TipiTunerAvatar border
TS
TipiTuner
Klarifikasi Pencatutan Nama Megaputra Zulfikar untuk Penipuan
Sebelumnya saya akan memperkenalkan diri terlebih dahulu.

Nama panggilan sehari hari saya Ega
Nama pena saya adalah Ega Zulfikar
Nama lengkap saya adalah Megaputra Zulfikar Whana Aji Kesdu sesuai yang tercantum pada screenshot di bawah.
TipiTuner adalah akun kaskus saya satu-satunya yang saya miliki dari 2010. (nggak pernah punya akun klonengan)

Saya disini hendak melakukan klarifikasi atas pencatutan nama dan nomor rekening saya dalam kasus penipuan game PS3
link postingan dimari: https://fjb.kaskus.co.id/show_post/5...9/55215/penipu

Spoiler for skrinsut:


---------------------------------------------------------------------

LATAR BELAKANG

Sebagai informasi awal, postingan tersebut ditemukan oleh istri saya (nikah akhir 2017) yang mungkin sedang iseng cari nama lengkap saya melalui pencarian Google.

Awalnya saya hanya mengabaikan karena saya sedikit banyak mengerti modus-modus penipuan yang dulu sering ada di FJB (Forum Jual Beli) Kaskus. Diantaranya seperti yang menimpa saya yaitu pencatutan nomor rekening dan banyak menimpa teman-teman yang berjualan balance rekening virtual seperti paypal, skrill (moneybookers), dll.

Namun setelah saya terlusuri lebih lanjut ternyata penipuan tersebut tidak sekadar mencatut namun saya 'dimanfaatkan' dan secara tidak langsung 'dilibatkan' dalam modus penipuannya.

------------------------------------------------------------------------

PEMBUKAAN

Sebelum saya lanjut pada PERKIRAAN KRONOLOGI kejadian penipuan, saya perlu jelaskan beberapa hal.

- Antara 2011-2014 saya pernah aktif berjualan balance skrill/moneybooker di FJB (link lapak dimari: https://kask.us/gXpqr)
- Salah satu pelanggan saya yang saya duga memanfaatkan saya adalah agan dengan ID cuminegro
Spoiler for "skrinsut lapak":

Spoiler for "skrinsut nama rek bank di lapak saya":


-------------------------------------------------------------------------

BUKTI-BUKTI DUGAAN

Bukti penelusuran saya kenapa saya menduga agan cuminegro ini memanfaatkan saya adalah sbb:
- Agan satriaaji pada postingan laporan penipuannya mencantumkan nomor 085931285191 sebagai nomor pelaku
- Saya lakukan penelusuran sepak terjang nomor tersebut kemudian saya temukan beberapa bukti bahwa nomor 085931285191 berkaitan dengan ID agan cuminegro
Spoiler for "penelusuran 1":

Spoiler for "penelusuran 2":



(disclaimer: kalau agan cuminegro merasa agan tidak melakukan penipuan, silahkan hubungi saya. mungkin agan juga jadi salah satu yang dimanfaatkan oknum penipu. mari kita terlusuri lebih lanjut)
(disclaimer2: saya tidak kenal secara personal dengan agan cuminegro. ybs murni pelanggan saya yang pernah transaksi di lapak saya hanya satu kali)

-------------------------------------------------------------------------

PERKIRAAN KRONOLOGI

- Agan satriaaji menghubungi agan cuminegro untuk membeli dagangannya berupa games PS3
- Agan cuminegro menghubungi saya dan bilang mau beli sejumlah saldo
- Agan cuminegro mengirimkan rekening saya kepada agan satriaaji sebagai rekening pembayaran games PS3 tersebut
- Agan satriaaji mengirim sejumlah uang ke rekening mandiri saya
- Agan cuminegro konfirmasi ke saya bahwa dia sudah transfer ke rekening mandiri saya padahal yang transfer adalah agan satriaaji
- Saya setelah menerima uang pembayaran (yang ternyata dari rekening agan satriaaji) langsung mentransfer dana skrill/moneybookers sejumlah 33.5 dollar ke akun skrill/moneybookers agan cuminegro pada tanggal 18 Agustus 2013. Tarif transaksi 1 persen jadi total dana skrill/moneybookers yang saya keluarkan 33.835/33.84 dollar sesuai dengan kurs tengah BI pada waktu itu
Spoiler for Bukti:

- Agan cuminegro bahkan kasih testimoni dan cendol. Sesuai janji promo saya maka agan cuminegro saya kirim bonus 2 dolar dengan tarif transaksi 1 persen jadi saya mengeluarkan dana 2.02dolar lagi untuk bonus
Spoiler for testi:

- Agan cuminegro langsung kabur dari agan satriaaji
- Agan satriaaji yang merasa tertipu kemudian menulis surat pembaca/laporan penipuan di thread terkait 2 hari kemudian pada 20 Agustus 2013 21:52

-------------------------------------------------------------------------

KESIMPULAN

Dengan begitu dapat disimpulkan agan satriaaji dirugikan sejumlah 33.5 dollar dalam bentuk rupiah sesuai kurs tengah BI pada waktu itu (18 Agustus 2013).

Sedangkan saya sebagai pihak yang dimanfaatkan menjadi media penipuan tidak tahu menahu atas kejadian penipuan tersebut. Bahkan saya baru tahu hari ini (25 Maret 2018) sekitar 5 tahun setelah kejadian tersebut. Agan satriaaji juga selama ini tidak pernah menghubungi saya sebagai nama pemilik rekening tersebut.

Agan cuminegro sudah kabur setelah berhasil menipu agan satriaaji dan 'mencuci' uang penipuannya melalui rekening saya.

-------------------------------------------------------------------------

PERNYATAAN SAYA

Dengan ini saya turut berduka kepada agan satriaaji atas kejadian tersebut. Saya bersedia mengganti kerugian agan satriaaji sesuai baik dengan nilai rupiah pada saat itu ataupun setelah melalui penghitungan kurs rupiah terhadap dolar pada hari ini. Intinya saya mengharapkan yang seadil-adilnya untuk agan satriaaji.

Sedangkan untuk nilai dana yang sudah dibawa kabur agan cuminegro biar saya yang tanggung. Saya tidak akan mengikhlaskan dan tidak akan memaafkan sebelum orang yang merasa menjadi agan cuminegro pada waktu itu menghubungi saya dan menjelaskan kepada saya.

Mengenai perlunya ganti rugi atau tidak dari agan cuminegro kepada saya dapat dibicarakan nanti, tergantung i'tikad baik agan cuminegro untuk menyelesaikan permasalahan ini.

-------------------------------------------------------------------------

PENYELESAIAN NAMA BAIK SAYA

Dengan ini kembali saya nyatakan bahwa saya, Megaputra Zulfikar Whana Aji Kesduyang namanya sesuai dengan yang disebutkan oleh agan cuminegro kepada agan satriaaji sebagai pemilik sah rekening tersebut pada waktu itu menyatakan bahwa:
- saya tidak melakukan tindak penipuan
- saya dimanfaatkan agan cuminegro untuk menipu agan satriaaji

Saat ini saya sedang berusaha menghubungi agan satriaaji untuk dapat mengedit postingan agan satriaaji agar tidak lagi mencantumkan nama saya demi menghindari masalah yang bisa saja muncul di kemudian hari.
Misal: Kesalah pahaman seseorang yang menemukan postingan tersebut sedangkan orang tersebut tidak mengetahui kronologi yang sebenarnya sehingga menyebabkan kesalahan penilaian terhadap diri saya.

Selain itu saya juga berusaha menghubungi pihak pihak yang turut melakukan quote terhadap postingan yang mencantumkan nama saya tersebut.

Mengingat bahwa thread tersebut sudah dikunci maka saya akan berusaha menempuh cara-cara lain seperti menghubungi moderator agar nama saya dapat dihilangkan dari laporan penipuan tersebut.

--------------------------------------------------------------------------

PENUTUP

Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak kaskus yang menyediakan forum surat pembaca ini sehingga saya dapat melakukan klarifikasi dengan rinci sebagai bukti-bukti dan penjelasan apabila suatu hari diperlukan.

emoticon-Salaman

--------------------------------------------------------------------------

UPDATE

25/03/2018 - 11.15 WIB - Berhasil menemukan kontak person agan satriaaji dan mengirim chat pembuka
25/03/2018 - 18.00 WIB - Agan satriaaji mulai respon pesan saya kemudian saya mulai ceritakan maksud dan kronologi
25/03/2018 - 18.30 WIB - Agan satriaaji mengerti dan setuju untuk mengedit nama saya dari postingan laporan penipuan tsb. Namun karena agan satriaaji sedang luar kota maka edit akan dilakukan setelah agan satriaaji balik
29/03/2018 - 14.31 WIB - Agan satriaaji menulis statement sebagai pengganti edit krn beliau sudah tidak bisa melakukan edit karena thread terkait kasus sudah ditutup. berikut statement agan satriaaji

Quote:



Diubah oleh TipiTuner 28-10-2019 03:41
0
2.8K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan