Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

abdafudAvatar border
TS
abdafud
Pengalaman Lolos SBMPTN 2014 dan Tembus Universitas Brawijaya
Kali ini gue mau nyeritain pengalaman hidup yang sangat cetar membahenol haha tae.. agan sista bakalan bosen baca cerita ane kali ini, saran gue mending kalian print dulu, jadiin buku. Soalnya ini bakalan panjang banget.
Sebenenya gue lulusan tahun 2013 tapi disempetin nganggur lutang-latung gak karuan. Kalo ditelaah lebih dalam lagi, sebenarnya gue lulusan tahun 2012, tapi karena sekolah gue unik dan cuman ada 8 biji se-Indonesia Raya ini makanya jadi 4 tahun. Kebayang kan bagaimana cukup imut tuanya diri ini ketika menginjak bangku perkuliahan. *cielah menginjak, tae kale*

Waktu itu bulan Maret 2014 dan gue belum kerja-kerja setelah di wisuda pada Juni 2013 lalu, wi-ti-if banget kan betapa busuknya nganggur di rumah, mau main sama temen, temen pada kerja dan kuliah. Si ibu udah koar-koar.
“ Ya ampun mau jadi apa lu, tong. Hari gini masih di rumah aja, nguras laut kek”
“…..” sahut gue.

Karena udah gak tahan lagi disuruh nguras laut sama ibu, akhirnya gue memutuskan untuk mencari kerjaan, tapi apalah arti hasil mencari kerja searching – searching di internet kalo takdirnya gak kerja juga :v. sempet saat itu untuk merantau pergi ke Jember ( desa tertjintah ) mengikuti pelatihan Teknik Gambar Bangunan. Tapi sama bapak, gak dibolehin, banyak alesan yang tidak memungkingkan gue pelatihan ke Jember. Padahal pengin banget ikut pelatihan itu, meskipun gue lulusan SMK Teknik Gambar Bangunan – yang – sekolahnya – 4 tahun – cuman – ada – 8 – biji – di – Indonesia, tetep aja gue ngerasa kurang ilmu teknik tersebut, makanya gue nolak segala bentuk tawaran kerjaan yang berbau arsitek, teknik sipil, gambar bangunan. Hih!

Di titik itulah, titik nol hidup gue. Semuanya berantakan gak berantakan amat sih hehehe bayangin aja, lu mau ngapain, ketika orang tua lu, koar-koar nyuruh kerja, sedangkan diri lu sendiri pilih – pilih kerjaan dan tidak mempunyai skil. Serasa mau teriak tapi takut disangka orang gak waras. Pada saat itu dipikiran gue nyampur jadi satu, antara lain yang ada di pikiran gue waktu itu :
Kasihan sama bapak dan ibu seharusnya udah gak kerja yang terlalu keras
Mau kerja apa?
Mau ngapain?
Apa kabar mantan?
Dia lagi mikirin aku gak ya?
Yaampun pacar baru mantan gendut!
Pusing banget kan!
Sampai akhirnya gue putusin untuk mengubah derajat keluarga ini menjadi lebih tinggi lagi. Dan gue yakin pada suatu saat nanti bakalan ada orang bilang “ ya ampun anak ibu penjual nasi kuning itu hebat banget, padahal ibunya jualan oncom” jualan nasi kuning woy! Lalu ada juga yang mengatakan “ wah anak bapak supir itu ganteng”

Seinget gue kalo gak salah berarti bener itu pertengahan April tanggal 15, dari gue yang sebelumnya gak pernah solat, mendadak solat, mengaji, puasa, beramal, membelikan iPad kepada anak yatim cc: @tweet_riya gue selalu browsing tentang artikel – artikel islami, nyari – nyari artikel bagaimana cara agar doa diijabahkan Allah SWT. Ini permulaan gue mengenal kembali siapa Tuhan gue, siapa yang menciptakan gue, siapa yang memberi oksigen dengan gratis, siapa yang mendetakkan jantung ini secara otomatis. Meskipun ketumakninahan ini semata – semata agar gue bisa lulus SBMPTN, tapi setidaknya ada selangkah lebih maju gue ngedeketin diri sama Tuhan, kalo gak salah Dia berfiman “ jika kau mendekati-Ku dengan berjalan, maka Aku akan menyambutmu dengan berlari” lihat gaes, betapa Tuhan sayang terhadap hambaNya.
Tanggal 12 Mei adalah awal pendaftaran SBMPTN, gue pergi ke warnet yaampun coba laptop gak ancur
setelah sebelumnya telah mengkonsultasikan keputusan yang gue ambil dengan ibu, hati ini mantap pada pilihan pertama jatuh kepada Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga, kedua kepada Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya, untuk ketiganya ini gue bingung mau pilih mana. Mau pilih DKV ITB, eh ada tes menggambarnya mampus! Akhirnya gak jadi, mau Ilkom UI, takut langsung gak keterima perbuatan ini gak boleh dicontoh menyerah sebelum bertanding. Akhirnya setelah ada teman yang menyarankan Sastra Inggris mirip seperti jurusan mantannya hahaha Nia! Gue Tanya ke dia, kalo kerja mau jadi apa lulusan sasing, dia jawab : “ bisa jadi duta besar” whut! Langsung gue mantap di Sastra Inggris Universitas Airlangga.

Pendaftaran hari senin, terus hari Jumatnya gue pergi ke kantor pos buat bayar tesnya. Tahun ini (2014) biayanya lebih murah disbanding tahun lalu, cuman Rp. 100.000 ( SERATUS RIBU RUPIAH ).
Lebih murah kalo dilihat dari segi besaran nominal dan inflasi tahun lalu dan pergerakaan IHSG pada saat itu. Yaampun gue mirip banget sama mas-mas sekuiritas yang ada di KompasTV.
Terhitung tes SBMPTN kurang sebulan pas, bingung belum ada persiapan untuk tempur. Tapi gue gak begok seperti kebanyakan orang yang cuman ngandelin keberuntungan doing cielah songong! Gue pergi ke warnet lagi! Buat download soal – soal SBMPTN tahun lalu beserta kuncinya, banyak banget kumpulan soal yang gue dapet, dan pada akhirnya gue juga bingung gak ngerti cara ngerjainnya gimana. Ada kunci jawabannya, tapi gue bukan tipe orang yang langsung menelan begitu aja kunci jawaban, dengan ke-sok pinteran gue, teteup aja gak paham :v
Ya maklum lah udah hampir 2 tahun tidak menyentuh buku pelajaran, lagian background pendidikan gue kan anak teknik bukan anak IPS. Dan gue patut mengikrarkan diri gue sebagai BONEK SEJATI. Dengan PD memberanikan diri ngambil jurusan IPS, padahal nih, banyak isu kalo anak SMK itu rada kalah pinter sama anak-anak SMA.
Karena menurut gue persiapan kurang untuk menghadapi SBMPTN, gue ngomong ke ibu mau beli buku soal – soal SBMPTN, tapi pake duit ibu hehehe.
Meluncurlah gue ke Gramex buat beli buku mahal yang dihargai senilai Rp. 80.000, mahal banget kan.
Elah!

Skip! Minggu – minggu mendekati tes SBMPTN, dari sini doa gue, gue tambah lebih banyak, yang asalnya cuman berdoa pas selesai solat doang, gue tambah waktu doanya iaitu cielah iaitu mirip kek orang Malaysia iaitu pada saat adzan, saat selesai adzan, saat sujud ketika sholat, jadi pada waktu sujud, gue sujudnya lama karena ada doa yang nyelip. Sebenernya sujud pas solat itu kudu tumakninah gak boleh cepet-cepet, lagian sujud adalah momen terdekat dengan Allah SWT, jadi kita bisa berdoa lama – lama pas sujud, biar doanya terkabulkan. Selain itu gue berniat pergi ke perpustakaan milik pemkot Surabaya yang ada di Balai Pemuda, tempatnya asik, adem, rame, pokoknya gak kayak kesan perpustakaan selama ini. Banyak mahasiswa di sana yang numpang wifi, hih dasar! Waktu itu gue nyari buku geografi kelas 10 – 12 gue baca semua gak sampe 30 menit hebat kan!

Gue dapet ruang tes gedung fakultas teknik ruang A4.02.12 di Universitas Negeri Surabaya, Ketintang. Panitia penyelenggara menyerankan untuk survey dulu sehari sebelum tes. Karena gue tipe orang gak mau malu sendirian, gue mengajak temen gue yang super ketjeh, tidak lain tidak bukan Hakimatus Sa’adah, artis Simo Ratu Alay Surabaya. Kita ketemu di Tunjungan Plaza, setelah menemani dia makan siang, karena gue pada waktu itu lagi puasa, kita meluncur ke Unesa. Awalnya kita bawa motor sendiri – sendiri tapi karena si Hakim katanya malu kalo diliat anak kuliahan karena dia saat itu dia make baju yang terlalu wow menurut dia sendiri padahal menurut gue biasa – biasa aja untuk ukuran dia yang seorang hijabers. Kita mampir ke Royal Plaza untuk markirin motornya Kimi. Sesampainya di Unesa, gue sedikit bingung nyari gedungnya, ada banyak gedung, setiap fakultas ada gedungnya sendiri. Gue kaget pada saat itu, karena menurut minset gue saat itu, Universitas itu kek sekolah, berada dalam suatu kawasan gedung, bukan kek komplek begini. Semacam gue masuk komplek perumahan, jalanannya besar. Bukan kek gambaran di pikiran gue pokoknya.

Setelah nemu gedungnya, gue nyari parkirannya, tapi bodohnya gue gak nyari ruangannya. Si Kimi ngajak masuk ke dalam gedung A4, tapi gue gak mau, banyak mahasiswa saat itu gue malu, gue diliatin sama para mahasiswa, jangan-jangan karena gue bawa si Kimi. Gue yakin banget itu tempat tes gue di situ, gue mutusin untuk pulang. Menuju ke Royal Plaza gue ngakak dengerin Kimi nyerocos nyanyi Royalnya Lorde, buat kalian yang ngebaca ini dan tau maksud gue pasti bakalan ngakak, “ mari kita ke Royaaalll… Royalll” tae banget gue ngakak seadanya di jalan raya.
Malemnya setelah gue belajar dengan timing mirip seperti tes SBMPTN sesungguhnya, gue gak bisa tidur. Sampe jam 2 pagi masih belum tidur juga, akhirnya mutusin untuk solat tahajud. Lalu tidur, bangun lagi untuk solat subuh, tidur lagi sampe jam 7. Mbah Surip, saya merealisasikan lagu anda.

Sekitaran jam setengah 9 gue berangkat tes, sekalian nganterin bapak untuk kerja ke luar kota. Langit Surabaya pada saat itu mendung, gelap gulita, mencekam, ngeri – ngeri sedep! Kalo kata Sutan Batugana bilang. Si ibu ngingetin jas hujan, “ jas hujananya udah, tong. Nanti jangan lupa berdoa dulu” begitulah kata ibu, mirip seperti dulu – dulu ngingetin gue kalo pas ulangan waktu sekolah dulu.

Setelah salim sama minta doa sama Ibu, aku dan bapak meluncur. Di tengah perjalanan udah gerimis, gue dag – dig – dug takut telat mengikuti ujian. Nganterin bapak ke Jalan Kenjeran tepat jam 9 kurang seperempat, tes kurang sejam lagi. Ingin rasanya pinjem pintu Doraemon waktu itu, gue mampir ke alfa*mart buat beli roti, buat makan siang nanti. Dan setelah keluar dari alfa*mart hujannnya deres banget, kepaksa make jas ujan. Hati bergejolak tidak karuan, jalanan macet, ujan, tes kurang setengah jam lagi dan gue sadar gue belum mencari ruangan, toilet, dan masjid. Apa yang gue takutin terjadi, gue nyampe di Unesa 15 menit sebelum tes. Bergegas gue nyari ruangan, menghiraukan orang-orang yang ngeliatin gue karena basah kuyup, ruang 12 sepertinya di lantai 2, tapi pas di lantai 2, ruangannya gak ada. “ya ampun gue bodoh banget!!” lha emang seharusnya kemarin menuruti kata – kata Kimi untuk masuk kedalam mencari ruangan. Gue naik – turun, bolak – balik nyari ruangan 12, gedunhnya bener, tapi ruangannya manaaa?? Aaakkk.. ~~~\o/
Ada segerombolan guru, pengawas keknya, sedang bergosip ria di depan pintu suatu ruangan, langsung tanpa piker panjang, gue jadiin muka gue muka tembok, langsung gue gadaiin urat kemaluan gue, gue motong pembicaraan mereka dan nanya dimana ruang 12. Katanya ada di lantai 2 pojok sendiri, Alhamdulillah!! Ternyata ruangannya di pojokan. Gue tadinya mau kesono, tapi di depannya banyak banget anak-anak lagi nongkrong nunggu tes, kan gengsi ngomong “permisi”. Di depan ruangan 12 gue nunggu, ada anak yang ngajak ngomong, entah gue lupa siapa namanya, dari SMA Lamongan tapi dia berangkat dari Gedangan, Sidoarjo lulusan tahun 2013 sama kek gue. Dia ngajakin tos karena samaan lulusan 2013, gue turutin, lumayan nambah temen :v
Jam pertama tes kemampuan dan potensi akademik, ada pelajaran English, Bahasa Indonesia, Matematika, sama tes kek psikolgi. Tes psikologi ini mengetes seberapa banyak kosakata yang kita miliki, seberapa cekatan kita bermain angka, dan seberepa pinter kita menyelesaikan teka – teki. Dan gue harus bilang waaaaw, tesnya beda banget sama buku kumpulan soal – soal yang gue beli di Gramex. Entah gue emang begok, atau gimana, cuman ada satu soal bahasa Indonesia yang soalnya persis sama kek buku namun pertanyaannya diubah. Gue gemeteran mampus lu! MATImatika cuman gue isi 1 doang, awalnya gue yakin bener, tapi setelah diketahui hasilnya salah hahaha . Gue kebut soal yang kek tes psikologi, Alhamdulillah banyak yang keisi. Bahasa Indonesia lumayan juga yang diisi dan bahasa Inggris hahaha jawabannya lilahita’ala. Gue banyak gak ngerti soalnya. Jalan yang terakhir gue pilih dan andelin adalah dengan doa dan sedikit kemampuan analisa gue yang cukup mumpuni. Gue akui kelebihan ini adalah suatu anugrah yang gue terima dari Tuhan, dulu waktu SMP ada semacam psikotes yang menyatakan daya analisa gue baik sekali. Jadi gue bisa “menebak” meskipun sebelumnya gue gak ngerti.

Untuk sesi berikutnya pun begitu, Tes kemampuan dasar social dan humaniora. Gue mau ngakak, tapi takut diusir dari ruang tes. Banyangin aja lu anak SMK yang dasarnya gak dapet pelajaran IPS tetiba disuruh menjawab soal – soal sejarah, geografi, sosiologi dan ekonomi. Pas SMK dulu gue cuman dapet pelajaran IPS saat kelas 10 dan semester 2 kelas 11, bukan gue males atau gak mau mengikuti pelajaran IPS, tapi emang porsi IPS buat anak teknik emang segitu. Lagian nih ya pelajaran IPS anak SMK itu ya sosiologi doang, sejarah, geografi dan ekonomi gak ada. Jadi fix gue pengin ngetawain bapak yang memberi soal IPS ini ke gue.
Untuk soal pergerakan zaman kemerdekaan sama zaman kerajaan nasional sedikit ngerti, tapi bagaimana dengan soal sejarah berdirinya Negara Republik Rakyat Tiongkok, revolusi Perancis, zaman megalitikum? Kemudian soal – soal geografi sedikit inget pelajaran SMP dulu, sosiologi lumayan paham karena mengulas permasalahan di masyarakat, soal ekonomi? Fadly ZONK!! Gue cuman bisa ngerjain soal entrepeanur yang gue dapet dari pelajaran Kewirausahaan di SMK dulu.
Seperti pepatah yang diucapkan artikel – artikel yang gue cari untuk motivasi SBMPTN, “datang kerjakan lupakan” tidak mudah melakukan itu lu kate mantan main lupain gitu aja hah?! Kepikiran banget sama soal – soal itu meskipun udah keluar dari ruang tes. Sesampainya di rumah, gue buka itu selebaran dari Universitas Muhammadiyah Malang,
kampus putih impian ku aaakkkkk ~~~\o/ gue udah ngerencanain masuk Univ ini kalo gak keterima PTN, dan wi-ti-ef! Biayanya untuk pendaftran Rp. 18.000.000 ( DELAPAN BELAS JUTA RUPIAH ) dan persemester Rp. 2.250.000 ( DUA JUTA DUA RATUS LIMA PULUH RIBU RUPIAH ) untuk jurusan Ilmu Komunikasi. Uang segitu datang dari mana?? Hah?! *jual ginjal*
Selama menunggu pengumuman hasil SBMPTN, gue bikin planning, antara lain.
Kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang setahun lagi.
Kerja dulu nyari uang yang tersebut di atas.
Kerja tapi gak kuliah, gajinya buat beli gadget sebagai penunjang untuk jadi artis youtube.
Pacaran sama anak ilmu komunikasi.
Balikan sama mantan.
Menghasut mantan kalo sebenernya cowok gendut itu gak bagus untuk dipacarin.

Skip ke 1 bulan kemudian,
Setelah tes SBMPTN tersebut, gue tetep puasa sunah, pokoknya ibadah – ibadah sunah gue lakuin semua, doa gak putus – putus lah. Selama sebulan tersebut gue gak bisa tidur, gak enak makan, mandipun gak basah. Akhirnya yang ditunggu – tunggu dateng, tanggal 16 Juli, pengumuman SBMPTN. Hari itu serasa hari hidup dan mati, masa depan masuk Universitas ditentuin hari itu. Maunya gue sih, gue buber sama Neri+Muchi sahabat baik gue di SMK, jadi saksi keberhasilan gue atau seenggaknya jadi penghibur dan “penyelimur” jika gue gak lolos SBMPTN amit-amit! .
Tapi itu cuman sebuah rencana doang, si Neri gak bisa, kakinya keseleo pas futsal. Mau ngajakin Nia, Irwan, Mia ( temen panitia wisuda ) gue ngajak via BBM gak ada balesan. Akhirnya galau sendirian nunggu penentuan di rumah. Hih! Jam 2 siang setelah bantuin ibu bikin gorengan tahu isi buat jualan, gue solat terus sempetin baca Quran. Pengumuman masih 3 jam lagi, pengin rasanya muterin paksa jam. Akhirnya gue ngantuk, tertidurlah gue dalam posisi masih make sarung dan Quran di sebelah gue. Jam setengah lima gue bangun, tadi sayup – sayup sebelum berangkat jualan ibu pesen “jangan lupa nyapu rumah, tong. Itu piring di tjutji, pemehan dilempiti, sampah – sampah di Bantar Gebang dibakar..” “hmmmm” jawab gue.

Setengah lima sore, pengumuman setengah jam lagi, gue buka Twitter udah pada rebut tentang pengumuman SBMPTN, bahkan sempet jadi TTWW meskipun urutan buncit. Salah seorang temen ngingetin kalo pengumuman udah bisa dilihat, gue gak percaya, tapi dia ngotot kalo udah bisa udah dilihat. Gue browsing dari HP Nokiyem E63, servernya keknya down, lama banget kebukanya. Gue putusin untuk solat ashar dulu, nenangin diri, juga baca Quran selembar. Biasanya gue baca Quran urut, tapi kali ini gue putusin untuk baca acak, minta petunjuk kepada Allah. Gue lupa surah apaan dan ayat yang keberapa yang kebuka waktu itu, tapi gue inget artinya yang berbunyi “setiap amalan akan mendapat balasan” gue langsung merinding. Beneran! Suwumpah! Hati langsung nyess, gak galau lagi, gak takut gak lolos lagi, pokoknya deg – deg –degan itu gak ada, dan gue yakin – seyakinnya gue akan lolos. Si hape nokiyem gak ada tanda – tanda bisa membuka laman pengumuman tersebut, akhirnya uang celengan gue keluarin untuk beli pulsa di konter depan gang rumah, ngisi android
semarpret gue. Si Ibu udah dateng dari jualan, beliau nanya “gimana, tong?” “belum keluar buk, ini banyak yang ngebuka situsnya” gue jawab. Gue duduk ndelosor di samping kasur kamar gue, si Ibu lagi benerin jemuran yang gak gue lempiti karena gopoh dengan pengumuman. FYI, tempat jemuran sama kamar gue itu gabung, jadi si Ibu gak jauh – jauh dari gue waktu itu, beliau nungguin gue liat pengumuman. Setelah refresh – refresh lama, masih tetep aja gak bisa kebuka, 5 situs gak ada yang bisa semua, sempet putus asa, nyangka kalo ini adalah pertanda gue gak akan lolos, pasrah banget gue waktu itu.
Si adek ngusilin gue, gue hirauin aja.
“pada ngapain sih?”
“…..” jawab gue.
Setelah gue refresh laman pengumuman tersebut, akhirnya berhasil masuk ke situsnya, gue masukin nomor tes SBMPTN dan tanggal lahir gue, dan “YEAAAH AAAKKKKK!!!” gue jerit – jerit dan seketika nangis di pelukan ibu, si adek kabur, takut gue teriak – teriak. “yaampun lambenya!!” si Ibu kaget, “aku pergi ke Malang, bu!! Aku pergi ke Malang, Universitas Brawijaya!!” “udah – udah jangan nangis, gak apa – apa, kemanapun kuliahnya bakalan ibu cariin uang, jangan lupa solatnya, ini adalah pertanda Allah saya kita, blab la bla”.



Terimakasih ya Allah, Kau kabulkan semua doaku selama ini. *air mata berlinang kemudian jadi batu bara*
Tuh gaes, bukti KuasaNya yang nyata, bukti janjiNya yang mengabulkan doa hambaNya. Gue yang backgroundnya anak kurang pinter, udah lupa sama pelajaran sekolah karena udah gak pegang buku pelajaran 2 tahun, anak STM yang menyebrang ke IPS, yang ngisi soal – soal SBMPTN cuman modal doa, yang ngisi MATImatika cuman satu dan itupun salah, anak seorang penjual nasi kuning yang tidak pernah ikut bimbel untuk menghadapi SBMPTN bisa lolos dan masuk ke Universitas Brawijaya, kampus impian gue dari dulu, kampus yang katanya temen – temen gue susah masuk ke sana, kampus yang waaw pokoknya, bisa gue masuki secara nggeluyur hahaha. Tidak ada yang tidak mungkin selama Allah yang pegang kendali.
Itu cerita puanjang lebar gue mengikuti SBMPTN 2014, mari susul gue tahun depan! Semangat gaes!! \o/
0
12.1K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan