Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

claymiteAvatar border
TS
claymite
Rich Brian Dan Weird Genius, Dari Youtube Hingga Go International






Rich Chiggayang sekarang berganti nama menjadi Rich Brian, siapa sih yang gak kenal dia? Rapper yang terkenal dengan lagu Dat $tick nya yang saat itu diunggah di Youtube, kini telah mencapai kepuncakan karier dan telah berkolaborasi dengan beberapa rapper ternama kelas dunia, ia pun sekarang tergabung dalam platform musik hip-hop di Asia yang bernama 88rising. Tapi, selain Rich Brian, ada lagi satu grup musik yang mengawali karier dari Youtube, yaitu Weird Genius. Lalu bagaimana sih perjalanan panjang dari mereka? Kenapa mereka bisa sesukses sekarang melebihi musisi terdahulu mereka? Padahal mereka cuma modal Youtube untuk menunjukan skill mereka, mari kita bahas dibawah ini.



Rich Brian



Rich Brian jadi salah satu rapper sukses yang kini diperhitungkan dunia. Bahkan dia telah melakukan berbagai tour di Amerika Serikat yang emang bener-bener ditonton sama orang bule asli (karena banyak beberapa musisi Indonesia yang ngakunya tour diluar negeri, tapi yang nonton kebanyakan orang Indonesia). Berawal dari unggahan di akun Youtube miliknya, ia membuat sebuah lagu berjudul Dat $tick, lagu yang dirilis olehnya ini kemudian mendadak viral dan bikin namanya meroket, gak hanya viral di dalam negeri saja, bahkan didunia. Beberapa rapper kelas atas pun memuji cara rap ala dia, dengan suaranya yang khas. Lagu Dat $tick sendiri sebenernya menceritakan tentang kehidupannya Brian. Contohnya di salah satu bait dia menjelaskan bahwa ia dulunya gak punya teman.
"Saya sebelumnya gak punya teman, lalu saya pergi ke club Indonesia pada Agustus 2015 lalu dan saya punya teman. Ternyata mereka tinggal dekat dengan rumah saya dan kami jadi sering pergi bareng. Namun sebelumnya gak ada". Dari lagu Dat $tick inilah namanya mulai meroket, saat itu dia memakai nama panggung Rich Chigga, tapi beberapa bulan yang lalu, tepatnya pada saat tahun baru.



Ia mengubah namanya menjadi Rich Brian, alasannya karena ia menyesal menggunakan nama Chigga yang notabene memiliki makna sensitif di USA, karena Chigga berasal dari kata Chinese dan Nigga yang memiliki sejarah pelik terutama dalam hal perbudakan di Amerika terhadap keturunan Afrika. Pada masa modern sekarang, saat perbudakan sudah dihapus dan rasisme sudah jadi hal tabu, kata Nigga punya posisi yang sensitif, secara umum, hanya orang yang merupakan bagian dari masyarakat Afrika yang berhak memakai nama itu. Sementara jika dilontarkan oleh orang luar selain keturunan Afrika, kata itu sifatnya menjadi ofensif dan hinaan rasisme, kata itu punya arti penting sejarah gelap yang zaman sekarang telah disepelekan karena terkesan keren semata.
Rich Brian telah membuat album perdananya dan juga telah berkolaborasi dengan beberapa musisi papan ataa dunia, seperti Skrillex, Ghostkillah, dan yang terbaru, dia berkolaborasi dengan Dua Lipa dan Don Diablo dengan lagu Dua Lipa - IDGAF x Rich Brian x Don Diablo.



Rich Brian dengan IDGAF nya bersama Dua Lipa dan Don Diablo menuai banyak pujian dan antusias. Dengan suaranya yang khas berat dinilai seksi oleh beberapa masyarakat.



Weird Genius



Selain Rich Brian, ada lagi satu grup musik edmyang mengawali karir dari Youtube dan sekarang telah mencapai kesuksesan karirnya dan Go-International, yaitu Weird Genius. Weird Genius merupakan sebuah grup musik Elektronik yang terdiri dari tiga orang, dua orangnya adalah Youtuber, yaitu Reza Oktavian dan Eka Gustiwana, dan satu orang lagi adalah Billy Taner, seorang DJ. Ketiganya berfokus di musik elektro dan memiliki visi untuk memperkenalkan Indonesia ke mancanegara. Ketiga personel Weird Genius ini saling melengkapi. Eka lebih banyak produksi musik-musik pop, Billy di bagian musik elektro, sementara Reza yang menulis lagu.



"Reza Arap pandai menulis lagu yang mana kita juga butuh untuk perkenalin (lagu-lagu) keluar Indonesia. Akhirnya kita bergabung dan jadilah Weird Genius" ungkap Eka.
Mereka pun punya alasan tersendiri untuk memilih genre musik edm karena itu musik yang paling gampang diterima worldwide untuk saat ini, hal itu bisa dilihat dari makin maraknya festival musik edm di dunia dan jumlah penonton dari tahun ke tahun makin bertambah. Weird Genius pernah mewakili Indonesia di panggung Viral Fest Asia 2017 yaitu event musik digital terbesar se-Asia yang diselenggarakan di Bangkok. Mereka pun berhasil membuat penonton yang ada disana begitu antusias dengan lagu-lagu milik mereka, salah satu lagunya yaitu DPS yang menyisipkan nada Gamelan sukses membuat penonton berdecak kagum. Weird Genius sendiri telah mengeluarkan beberapa single seperti Sweet Scars, Wkwk Land, Lunatic, DPS dan yang terbaru singlenya bersama DJ mancanegara, Dolf dan juga penyanyi mancanegara, Rochelle, single tersebut adalah Weird Genius x Dolf - Dreams Ft Rochelle.



Lagu ini benar-benar sangat indah sekali, dengan alunan melodinya yang bagus ditambah suara dari Rochelle yang khas banget. Mungkin banyak dari kalian yang belum tahu ya? Yang belum tahu harus dengerin ini lagu karya anak bangsa tapi kualitasnya udah mendunia.





Diubah oleh claymite 12-05-2018 04:41
sekar2ahayu
sekar2ahayu memberi reputasi
1
18K
121
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan