mthayayayaAvatar border
TS
mthayayaya
Ini Dia Cara Seru Komunitas Parkour Jakarta Habiskan Waktu Ngabuburit
Meski terbilang cukup ekstrim dan memacu adrenaline, tapi siapa yang sangka kalau parkour bisa menjadi alternatif olahraga yang bisa GanSis lakukan saat ngabuburit. Setidaknya ini yang bisa kamu temui dalam Komunitas Parkour Jakarta ini Gan.


Foto: facebook.com/ParkourJakarta

Di bulan puasa, rutinitas “parkouran” yang biasa mereka laksanakan tiap minggu pagi pun, diubah menjadi aktivitas ngabuburit tiap sore di akhir pekan. Berat? Mungkin. Ya bayangkan saja bagaimana setelah menahan lapar dan haus seharian, Agan harus lompat sana, lompat sini, berpindah dengan cepat ketika melakukan parkour.

Meski demikian keadaan tubuh yang menjalankan puasa tak menutup kemungkinan untuk tetap beraktifitas dan melakukan olahraga parkour itu sendiri Gan. Menurut Yunan, Ketua Komunitas Parkour Jakarta, saat ditemui Minggu (27/5) lalu, pada dasarnya tak ada yang membedakan antara rutinitas parkour yang biasa mereka lakukan di hari biasa dengan di bulan puasa ini.

Perbedaannya nggak terlalu beda. Cuma nggak bisa minum doang. Kalau dari segi gerakan ya nggak terlalu berbeda,” jelasnya.


Foto: Dok.Pribadi


Meski dalam bayangan banyak orang melakukan parkour saat berpuasa terbilang cukup berat namun beberapa anggota Komunitas Parkour Jakarta buktinya tetap rutin datang di setiap Minggu sore selama bulan puasa untuk parkour-an bersama di kawasan Taman Puring, Jakarta.

Taman Puring sendiri terbilang cukup pas untuk dijadikan tempat latihan sambil ngabuburit bagi para penikmat parkour. Selain karena banyak anak tangga yang bisa digunakan untuk melatih gerakan melompat para anggota, ada pula obstacle atau lintasan khusus melakukan trik parkour yang bisa digunakan di tengah-tengah lapangan kecil yang ada di taman tersebut.

Mengenal Parkour lebih dekat bersama Komunitas Parkour Jakarta

Komunitas Parkour Jakarta sendiri sebetulnya sudah cukup lama memperkenalkan parkour ke masyarakat luas Gan. Komunitas ini sudah berdiri sejak semenjak 9 Agustus 2007 silam dan aktif memberikan kelas bagi orang-orang yang tertarik untuk mengenal dan mempelajari parkour.

Sebelumnya Komunitas ini kerap mengadakan kelas di Senayan. Namun semenjak banyak renovasi untuk persiapan Asian Games, latihan pun dipindahkan ke taman yang letaknya bersebelahan dengan Pasar Taman Puring yang dikenal sebagai pusatnya berbagai macam sepatu dengan harga miring tersebut.


Foto: .instagram.com/parkourjkt/


Bila di bulan puasa, parkour-an bareng Komunitas Parkour Jakarta diadakan setiap Minggu pada pukul 16.00 WIB, maka di hari-hari biasa rutinitas kelas parkour mereka diadakan setiap Minggu pukul 09.00 pagi. Disebut kelas karena memang Komunitas Parkour Jakarta membuka ruang bagi siapa pun yang ingin mengenal parkour untuk datang.


Foto: facebook.com/ParkourJakarta


Kelas pun terbagi dalam dua kategori. Kelas first timer untuk mereka yang baru pertama kali mencoba parkour dan kelas Basic untuk kelas lanjutannya. Pada kelas first timer diperkenalkan teknik-teknik dasar parkour, sementara pada kelas basic para peserta diperkenalkan dengan beragam teknik parkour lainnya.

Kelas parkour bersama Komunitas Parkour Jakarta akan dilatih oleh anggota komunitas sendiri. Menurut Yunan, berkat latihan dan kemajuan sosial media para anggota semakin dapat memahami parkour mulai dari pemanasan, teknik hingga cara menghindari cidera.
Lama yang diperlukan para pemula yang datang ke kelas parkour sampai bisa benar-benar menguasi parkour pun beragam Gan.

Banyak orang yang datang latihan karena sebatas mau coba. Bukan mau ngelanjutin. Kalau ingin sampai bisa ya tergantung lagi ke pribadi masing-masing. Kalau benar-benar giat sebulan juga sudah bisa,”jelas Yunan.


Foto: facebook.com/ParkourJakarta



Terbuka untuk umum dan tanpa pungutan biaya

Tertarik juga untuk bisa mengenal parkour lebih dekat bersama Komunitas Parkour Jakarta? Gampang kok Gan. Siapa saja diperbolehkan untuk bergabung dalam rutinitas kelas parkour yang diadakan komunitas ini tanpa perlu mendaftar dan tanpa mengeluarkan biaya.

Tak perlu ragu pula bila Sista yang perempuan juga ingin mencoba parkour bersama mereka, karena di Komunitas Parkour Jakarta juga ada anggota yang perempuannya kok.

Untuk Agan yang ingin bisa lebih mengenal lebih dekat parkour dan pengen ikutan rutinitas Komunitas Parkour Jakarta, kamu bisa cek agenda rutin komunitas ini langsung ke akuninstagram atau twitter mereka aja ya Gan.




3
9.7K
137
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan