itu berakhir. Karena hubungan itu memang sudah berujung pada masanya. So gaes, so proud of you bagi kalian yang bisa mempertahankan cinta beda agama kalian sampai ke pelaminan dan kematian.
Diubah oleh dwast219 30-04-2019 18:48
0
5.3K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan