karikai04Avatar border
TS
karikai04
Efek Rumah Kaca Menarik Diri dari Dukungan Bekraf di SXSW
Quote:

TEMPO.CO, Jakarta -Satu pekan sebelum keberangkatan ke South by Southwest (SXSW) 2018 di Austin, Texas, Amerika Serikat (AS), band Efek Rumah Kaca menarik diri dari dukungan finansial yang diberikan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Alasan yang dilontarkan Efek Rumah Kaca adalah soal adanya kejanggalan terkait harga tiket yang menjadi sorotan utama band yang dibentuk sejak 2001 oleh Cholil Mahmud, Adrian Yunan Faisal, Airil "Poppie" Nur Abadiansyah dan Akbar Bagus Sudibyo.

“Awalnya, keberangkatan kami ke SXSW ini sebagian turut didukung oleh BEKRAF. Namun seminggu sebelum keberangkatan, kami memutuskan untuk menarik diri sepenuhnya dari dukungan finansial BEKRAF karena persoalan janggalnya harga tiket,” berdasarkan akun Instagram resmi ERK, Ahad 11 Maret 2018.

Alasan utama ERK mengundurkan dari dukungan Bekraf karena mereka mendapati kejanggalan pada harga tiket pulang-pergi Jakarta-Austin yang jauh lebih tinggi dari harga tiket yang beredar di pasaran.

"Kami sudah mengemukakan kejanggalan ini kepada pihak Bekraf namun pihak Bekraf tidak menanggapi secara serius adanya kejanggalan perbedaan harga yang tinggi yang kami keluhkan, malah langsung menganjurkan kami untuk membeli tiket sendiri dan nanti di-reimburse dengan catatan jumlahnya untuk 5 orang personel," berdasarkan keterangan tertulis resmi yang diterima Tempo, Ahad 11 Maret 2018.

ERK menyimpulkan, kalau merujuk pada ketentuan 5 orang personel, meski harga tiket bisa 3 kali atau 5 kali lipat dari harga normal, Bekraf masih akan tetap mengakomodir biaya tersebut sejauh tiket yang dibeli berjumlah 5, sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

ERK menyorot soal alokasi dana yang tersedia, seharusnya tetap bisa digunakan untuk menerbangkan 8-9 orang berdasarkan pilihan maskapai, waktu, dan rute yang sama dengan yang diajukan oleh Bekraf sekalipun dengan jenis tiket ekonomi fleksibel.

ERK menegaskan hal tersebut bertentangan dengan hati nurani dan nilai-nilai yang selama ini disuarakan melalui lagu-lagu mereka.

Berdasarkan kesepakan sebelumnya Bekraf memutuskan hanya akan menanggung biaya lima dari sembilan personel ERK—jumlah total anggota delegasi yang akan datang ke SXSW 2018. ERK juga menyetujui untuk menangung sendiri biaya 4 orang sisanya.

Kebijakan tersebut diambil Bekraf sebagai upaya pembagian dana untuk delegasi lainnya yang juga turut hadir di SXSW 2018. Jatah lima orang yang diberikan Bekraf, berdasarkan pernyataan tertulis lembaga pemerintah tersebut merujuk pada kebijakan pihak SXSW 2018. Menurut Bekraf, SXSW hanya memberi jatah lima personel untuk tampil dengan alasan keterbatasan pada panggung.

Sedangkan, ERK mengatakan setelah pihak SXSW 2018 menyatakan ERK lulus kurasi, mereka mempersilakan band tersebut untuk tampil dengan formasi lengkap, yakni terdiri dari sembilan personel.

Sebelumnya Efek Rumah Kaca sudah bersepakat membiayai sendiri empat personel yang tak ditanggung Bekraf. Namun akhirnya mereka urung mengambil dukungan dana pemerintah, saat mendapati kejanggalan soal harga tiket pesawat pada agen travel yang ditunjuk oleh Bekraf.
Quote:


janggal janggal janggal emoticon-Leh Uga
0
1.8K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan