Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

thatwasfunAvatar border
TS
thatwasfun
[RATW] Rasanya Puasa di Korea dan Bukber di Seoul Central Mosque


Korea Selatan atau yang biasa dikenal dengan Negeri Ginseng ini ibarat magnet buat para pencinta Kpop aka Hallyu. Selain terkenal akan Kpop-nya, Korsel juga terkenal akan budayanya yang membuat turis dari berbagai negara berbondong-bondong datang ke sana untuk menghabiskan liburan. Di tahun 2016 aja jumlah pengunjung yang datang ke Korselmencapai 17 juta wisatawan mancanegara.

Salah satu campaign yang lagi gencar digalakkan oleh Pemerintah Korea Selatan dalam bidang pariwisata adalah wisata halal alias wisata untuk muslim. Meski agama Islam menjadi minoritas di Korea Selatan, yakni hanya 130.000 muslim yang kebanyakan adalah pekerja dari Pakistan dan Bangladesh dan sudah termasuk 35.000 warga muslim asli Korea Selatan, namun fasilitas ramah muslim terus berkembang di sana.

Jadi, gimana ya rasanya berpuasa di Korea Selatan?


Foto: Operation World

Di akhir musim semi menjelang musim panas ini, Korea Selatan emang lagi dalam musim terbaiknya Gan, nggak terlalu panas dan nggak terlalu dingin. Cuacanya berkisar dari 24 sampai 31 derajat Celcius selama bulan Ramadan. Tapi lama waktu berpuasa juga ternyata masih lebih lama dibandingkan di Indonesia Gan. Muslim di Korea berpuasa selama kurang lebih 16 jam Gan.



Buat Agan yang lagi di Korea Selatan pas bulan puasa ini, nggak perlu bingung untuk buka puasa di mana Gan. Agan bisa datang ke Masjid Itaewon atau Seoul Central Mosque yang berada di Itaewon. Masjid Itaewon atau Seoul Central Mosque ini adalah masjid pertama dan tertua di Korea Selatan. Dibangun pada tahun 1976, masjid ini juga jadi pusat kegiatan Islam kaum muslim di Seoul. Masjid yang megah ini juga terkenal indah karena terletak di antara Namsan dan Han River.



Saat bulan Ramadan, Masjid Itaewon juga mengadakan buka bersama yang bisa dihadiri oleh umat muslim siapapun, yang dilanjut dengan salat berjamaah. Biasanya menu yang diberikan adalah susu, kurma dan buah-buahan. Untuk yang perempuan berbuka di dalam, sedangkan yang laki-laki berbuka di luar. Seperti masjid-masjid lain, di Masjid Itaewon juga turut melaksanakan salat Tarawih 8 rakaat dan dilanjut dengan witir 3 rakaat.


Foto: Zilzar Life

Bukan hanya di Seoul, sampai saat ini sudah ada 15 masjid di Korea dan 42 musala yang tersebar di mall, bandara, hotel dan bahkan tempat wisata. Selain jumlah tempat salat yang semakin bertambah, jumlah restoran ramah muslim (bersertifikasi halal resmi, sertifikasi halal sendiri, ramah muslim dan bebas babi) juga semakin berkembang Gan. Selain itu, kalau ke Korea Selatan tepatnya yang di kawasan dekat pantai, banyak juga restoran seafood yang bisa Agan cicipi. Jadi nggak perlu bingung lagi buat nyari makanan halal untuk sahur dan berbuka saat Agan lagi travelling ke Korea Selatan di bulan puasa.

Merasakan berpuasa di Korea Selatan tentunya membawa pengalaman unik buat kita yang biasa tinggal di Indonesia. Misalnya merasakan berbuka puasa bersama di Masjid Itaewon dan bisa bertemu dengan saudara-saudara muslim dari berbagai negara, sebuah pengalaman yang nggak ternilai Gan.

emoticon-2 Jempol

Ref: 1 - 2 - 3
0
10.9K
136
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan