Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dimasgaharuAvatar border
TS
dimasgaharu
Cari Usaha Sampingan? 7 Usaha Ini Layak Kamu Coba


Usaha sampingan bisa agan dan aganwati pikirkan dan kembangkan bahkan sebelum agan lulus kuliah. Agan bisa meneruskan hobi agan yang menghasilkan uang atau mencoba usaha sampingan baru yang pastinya juga menguntungkan. Apa pun usaha sampingan yang agan lakukan, pilihlah yang menguntungkan dan menyenangkan, seperti di bawah ini, gan!

Bisnis Franchise

Salah satu keuntungan bisnis franchise ialah agan bisa memulai bisnis menggunakan merek yang sudah dikenal dan omzet keuntungan yang menjanjikan. Agan tidak perlu merintis merek usaha baru dari bawah. Namun, bisnis ini membutuhkan uang yang tidak sedikit untuk membeli paket franchise. Umumnya, ada beberapa pilihan paket dengan harga yang berbeda pula. Oleh sebab itu, selain mengumpulkan uang, agan bisa mencari tahu harga paket franchise pada berbagai unit usaha dan bandingkan harganya.

Buka Toko Online

Jenis usaha sampingan ini bisa dimulai tanpa pengalaman dan modal besar, gan. Caranya, agan bisa memulai dengan sistem dropship. Dengan sistem ini, agan menjadi perantara antara pembeli dan penjual. Keuntungan membuka toko online lainnya, tidak hanya produk orang lain, agan juga bsia menjual produk yang agan buat sendiri.

Agen Produk

Satu usaha lagi yang bisa agan mulai tanpa modal, yakni menjadi agen produk, seperti agen umroh haji dan agen asuransi. Selain itu, menjadi agen produk tidak harus terikat sehingga cocok dijadikan sebagai usaha sampingan. Agan hanya perlu menawarkan produk tersebut kepada orang-orang. Nantinya, agan akan mendapatkan komisi jika orang tersebut mendaftar sesuai dengan rekomendasi agan.

Usaha Sampingan Laundry Rumahan

Usaha ini membutuhkan modal untuk membeli mesin cuci, gaji pegawai, setrika, serta alat-alat pendukung lain. Usaha laundry ini bisa semakin menjanjikan jika rumah agan dekat dengan area kampus atau kos-kosan. Namun, jika sebaliknya, nggak perlu khawatir, gan, usaha ini tetap menguntungkan sekalipun hanya di lingkungan perumahan saja.

Usaha Sampingan Fotografi

Apa ada agan dan aganwati di sini yang berprofesi sebagai fotografer? Jika iya, agan bisa memulai usahan sampingan dengan membuka studio foto, terima pesanan foto pernikahan, atau foto kelulusan. Usaha sampingan ini cukup menjanjikan nih, gan, mengingat gaya hidup orang-orang saat ini yang selalu ingin mengabadikan setiap momen penting dalam kehidupan mereka.

Penulis Lepas

Menulis juga bisa dijadikan sebagai usaha sampingan. Agan bisa mencari pekerjaan menulis lepas di situs-situs untuk freelancer atau menulis untuk orang lain. Pendapatan dari menulis bisa berbeda-beda. Misalnya, bayaran yang dihasilkan dari menulis untuk website atau majalah mungkin tidak akan terlalu besar jika dibandingkan dengan menulis buku atau e-book.

Terima Pesanan Desain Grafis

Jika agan memiliki latar pendidikan atau pengalaman di bidang desain grafis, agan bisa memiliki usaha sampingan yang menjanjikan nih. Agan bisa menerima pesanan untuk mendesain logo atau merek untuk usaha orang lain. Agan juga bisa mendesain produk agan sendiri, seperti mendesain tas dan baju. Untuk mendesain produk sendiri, agan sebelumnya perlu mencari tahu mengenai ketersediaan bahan baku. Setelahnya, agan bisa mempromosikan dan menjualnya.



Setelah berhasil membuka usaha sendiri, jangan lupa untuk mengelola uang hasil keuntungan dengan baik. Guanakan uang tersebut untuk pengembangan usaha dan sisakan untuk investasi. Tidak perlu investasi yang rumit atau sulit, agan bsia mencoba investasi yang aman, seperti emas batangan. Apalagi saat ini, agan sudah bisa membeli emas batangan dengan mudah. Agan bahkan bisa membelinya dalam nominal kecil, seperti yang ada di Pegadaian atau aplikasi e-mas. Untuk aplikasi e-mas sendiri, agan bisa beli emas mulai dari Rp10.000,-an. Sebaliknya, gan jika belum membuka usaha, agan bisa membeli emas batangan sebagai salah satu cara untuk mengumpulkan modal. Saat nilai emas sudah mencapai modal yang dibutuhkan, agan bisa menjualnya.



Nah, jadi usaha sampingan mana yang ingin agan coba, nih?



Sumber Artikel
Diubah oleh dimasgaharu 09-10-2018 06:37
0
2.7K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan