madokafcAvatar border
TS
madokafc
Cluster Industri Pertahanan dan Potensi BUMN strategis Lainnya
Sejauh ini yang kita sama sama tahu, ada tiga cluster utama Indhan yang sebenarnya dibagi per matra jadi ada tiga Indhan Utama. Yaitu, PT PINDAD untuk industri pertahanan matra darat sebagai lead integrator nya, PT PAL untuk matra laut dan PT DI untuk matra udara.

Pada perkembangannya setiap indhan butuh dukungan industri lainnya sebagai supplier dan juga meneruskan mata rantai industri strategis Nasional yg seharusnya gak boleh putus dari awal sampai akhir alur hulu hingga hulunya. Lalu munculah nama PT LEN sbg supplier Software, IT, hingga penyedia ALKOM dan electronic suite , lalu ada lagi PT krakatau Steel sbg penyedia bahan baku baja, lalu PT dahana sebagai penyedia bahan baku peledak.

Sebenarnya masih ada beberapa BUMN dan SWASTA nasional yg potensial dikembangkan menjadi supplier teknologi dan parts support untuk Indhan. Yang potensial itu sementara ASTRA motor, PT INKA, dan PT barata Indonesia.

Bisa dilihat disini contoh kecil potensi PT Barata Indonesia

http://barata.com/id/bidang-usaha/foundry/
Itu foundry basik dasar dari Indhan lho, kalau ada minat investasi bisa dijadiin supplier untuk parts laras meriam caliber besar, atau penyedia parts kapal.

Btw, kalau ada tambahan silahkan buat didiskusikan
0
6.7K
31
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan