iskrimAvatar border
TS
iskrim
Gaji Masinis Kereta Api Sampai Dua Digit, Ada yang Mau? (Ini Syaratnya)
Gaji Masinis Kereta Api Sampai Dua Digit,
Ada yang Mau? (Ini Syaratnya)




[ HT# 314 ]
emoticon-I Love Kaskus


Beberapa lalu sempat viral seorang wanita cantik bernama Tiara berfoto bareng Gubernur DKI Anies Baswedan disaat Anies Baswedan mengunjungi Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan untuk meresmikan kedatangan rangkaian kereta MRT sebagai bagian dari uji coba 12 gerbong yang rencananya akan dilakukan Agustus 2018 mendatang.

Di dunia kerja wanita kini hampir bisa disejajarkan tanggung jawabnya dengan profesi laki-laki, terbukti dengan salah satu masinis Tiara ini berani menanggung tanggung jawab besar ini. Apa yang mendorong Tiara hingga berkeinginan menjadi masinis MRT, bukan tanpa alasan, persoalan gaji yang sangat cukup tentu menjadi alasan utamanya. Lalu seberapa besar sih gaji dan syarat untuk menjadi serang masinis



Menurut Ana Diana, Vice President Personel Administration PT KAI, mengatakan standar gaji seorang masinis terbilang cukup tinggi dibanding posisi lainnya di perusahaan BUMN transportasi tersebut. Artinya ini menjanjikan bukan?

Menurut Ana Diana lagi kalau gaji masinis open (tahun pertama) saja sudah Rp 7,5 juta perbulannya. Untuk masinis senior bahkan bisa mencapai Rp 18 juta sebulannya!

Gaji masinis lebih tinggi dibanding pegawai lain di KAI, ini menyangkut tanggung jawab yang diembannya, katanya saat Jobfair Kemenaker 2017 tahun lalu."Yang daftar ribuan, terdapat 250 posisi dan 600 peluang" lanjutnya.

Hm, kalau difikir kesempatan menjadi karyawan BUMN di KAI sepertinya berpeluang besar yah, karena kebutuhan semakin meningkat, ada kereta bandara, jumlah KRL yang bertambah, ada yang pensiun, dan sekarang MRT. Hm, kalau saja usia saya masih dibawah 30-an pasti saya buru nih profesi, hehe, secara memang saya menyukai perihal yang berkaitan dengan kereta api sejak kecil.



Jam kerja Masinis Kereta Api



Untuk standar masinis jam kerja masinis juga lebih sedikit dibanding pegawai KAI lain. Mengingat memiliki resiko yang tinggi kerja masinis hanya 4,5 jam sehari. Masinis bisa istirahat di stasiun mana saja ketika kereta berhenti dan berganti dengan masinis lainya.


Syarat Menjadi Masinis Kereta Api



Dengan tanggung jawab yang besar dan gaji yang terbilang besar maka proses seleksi pun menurut Ana Diana sangat ketat, terutama kesehatan dan psikologi. "Paling banyak gagal biasanya di tes kesehatan seperti persoalan jantung, kesehatan mata, varises dan lainnya." Namun secara berkala dan saat ujian sertifikasi Awak Sarana Perkeretaapian (ASP), mereka akan di tes ulang lagi yang meliputi: Riwayat Penyakit, Kondisi Umum, Tensi, THT, Leher, Thorax, Ekstremitas, Mata (tidak buta warna dll), dan Urine.

"Melamar jadi masinis kereta api pun syarat pendidikannya tak perlu setinggi langit, minimal lulus SMU IPA atau SMIK kelistrikan, mesin atau elektro, nilai UAN rata-rata minimal 6, usia 18 hingga 25 tahun dan tinggi badan minimal 165 cm." lanjut Ana Diana.

Ketika diterima jadi karyawan baru calon masinis harus menempuh pendidikan 2 tahun dan menjalani posisi asisten masinis baru kemudian mendapat SIM masinis dari Kementrian Perhubungan.



Selama pendidikan akan menjalani Pelatihan Pembentukan Kepribadian atau yang sering disebut Diksarwira (Pendidikan Dasar Kewiraan). Di sini, para calon pegawai PT KAI 'termasuk' masinis akan menjalani pelatihan semi militer selama kurang lebih dua minggu di lingkungan TNI dan perkenalan melebur dalam keluarga besar KAI.

Setelah masa pendidikan diselesaikan seluruh calon pagawai KAI akan mendapatkan seragam resmi pegawai KAI yang disebut dengan Seragam R6 dan kembali ke wilayahnya masing-masing.

Tapi untuk masinis akan melanjutkan masa magang di Dipo Lokomotif atau Kantor UPT Crew Kereta Api sambil menunggu panggilan untuk mengikuti pendidikan masinis di Balai Pelatihan Teknik Traksi (BPTT) Darman Prasetyo, Yogyakarta dan pengenalan lebih dalam mengenai kereta apinya dilanjut di Bekasi. Calon masinis baru akan di lepas setelah melewati 2.000 jam terbangnya.


Hm, bagaimana tidak menjanjikan yah profesi ini, pantas saja Tiara masinis wanita ini mau berprofesi sebagai masinis MRT yang terang-terang jalurnya tak sejauh dan semenantang jalur Jakarta-Surabaya atau luar kota lainnya, pastinya sangat menjanjikan. Bagaimana dengan kamu, apakah berminat jika jawabannya adalah 'iya' maka kamu bisa mengunjungi situs resminya di: recruitment.kai.id.



Jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke saudara atau kenalanmu.
Terimakasih. salam iskrim, Gan!




emoticon-Hai
BACAAN KEREN ISKRIM LAINNYA NIH, GAN
[ HT #315 ]



Sedekah Tak Sampai yang Di Takdirkan Tuhan (Akhirnya Terobati)




guk


MAMPIR GAN, DI STUDIONYA ISKRIM  
Web Blog: iskrim.com 

█║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌║││█║▌││█
ISKRIM .com - BERITA JADI CERITA
Copyright © 2017 - 2018 www. iskrim. com | All Rights Reserved
Member of Thread Creator - KASKUS




sumur : iskrim.  com | sotoshop : iskrim  
Diubah oleh iskrim 08-07-2018 10:32
tien212700
adhirailfans
adhirailfans dan tien212700 memberi reputasi
2
56.4K
173
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan