korek.gratisanAvatar border
TS
korek.gratisan
[Sharing Pengalaman ] Selalu Ada Peluang Bisnis Bagi Pemula
emoticon-Hai

Halo gan agan sekalian.. Mohon izin buat sharing pengalaman bisnis ane di Batam di mari ya.

Sebelumnya pernah kepikir buat buka bisnis tapi gak tau apaan dan gimana memulainya gak Gan ?
Menjalankan bisnis memang bukan perkara yang gampang, segampang merem doang bisa jadi dan terjalankan begitu aja. Tapi meski gak selamanya mudah bukan berarti kita gak bisa bikin usaha kan Gan.

Itu yang ane alami ketika baru pindah ke Batam 3 tahun lalu Gan. Waktu itu ane emang baru pindah ke Batam setelah menikah dengan bini ane yang tinggal di sana. Karena waktu itu bini ane harus nemenin bokapnya yang udah sepuh dan gak mau ngikut kita ke Jakarta, akhirnya ane yang memutuskan untuk cari pekerjaan di Batam.

Gaji sebagai karyawan sih menurut ane cukup lah untuk membiayai hidup ane dan bini sehari hari. Cuma ane merasa kalau sepertinya ane butuh cari usaha sampingan lainnya untuk tambahan pemasukan agar ane dan istri bisa nabung buat biaya pendidikan anak ke depannya.

Awalnya ane bingung mau jualan apaan. Secara ane masih ngantor kan. Jadi bingung mau bikin usaha sampingan apaan. Tapi melihat pertumbuhan dan perkembangan Batam menurut ane cukup pesat, ane sih optimis aja kalau pasti ada peluang usaha yang bisa ane coba jalankan.

Pikir punya pikir akhirnya ane dapat ide buat bikin usaha custom sarung bantal lukis. Ide ini tercetus gara-gara waktu itu ponakan ane mau ngasih bantal lukis custom buat hadiah kelulusan buat temannya dan dia sampai harus beli online buat beli itu barang. Padahal menurut ane ngapain jauh-jauh, kan bisa minta tolong sama bini ane. Bini ane kebetulan emang jago jahit dan ngegambar Gan. emoticon-Ngakak (S)

Eh dari celetukan iseng ini ane malah jadi penasaran buat nyoba bikin usaha ini beneran. Alhasil setelah ngobrol sama bini ane, kita sepakat buat nyoba bikin usaha ini. Dari sisi bini ane, dia tertarik banget buat ngejalanin ini karena ada aktifitas lain yang bisa ia kerjakan di rumah.



Akhirnya ane minta istri ane buat bikin beberapa sample sarung bantal lukis custom yang kemudian ane foto dan ane upload di instagram dan facebook yang udah ane bikin sendiri. Kita sepakat membagi tugas, Ane lebih berfokus di marketing (ceilah) sementara istri ane di bagian produksi.

Buat ngepromoin pun ane gak cuma di sosial media. Ane juga membawa bantal lukis custom bikinan istri ane buat dihadiahin ke teman kantor ane yang baru anniversary sama pasangannya. Lumayan buat promoin ke teman kantor.




Awalnya pesanan datang dari lingkup teman sendiri. Buat hadiah anniversary pacaran atau pernikahan dan ulang tahun biasanya. Tapi belakangan banyak juga pesanan datang dari lapak online ane. Karena biasanya pesanan datang gak langsung banyak, ane biasanya akan langsung antar ke customer. Cuma karena makin lama ane sering kesulitan nyari waktu buat nganter pesanan customer, akhirnya ane milih buat make layanan GO-SEND terutama buat nganter pesanan di dalam kota. Lumayan sih Gan, ngebantu banget buat nganter pesanan dengan cepat. Selain itu ane juga bisa mantau langsung pesanan sampai tangan pelanggan lewat live tracking. Jadi aman lah ya.

Alhamdulilah. Keuntungan yang didapat sampai sekarang juga udah lumayan lah Gan. Walau kadang sepi pesanan kadang ramai, alias musim musiman tapi ya namanya juga baru menjalankan usaha sendiri belum lama. Harus ekstra sabar sambil mikirin cara lain untuk mengembangkan usaha.

Tapi yang jelas kalau menurut ane sih buat agan yang mau bikin bisnis sendiri gak usah takut buat nyoba. Selalu ada peluang kalau agan mau nyoba kok.

Buat gan agan yang di Batam dan punya usaha sendiri boleh dong bagi tipsnya buat pemula kayak ane.

emoticon-Jempol
0
16.3K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan