Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jole.femusAvatar border
TS
jole.femus
Mengenal Mobil-Mobil Klasik Peninggalan sang Proklamator



Presiden RI pertama Soekarno dikenal sangat kharismatik dan memiliki selera seni tinggi. Tak terkecuali dalam pemilihan mobil.

Mobil-mobil ini menjadi saksi perjuangan Soekarno pada zaman kemerdekaan dan sudah sepatutnya dijaga, serta dirawat wari
san mantan orang nomor satu di Indonsia tersebut.

Dari sekian banyak mobil yang pernah digunakan sang proklamator, hanya beberapa mobil favorit yang masih terjaga dengan baik. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 10 mobil peninggalan Soekarno:

1. Buick 8

Spoiler for 1:


Buick 8 limited edition keluaran tahun 1938, merupakan mobil kepresidenan pertama Republik Indonesia yang didapat dari hasil rampasan Jepang. Buick 8 Limited Edition yang kemudian menjadi tunggangan pertama Bung Karno sejatinya berasal dari mobil seorang Jepang yang mengepalai Djawatan Kereta Api dan dicuri seorang pemuda bernama Soediro. 



Buick 8 ini menemani Soekarno sejak Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia hingga 1949. Memiliki mesin 8 silinder dengan kapasitas 5.247 cc Buick 8 hanya diproduksi sekitar 1.451 unit di dunia.



2. Chrysler Imperial





Spoiler for 2:




Chrysler Imperial diproduksi antara 1937 hingga tahun 1939. Sedangkan Chrysler Imperial milik sang Proklamator dengan pelat nomor B 9105 ini adalah mobil keluaran tahun 1938.



Berdasarkan sejarah, mobil ini digunakan oleh keluarga Presiden untuk keperluan antar jemput anak-anak bersekolah di Perguruan Cikini. 



Uniknya, mobil ini pernah dilempari granat oleh orang tak dikenal, tetapi seisi mobil termasuk sang presiden selamat. Hanya saja ada cacat di spakbor sebelah kiri dan kaca belakang yang hingga kini masih dipertahankan untuk mengenang peristiwa itu.



Mobil berjenis limousine ini memiliki empat pintu dengan kapasitas mesin 5.300 cc dan transmisi 3 percepatan secara manual.


3. Cadillac 48

Spoiler for 3:


Cadillac 48 juga merupakan mobil special edition karena hanya diproduksi 2 tahun, yaitu tahun 1948-1949. Mobil sedan empat pintu ini pernah menjadi koleksi Soekarno yang sangat legendaries.



Mobil yang menggendong kapasitas mesin 5.700 cc dan 5.400 cc ini dikenal dengan nama lain Cadilac Sixty Special karena menggunakan platform produksi tipe Series 60 dan tersedia juga versi transmisi matik.


4. Chaika Gaz 13


Spoiler for 4:


Chaika GAZ 13 diproduksi antara 1959-1981 dan merupakan salah satu mobil pabrikan asal Rusia yang pernah digunakan Soekarno.

Chaika GAZ 13 dibekali mesin M13 5.5 L V8 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 195 hp. Dilengkapi pula dengan transmisi otomatis 3-percepatan. 

5. Chrysler Crown Imperial


Spoiler for 5:



Kemungkinan besar jika melihat pada bentuk grill dan bumper depan, Chrysler Crown Imperial koleksi Soekarno ini, diperkirakan diproduksi antara tahun 1962 hingga 1964. Namun ada yang menyebutkan secara pasti buatan tahun 1963.

Tidak banyak informasi mengenai mobil ini. Namun, Anda bisa melihat beberapa mobil ini di Museum Angkut yang berada di Batu, Malang, Jawa Timur.

6. Chrysler Windsor






Spoiler for 6:




Chrysler Windsor Limousine lansiran 1947 milik Soekarno ini diproduksi pada 1939- 1961. Berlanjut dari 1961 hingga 1966, namun hanya berlaku untuk Canada saja.

Chrysler Windsor 1947 ini dibekali mesin 250.6 CID L-head bertenaga 114 hp serta dilengkapi transmisi manual 4-percepatan.

7. Mercedes-Benz 600






Spoiler for 7:



Mobil mewah yang pernah menjadi salah satu koleksi Soekarno lainnya, yakni Mercy 600. Diperkirakan Mercy ini lansiran tahun 1960-an dan merupakan salah satu mobil terelit di zamannya.

Sebagai orang nomor satu di Indonesia, layaklah jika sang Proklamator menyandang mobil elit ini dalam mengemban tugas kenegaraan.

Mercy ini dilengkapi mesin 6.3 L V8 yang mampu menghasilkan tenaga 250 hp pada 4.000 rpm, sedangkan torsi puncak mencapai angka 500 Nm pada 2.800 rpm.

Mercedes-Benz 600 bertransmisi otomatis 4-percepatan. Bodinya yang panjang menggolongkan kendaraan tersebut ke dalam kelas limousine.  

8. Morris Mini Cooper


Spoiler for 8:



Mobil klasik yang terlihat mini (kecil) ini memiliki julukan yang sama, yakni Mini. Morris Mini Cooper merupakan mobil asal Inggris yang bernama British Motor Corporation. 

Mini milik Soekarno menjadi produk suksesor yang diproduksi pada 1959 hingga tahun 2000-an. Mini era 50-an ini tersedia beberapa varian mesin, antara lain; 0.9 L, 1.0 L dan 1.3 L. Mobil hanya terdiri dari 2 pintu seiring bentuk bodinya yang mini.

9. Oldsmobile 98



Oldsmobile 98 milik Soekarno yang satu merupakan model tahun 90-an yang diproduksi dari 1940 dan mampu bertahan hingga 1996. Desain Oldsmobile 98 ini dikerjakan sendiri oleh General Motors dan mendapatkan sumbangsih platform C-body dari Buick dan Cadillac.

Oldsmobile Soekarno diperkirakan merupakan pabrikan dari generasi kelima yakni pada 1961-1964. Hal tersebut didasarkan pada bentuk bumper depan yang memang cenderung mewakilkan produk generasi kelima.

10. Lincoln Cosmopolitan


Spoiler for 10:


Lincoln Cosmopolitan merupakan mobil mewah pada waktu itu yang diproduksi oleh perusahaan mobil Ford. Lincoln milik Soekarno ini diperkirakan produksi generasi pertama.


Mobil klasik yang diproduksi pada 1948-1954 mengusung mesin 5.5 L V8 bertenaga 152 hp. Pada waktu itu sudah berteknologi transmisi otomatis yang mendapatkan sokongan teknologi dari General Motors.

Sumber: http://www.inews.id/otomotif/read/me...sub_slug=mobil


Mampir sni dulu boleh gan:

Jangan Ikutan Percaya Gan! 6 Hoax Medis Paling Aneh Ini Sempat Dipercaya Banyak Orang

Bahaya Gan! 6 Lokasi di Indonesia Ini Jangan Dilewati

Siapa Sangka Gan, 5 Perusahaan Raksasa Ini Punya Asal Usul yang Mengejutkan!
0
1.8K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan