c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Ikan Belida Dari Ikan Konsumsi Menjadi Ikan Hias




Ikan Belida, nama ini memang asing untuk di dengar masyarakat umum maklum saja ikan ini terdapat di kawasan pesisir selatan wilayah Sumatra. Ikan ini sebenarnya berasal dari Sungai Belida di Provinsi Sumatera Selatan dan bermuara di Sungai Musi.



Sebenarnya ada banyak jenis dari ikan belida ini, bahkan tak hanya negeri ini di luar negeri pun ada jenis ikan belida sendiri. Ikan belida merupakan salah satu ikan predator air tawar yang bisa memiliki ukuran panjang tubuh hingga 1 meter, rasanya yang khas dan nikmat menjadikan ikan ini di konsumsi masyarakat setempat.



Dengan tidak banyaknya budi daya ikan belida ini, lambat laun ikan ini terancam untuk hilang dari habitatnya, namun ternyata ikan belida dengan bentuknya yang unik saat ini naik kelas menjadi ikan hias, dan pembudi daya ikan mulai belajar untuk melestarikannya. Biasanya untuk ikan belida jenis hias di import dari negara Thailand yang mempunyai corak tubuh yang unik, yaitu berupa totol hitam ditubuhnya.

Sedangkan belida yang ada di sungai sumatra ini tetap menjadi ranah konsumsi karena bentuknya hanya satu dasar warna, walau untuk ranah konsumsi harganya pun sudah jauh melambung tinggi harga yang ditawarkan untuk 1kg sudah mencapai Rp. 60.000, bagaimana sudah lumayan mahal bukan.



Ikan belida untuk konsumsi juga biasa dipakai untuk campuran adonan kemplang dan pempek asli khas sumatra, namun karena naiknya harga belida sendiri banyak pengusaha kuliner tersebut mengganti dengan ikan lain yang mudah di dapat dan harganya lebih murah.



Kembali lagi ke ikan belida, untuk tingkatan ikan hias belida albino mempunyai harga yang lebih mahal, selain dari bentuk dan warna yang unik untuk kategori albino sendiri memang susah didapat, karena bukan gen namun kelainan pigmen yang menyebabkan ikan belida ini menjadi albino. Untuk harga ikan belida albino tergantung kualitas dan ukurannya. Semakin besar ukuran ikan, makan akan membuat harga ikan belida albino semakin mahal, sebagai cintoh untuk ukuran 40 cm harganya mencapai Rp 700.000 wah lumayan mahal bukan.



Untuk ikan belida khas dari sumatra biasanya berwarna hitam terkadang silver, ikan ini memang lebih murah karena biasa sering dijadikan konsumsi masyarakat setempat, walau terkadang juga dijadikan ikan hias dengan harga lebih murah yaitu ukuran 40 cm seharga Rp. 100.000 saja.



Kemudian ikan belida dari thailand yang mempunyai corak yang unik disebut juga belida bangkok, namun selain di Thailand, ikan belida bangkok juga bisa ditemukan di India dan Burma. Ciri khas dari ikan belida bangkok adalah memiliki warna silver kehitaman dengan pola bintik-bintik hitam besar dari bagian tengah tubuh hingga ujung ekor. Untuk harganya variatif karena belida ini memang lebih banyak di jadikan ikan hias, namun yang harus diperhatikan ikan ini bisa mencapai ukuran 1 meter ya guys.

Itulah artikel tentang ikan belida yang mempunyai pangsa pasar tersendiri, semoga hal ini menambah wawasan kalian ya guys jangan lupa untuk seruupuutt dolo



c4punk@2018

Referensuli tulisan dari

http://bangka.tribunnews.com/2017/10/12/belida-ikan-purba-yang-bakal-tinggal-nama-anak-cucu-cuma-tahu-tugunya-saja

0
43.2K
265
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan