OriginaliVespaAvatar border
TS
OriginaliVespa
[Tanya] curhat Tentang harga pasar wajar tanah atau bangunan
Permisi gan... Ane secara kebetulan dan tidak sengaja kebeli rumah... tapi .....

Pada akhir februari 2017 ane beli sebidang tanah seharga 50jt dari si B. Ketika nego2 harga terungkaplah bahwa si B memang sedang benar2 membutuhkan uang untuk operasi jantung dan secara kebetulan adik kandung saya dengan anak si B ternyata 1 kampus di JKT dan berteman baik... Ngobrol ngalor ngidul dengan si B. Si B mengatakan ingin jual mobilnya untuk tambahan operasi nya. Berhubung sudah saling kenal dan percaya saya tidak keberatan meminjamkan uang saya 150jt pada Maret 2017 karena sudah sangat mendesak. Dan beliau berjanji mengembalikan jika ada salah satu rumah beliau yang laku dijual nanti setelah operasi...

November 2017 saya butuh uang sedangkan si B belum punya uang. Sedangkan jika beliau gadaikan sertifikat rumahnya. Bank tidak bisa memberi kredit lagi. Dan beliau mengatakan salah satu rumahnya itu untuk saya saja sebagai pembayar 150 juta hutangnya sekaligus rasa terima kasihnya untuk saya karena sangat terbantu, sedangkan saya butuh uang bukan butuh sertifikat. Maka saya berniat menggadaikan sertifikat itu ke bank untuk memperoleh uang. Tapi bank ingin dibalik nama dulu sertifikatnya

Masalahnya... Ketika pengurusan AJB dan validasi PPh di KPP. Pihak KPP mengatakan harga 150 jt tersebut belum mencerminkan harga pasar wajar tanah yang menurut petugas 450jt.

Sedangkan si B bersikukuh tetap 150jt. Malah ngoceh2 suruh aja orang pajaknya beli seharga segitu nanti uangmu saya kasih 250jt kalo laku segitu. Si B sudah tua dan emosional sehingga menguasakan pengurusan validasi ke saya.

Yg ingin saya tanyakan
1. harga pasar wajar 450jt dapat darimana?
2. Apa yg harus saya lakukan. Disatu sisi saya sebenarnya bersedia saja membayar kekurangan pajak trsbt karena ketika memberikan sertifikat itu si B sudah bilang pajak balik nama kamu tanggung sendiri. Tapi kan saya membeli itu bukan karena banyak uang tapi pinjam uang ke bank. Bahkan saya sendiri pun sudah menawarkan ke beberapa pihak agar beli rumah. Tapi belum ada yg minat. Dan lagi kami benar2 transaksi 150jt. Bisa dibuktikan dengan RTGS di bulan maret 2017 sebesar 150jt.

Minta sarannya suhu2 disini... Terima kasih

nona212
nona212 memberi reputasi
1
3.4K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan