Kaskus SportAvatar border
TS
Kaskus Sport
#Rusia2018: Inilah 12 Stadion Tempat Digelarnya Piala Dunia


Jelang gelaran Piala Dunia 2018, Rusia sebagai tuan rumah melakukan pembenahan infrastruktur sepak bola besar-besaran. Mulai dari munculnya deretan stadion baru yang modern hingga dipugarnya stadion-stadion lama agar menjadi lebih mewah.

Sebanyak 12 stadion yang tersebar di 11 kota pun telah dipilih dan dirombak untuk pertandingan final. Berikut daftar lengkap 12 stadion megah yang akan jadi saksi lahirnya Juara Dunia 2018, beserta alokasi pertandingan di setiap lokasi.

Luzhniki Stadium


Kota: Moscow
Kapasitas : 81.000


Fans Man United dan Chelsea akan sangat akrab dengan stadion ini, karena Luzhniki Stadium jadi tempat Final Liga Champions 2008. Sebelumnya, bagian dalam stadion telah dihancurkan dan dibangun kembali sejak 2013. Bagian lintasan lari di dalam stadion pun dihilangkan guna membangun atmosfer pertandingan dan menambah kapasitas stadion menjadi 81.000.

Pertandingan Babak Grup:Rusia vs Arab Saudi, Jerman vs Meksiko, Portugal vs Maroko, Denmark vs Prancis
Pertandingan Babak Gugur: Babak 16-besar, Semifinal, Final

Spartak Stadium


Kota: Moscow
Kapasitas 45.360


Stadion Spartak merupakan kandang resmi dari Klub Spartak Moskow yang dibuka pada tahun 2014. Stadion yang juga dikenal dengan sebutan Otkrytiye Arena ini juga menjadi lokasi yang digunakan untuk Piala Konfederasi 2017. Salah satu keunikan dari stadion yang mampu menampung 45.360 penonton ini adalah keberadaan patung Stratostin bersaudara, pendiri klub, yang berlokasi di belakang salah satu gawang.

Pertandingan Babak Grup: Argentina vs Islandia, Polandia vs Senegal, Belgia vs Tunisia, Serbia vs Brasil
Pertandingan Babak Gugur: Babak 16-besar

Kazan Arena


Kota: Kazan
Kapasitas 45, 379


Kazan Arena merupakan markas dari Rubin Kazan, sejak tahun 2013. Stadion ini juga menjadi salah satu tempat Piala Konfederasi 2017 untuk menggelar salah satu laga semi final. Keunikan stadion ini terletak pada layar besar yang melebar sepanjang satu tribun dan menjadikannya stadion dengan layar luar terbesar di Eropa.

Pertandingan Babak Grup: Prancis vs Australia, Iran vs Spanyol, Polandia vs Kolombia, Korea Selatan vs Jerman
Pertandingan Babak Gugur: Babak 16-besar, Perempat Final

Samara Arena


Kota: Samara
Kapasitas : 44,918


Stadion yang disebut Cosmos Arena ini menjadi salah satu venue unik dalam laga Piala Dunia 2018. Dibangun dalam bentuk kubah kaca ala luar angkasa di kota Samara, stadion ini menjadi sebuah bentuk penghormatan terhadap peran kota Samara dalam program eksplorasi ruang angkasa di Uni Soviet dan keunggulan bisnis dan riset luar angkasa yang berkelanjutan di kota.

Pertandingan Babak Grup:Kosta Rika vs Serbia, Denmark vs Australia, Uruguay vs Rusia, Senegal vs Kolombia
Pertandingan Babak Gugur: Babak 16-besar, Perempat Final

Mordovia Arena


Kota: Saransk
Kapasitas: 45.015


Kontruksi Mordovia Arena dan infrastrukturnya sendiri mulai dibangun pada 2010 silam, dan baru dibuka pada 21 April dengan pertandingan uji coba. Kapasitas awal dari stadion ini adalah 28.000 penonton, namun khusus untuk Piala Dunia 2018 kapasitas ditambah hingga 45.015.

Pertandingan Babak Grup:Peru vs Denmark, Kolombia vs Jepang, Iran vs Portugal, Panama vs Tunisia
Pertandingan Babak Gugur: -

Rostov Arena


Kota: Rostov
Kapasitas: 45.000


Rostov Arena telah melakukan renovasi, salah satunya penambahan kapasitas penonton, dan telah dibuka pada Mei 2018 bersamaan dengan dibukanya taman yang berdekatan dengan stadion, termasuk jalur khusus sepeda sepanjang tujuh kilometer, trotoar dan area hijau.

Pertandingan Babak Grup: Brasil vs Swiss, Uruguay vs Arab Saudi, Korea Selatan vs Meksiko, Islandia vs Kroasia
Pertandingan Babak Gugur: Babak 16-besar

Fisht Stadium


Kota: Sochi
Kapasitas: 47, 659


Stadion yang terletak di kota Sochi ini pada awalnya dibangun untuk Olimpiade dan Paralympic pada 2014. Konstruksi yang sebelumnya merupakan arena indoor tertutup pun akhirnya diubah menjadi stadion sepakbola terbuka yang memenuhi regulasi FIFA agar dapat digunakan pada turnamen lain seperti lokasi Piala Konfederasi

Pertandingan Babak Grup: Portugal vs Spanyol, Belgia vs Panama, Jerman vs Swedia, Australia vs Peru
Pertandingan Babak Gugur: Babak 16-besar, Perempat Final

Ekaterinburg Arena


Kota: Yekaterinburg
Kapasitas: 35.000


Stadion ini terbilang sebagai stadion paling aneh yang dibangun Rusia untuk Piala Dunia. Stadion yang dikenal sebagai Central Stadium di Yekaterinburg ini sebelumnya adalah tempat multifungsi yang dibongkar penuh untuk Piala Dunia. Bila sebelumnya stadion hanya berkapasitas 25.000 kursi, maka agar bisa memenuhi aturan FIFA tentang kapasitas minimal stadion sebanyak 35.000 kursi dibangunlah tribun tambahan yang berada di luar stadion.

Pertandingan Babak Grup: Mesir vs Uruguay, Prancis vs Peru, Jepang vs Senegal, Meksiko vs Swedia
Pertandingan Babak Gugur: -

Volgograd Arena


Kota: Volgograd
Kapasitas: 45.568


Stadion yang didesain khusus untuk Piala Dunia yang dibangung di atas Central Stadium milik Rotor terdahulu yang dihancurkan pada tahun 2014. Stadion ini mampu menampung sekitar 45,568 penonton. Meski terbilang baru dengan ukuran yang relatif besar dengan desain yang sangat menarik.

Pertandingan Babak Grup:Tunisia vs Inggris, Nigeria vs Islandia, Arab Saudi vs Mesir, Jepang vs Polandia
Pertandingan Babak Gugur: Tidak ada

Nizhny Novgorod Stadium


Kota: Nizhny Novgorod
Kapasitas : 44, 899


Nizhny Novgorod Stadium memiliki pemandangan yang luar biasa, karena lokasinya yang berdampingan dengan beberapa tempat yang indah di kota tersebut. Setelah Piala Dunia, stadion ini akan digunakan oleh tim olahraga lokal untuk berlatih sepak bola.

Pertandingan Babak Grup:Swedia vs Korea Selatan, Argentina vs Kroasia, Inggris vs Panama, Swiss vs Kosta Rika
Pertandingan Babak Gugur: Babak 16-besar, Perempat Final

Kaliningrad Stadium


Kota: Kaliningrad
Kapasitas 35,212


Kaliningrad bisa dibilang unik dibanding kota tuan rumah lainnya karena tidak terletak di daratan Rusia tetapi berada di tengah Polandia dan Lithuania. Stadion ini terbilang yang terkecil dibanding arena lain yang digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia 2018 karena hanya memiliki kapasitas 35.212 kursi.

Pertandingan Babak Grup:Kroasia vs Nigeria, Serbia vs Swiss, Spanyol vs Maroko, Inggris vs Belgia
Pertandingan Babak Gugur: -

Saint Petersburg Stadium


Kota: Saint Petersburg
Kapasitas: 68.134


Stadion yang juga disebut Krestosky Stadium ini menjadi salah satu yang termegah di Rusia. Dengan desain mirip pesawat ruang angkasa, stadion ini juga dilengkapi oleh fasilitas yang lebih mewah dan modern, salah satunya adalah atap yang bisa dibuka tutup secara otomatis.

Pertandingan Babak Grup: Maroko vs Iran, Rusia vs Mesir, Brasil vs Kosta Rika, Nigeria vs Argentina
Pertandingan Babak Gugur: Babak 16-besar, Semifinal, Perebutan Tempat Ketiga


0
10.5K
144
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan