Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vanfun28Avatar border
TS
vanfun28
Karakteristik Kelainan Kepribadian Paranoid
Halo agan-agan dan para masta di kaskus, ane nubitol mau sharing nih ttng kelainan kepribadian paranoid. Kelainan kepribadian paranoid atau yang biasa disebut dengan PPD merupakan kelainan kepribadian kluster A atau kluster aneh. Penderita PPD biasanya ditandai oleh rasa tidak percaya terhadap orang-orang disekitarnya. Rasa ketidakpercayaan yang dimiliki PPD sangat berlebihan dan akan terjadi dalam waktu yang sangat lama. PPD memiliki jumlah 0,5-2,5% dari seluruh populasi dunia dan biasanya penderita ini sulit untuk disembuhkan. PPD tidak diketahui penyebabnya akan tetapi faktor lingkungan dan genetik diperkirakan sebagai salah satu yang menyebabkannya. Berikut adalah karakteristik yang dimiliki oleh penderita PPD:

Sangat Sensitif

Pengidap PPD mempunyai perasaan yang sangat sensitif dan mudah sekali untuk tersinggung. Hal ini membuat orang disekitarnya harus berhati-hati di dalam melakukan tindakan dan ucapan. Seorang PPD dapat tersinggung oleh hal-hal yang kecil seperti bercandaan ringan dan menganggap hal tersebut sebagai sebuah hinaan.

Rasa Curiga yang Berlebihan dan Kesalahpahaman akan Intensi Seseorang

Seorang yang mengidap PPD sangat curiga dengan perkataan orang yang disekitarnya, hal ini bisanya menimbulkan kesalahpahaman penderita PPD. Karena rasa curiga dan anggapan orang disekitarnya sebagai bahaya membuat dia kadang membuat dia sering salah menginterpretasikan perkataan seseorang. Selain mencurigai dan sensitif dengan perkataan orang, dia juga sangat sensitif dan curiga akan tindakan yang orang lain lakukan. Bahkan ketika orang lain sedang berbuat baik kepanya, dia akan mencurigai motif orang tersebut.

Sebagai contoh adalah ketika seseorang ibu membelikan sesuatu ke anaknya yang memiliki PPD tanpa sebab, bukannya merasa senang namun biasanya dia akan marah dan tersinggung akan hal itu. Karena penderita PPD mengganggap ibunya mempunyai motif yang tidak baik ketika dia membelikannya sesuatu. Namun hal yang sebaliknya, jika ibunya tidak membelikan makanan kepada anaknya tersebut, anaknya tersebut juga akan tersinggung karena menganggap ibunya tidak sayang kepadanya. Contoh kedua adalah seorang pasangan yang mengidap PPD akan terus mencurigai pasangannya selingkuh, walaupun sebenarnya tidak. Hal itu akan membuat dia akan terus mencari-cari cara untuk membuktikan bahwa pasangannya selingkuh. Prilaku PPD yang seperti itulah yang membingungkan orang-orang di sekitarnya. Karena apapun yang dilakukan orang disekitarnya dapat menjadi kesalahan di mata penderita PPD.

Dendam yang Berlebihan

Penderita PPD adalah seorang pendendam dan akan selalu mengingat perbuatan buruk orang lain yang dilakukan kepadanya. Ketika dia merasa disakiti oleh seseorang, dia akan selalu mengingat hal tersebut dan menaruh dendam terhadap orang tersebut. Ketika seorang PPD dendam terhadap seseorang, semua tindakan yang dilakukan orang tersebut kepadanya akan dianggap sebagai ancaman, meskipun perbuatan yang baik sekalipun. Seorang PPD akan terus menaruh dendam kepada orang tersebut, walaupun orang tersebut sudah sering baik kepadanya. Penderita PPD juga akan selalu mengungkit-ungkit perbuatan orang buruk orang lain tersebut, biasanya terjadi ketika konflik antara PPD dengan orang tersebut.

Distorsi di dalam Pola Pikir

Pengidap PPD mempunyai distorsi di dalam pola pikirnya dan memiliki tingkat yang berbeda-beda. Otak penderita PPD dapat melakukan selektif memori atau bahkan membuat memori yang tidak nyata. Penderita PPD dapat berhalusinasi orang lain akan menyakiti dia atau membunuhnya, padahal hal tersebut tidak terjadi sama sekali. Hal ini dapat menimbulkan tindakan yang agresif dan berbahaya dari penderita tersebut. Selain itu, psikosis juga dapat terjadi pada penderita PPD dan yang paling buruk dapat meningkat menjadi skizofrenia.

Sumber: https://zona5.wordpress.com/2016/08/...dian-paranoid/

Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi agan-agan sekalianemoticon-Angkat Beer

Btw kalo misalnya tertarik dengan kelainan kepribadian lainnya seperti psikopat, borderline, narsistik, schizoid, dll bisa baca-baca jg disini:
Psikopat: https://zona5.wordpress.com/2016/08/...rang-psikopat/
Schizoid: https://zona5.wordpress.com/2016/08/...dian-schizoid/
Borderline: https://zona5.wordpress.com/2016/08/...an-borderline/
Narsistik: https://zona5.wordpress.com/2016/08/...ian-narsistik/
Histrionic: https://zona5.wordpress.com/2016/08/...an-histrionic/
0
3.9K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan