Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Danau-Danau Tercantik di Dunia yang Menanti untuk Kamu Kunjungi
Bagi kamu yang menyukai perjalanan wisata alam tentu akan sangat menikmati perjalanan mengunjungi danau-danau cantik. Rupanya, terdapat berbagai destinasi wisata danau cantik yang dapat kamu kunjungi ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi danau-danau tersebut.

Jika ada beberapa danau yang dibentuk oleh tangan-tangan manusia, yang lain sepenuhnya dibentuk oleh alam. Nah, kalau kamu adalah traveler yang menyukai perjalanan wisata alam, maka kamu juga dapat mempertimbangkan untuk mengunjungi danau-danau yang cantik ini.

Nah, apakah kamu penasaran dan ingin segera mengetahui lebih dekat tentang danau-danau yang terdapat di dunia? Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya dalam danau-danau tercantik di dunia yang menanti untuk kamu kunjungi.


1. Danau Plivitce, Kroasia

Danau Plivitce, Kroasia

Inilah dia salah satu danau cantik yang dapat kamu kunjungi ketika kamu memiliki kesempatan untuk menyambangi Kroasia. Ya, danau ini adalah Danau Plivitce.

Danau Plivitce merupakan salah satu tempat wisata yang sangat populer di Kroasia. Danau ini terbentuk dari danau kecil di satu danau besar dan terhubung langsung ke air terjun.

Pemandangan yang disuguhkan oleh Danau Plivitce sungguh sangat indah dan mampu membuatmu terpukau. Nah, danau ini rupanya telah terpilih untuk menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Pemandangan yang disajikan oleh Danau Plivitce juga semakin cantik karena dikelilingi oleh hutan dan pepohonan yang sangat cantik. Danau Plivitce terkenal dengan keindahan warna air danaunya yang sewarna dengan batu turquoise.

Jika dilihat dari permukaan sebenarnya danaunya sendiri terdiri dari 16 buah danau yang tampak menyatu. Danau-danau tersebut merupakan pertemuan beberapa sungai kecil serta sungai-sungai bawah tanah.

Keenambelas danau tersebut dipisahkan oleh semacam bendungan yang terbentuk secara alami dari endapan tanaman mati, lumut, ganggang, dan bakteri.

Daerah di sekitar Plivitce digunakan sebagai hutan lindung yang terbentang seluas 73.350 hektar. Di dalamnya terdapat banyak binatang, seperti beruang, serigala, rusa, babi hutan, kelinci, rubah dan luak.

Ada lebih dari 120 spesies burung yang menggantungkan kelangsungan hidupnya pada Taman Nasional Plivitce. Nah, karena itulah pemerintah Kroasia menjaga ketat taman nasional ini dengan melarang keras pengunjung untuk membuang sampah tidak pada tempatnya.


2. Danau Yucatan, Meksiko

Danau Yucatan, Meksiko

Inilah dia danau cantik lainnya yang dapat kamu kunjungi. Danau ini merupakan Danau Yucatan yang terletak di Meksiko. Danau Yucatan ini terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu.

Danau ini dikelilingi oleh gua-gua yang terbentuk dari kapur. Terdapat banyak legenda dan mitos yang tersebar di sekitar wilayah danau ini. Hal itulah yang mengakibatkannya menjadi semakin menarik dan misterius.

Danau ini juga sangat menarik karena terletak di dalam lebatnya hutan semenanjung Yucatan. Danau Yucatan ini sendiri terlihat seperti kolam kristal yang cantik.

Danau Yucatan sendiri terbentuk dari gamping (batu kapur) yang terkikis air hujan permanen. Dan oleh karena air hujan disaring batu kapur sejenis bunga karang, maka air kelihatan sangat jernih dan bening, dan tampak seperti terbuat dari kristal.

Nah, pernah ada pula penyelam yang menyelami danau yang cantik ini. Pada permukaan danau yang dangkal, kedalaman danaunya mencapai sekitar 1 meter. Namun, pada kedalaman danau yang dalam, danau yang satu ini tidak berdasar.

Nah, para penyelam ini pernah menyelami danau ini hingga mencapai kedalaman 160 meter tetapi masih belum mencapai dasarnya. Menurut kepercayaan suku Maya, kubang-kubang ini merupakan tempat tinggal dewa hujan sama halnya dengan Istana Naga dalam Legenda Tiongkok.

Mereka beranggapan bahwa hujan dari langit adalah hasil kunjungan dewa hujan. Hal ini menyebabkan mereka senantiasa memberikan “hadiah” untuk Dewa Hujan seperti barang perhiasan bahkan gadis cantik ke dalam lubang tersebut.


3. Danau Baikal, Rusia

Danau Baikal, Rusia

Rusia juga memiliki danau cantik yang dapat kamu kunjungi pada kesempatan liburanmu selanjutnya. Ya, danau tersebut bernama Danau Baikal. Danau Baikal adalah sebuah danau tertua, alami yang terletak di wilayah Siberia, antara Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara Rusia.

Danau tertua ini memiliki beberapa nama yang disebut Baygaal nuur (Danau Alam) yang dijuluki dengan Mutiara Siberia. Danau Baikal adalah danau air tawar dengan volume terbesar di dunia, yang mengandung sekitar 20% air tawar yang terdapat di permukaan bumi.

Danau Baikal merupakan danau air tawar terdalam di dunia dengan kedalaman sekitar 1.642 meter serta cahaya matahari bisa masuk hingga mencapai kedalaman 40 meter. Danau Baikal ini memiliki pemandangan yang sangat indah terutama pada waktu musim dingin hendak berakhir ketika danau tersebut membeku kemudian tiba-tiba mencair.

Sebagai salah satu danau air tawar terbesar dan tertua di dunia, Danau Baikal kemudian dianugerahi menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO. Bahkan diperkirakan Danau Baikal telah ada sejak 25 juta tahun yang lalu.

Danau Baikal sendiri memiliki keunikan karena selalu “berkembang” dan melebar sebanyak sekitar satu hingga dua centimeter setiap tahunnya.

Permukaan Danau Baikal menjadi permukaan danau terluas ketujuh di dunia, dan jumlah air yang tertampung di danau ini terhitung lebih banyak bila dibandingkan dengan gabungan lima danau Great Lakes Amerika Utara sekalipun.

Danau Baikal memiliki koleksi anjing laut serta beragam ikan dan invertebrata tembus pandang, termasuk cacing, aneka jenis udang, plankton, siput serta bunga karang.

Ya, ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Rusia, jangan lupa untuk mengunjungi Danau Baikal yang cantik ini.


4. Danau Reed Flute, Cina

Danau Reed Flute, Cina

Inilah dia sebuah danau cantik di Cina yang dapat kamu kunjungi ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Cina. Danau ini merupakan Danau Reed Flute.

Danau ini merupakan danau alami yang sangat cantik yang terdapat di Cina. Danau ini terletak di Guilin, Guanxi, Cina. Nah, danau ini terdapat di dalam gua kapur yang berusia lebih dari 180 juta tahun.

Gua kapur ini ditemukan sekitar tahun 1940-an dan di dalamnya kamu dapat menemukan Danau Reed Flute yang cantik. Nah, sejak saat itulah banyak traveler dari berbagai belahan dunia datang mengunjungi tempat ini untuk menyaksikan secara langsung kecantikan yang dimiliki danau ini.

Air danau yang jernih merefleksikan atap gua bahkan kadang memancarkan cahaya warna-warni seperti merah, ungu, hijau dan kuning. Danau ini terbentuk di dalam gua yang telah dibentuk sejak jutaan tahun yang lalu. Reed Flute ini merupakan gua alami yang terbentuk dari karst.

Danau ini terletak di Guillin, Guanxi, Cina. Nah, jika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Cina, jangan lupa luangkan waktumu untuk mengunjungi Danau Reed Flute yang satu ini.


5. Danau Peyto, Kanada

Danau Peyto, Kanada

Inilah dia sebuah danau cantik di Kanada yang dapat kamu kunjungi. Ya, danau ini adalah Danau Peyto di Kanada.

Danau cantik yang satu ini terletak di daerah Alberta, Kanada. Keunikan khusus yang dimiliki oleh danau ini adalah warnanya yang dapat berubah secara bertahap dan disesuaikan dengan musim yang sedang berlangsung.

Di danau yang cantik ini kamu dapat melihat airnya yang berwarna turquoise dan jernih. Nah, keindahan surge perairan hangatnya ini sangat mirip sekali dengan surge perairan hangat di Antigua dan Bora-bora.

Danau ini terletak 29 mil sebelah utara Icefields Parkway, di antara pegunungan Canadian Rockies. Danau ini merupakan sebuah danau cantik yang begitu indah jika ingin kamu abadikan dalam potret foto.

Untuk melihat pemandangan yang lebih dramatis dari danau yang panjangnya 1,7 mil ini berkelilinglah di hutan yang lebat menuju puncak gunung, lalu turun ke arah Bow Summit, titik tertinggi dari jalur taman kemudian ikuti jalur hiking untuk melihatnya.

Ketika mengunjungi danau ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan indah berupa pegunungan, hutan, bukit, dan lain-lain. Nah, keseluruhan pemandangan ini mampu membuatmu merasa takjub dan terpukau.


6. Danau Pink, Australia

Danau Pink, Australia

Untuk fenomena alam cantik lainnya yang dapat kamu kunjungi adalah Danau Pink yang terletak di Australia.

Danau Pink ini terletak di Hillier, Australia Barat. Danau ini benar-benar berwarna merah muda dan sangat cantik untuk kamu sambangi pada kesempatanmu berkunjung ke Australia. Jika kamu melihat fenomena alam ini dari atas, kamu akan dapat menyaksikannya seolah-olah ada susu atau jus strawberry yang ditumpahkan di atas mangkuk berwarna hijau.

Nah, hal ini karena di sekitar Danau Pink ini merupakan pohon-pohon dan hutan yang berwarna hijau. Panjang danau ini sekitar 600 meter. Warna pink sendiri berasal dari ganggang yang hidup di danau ini. Organisme ganggang yang terdapat di danau ini adalah Dunaliella salina dan Halobacteria yang berwarna merah.

Yang lebih menarik adalah ketika air yang terdapat di danau ini dimasukkan ke dalam wadah, kamu tetap dapat melihat air yang berwarna pink di dalam wadah tersebut. Air merah muda di Danau Hillier juga aman jika terkena kulit manusia. Wisatawan yang datang ke sini bisa bermain air atau bahkan berenang bebas di tengah danau.

Ketika mengunjungi danau ini, kamu bukan hanya dapat menyaksikan keindahan yang ditawarkan oleh Danau Pink. Ya, kamu juga dapat melihat keindahan pantai yang berada tidak begitu jauh dari Danau Pink ini. Pantai tersebut sangat indah karena memiliki pasir putih dan laut berwarna biru jernih.


7. Danau Malawi, Afrika

Danau Malawi

Inilah dia sebuah danau cantik di Afrika yang menanti untuk kamu sambangi pada kesempatan liburanmu mengunjungi Afrika. Danau ini merupakan Danau Malawi. Baru-baru ini Danau Malawi dikategorikan sebagai salah satu yang dilindungi yang juga menjadi salah satu danau terbesar dan terindah di seluruh dunia.

Danau ini telah terbentuk sejak satu hingga dua juta tahun yang lalu. Selain itu, danau ini juga merupakan rumah bagi banyak spesies ikan yang berbeda.

Danau Malawi ini adalah Danau Besar Afrika dan danau di Great Rift Valley Afrika Timur. Danau ini adalah danau terbesar ketiga di Afrika dan danau terbesar kedelapan di dunia yang terletak di antara Malawi, Mozambik, dan Tanzania.

Danau ini juga merupakan danau terdalam kedua di Afrika, namun sifat tenang di pantai utara tidak memberikan tanda-tanda kedalamannya. Danau yang besar ini dilaporkan perairan tropis merupakan habitat lebih spesies ikan dari danau lain di Bumi.

Nah, jika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Afrika, jangan lupa sempatkan waktumu untuk mengunjungi danau cantik yang satu ini.


8. Danau Melissani, Yunani

Danau Melissani, Yunani



Inilah dia sebuah danau cantik di Yunani yang dapat kamu kunjungi. Sudah tidak mengherankan lagi karena Yunani memang terkenal dengan banyak destinasi wisata cantiknya yang dapat kamu kunjungi.

Nah, salah satunya adalah Danau Melissani ini. Danau Melissani ini merupakan sebuah danau yang terletak di kawasan Kefalonia, dan dikelilingi oleh gua-gua dan hutan.

Lokasi danau ini sangat dekat dengan Karavomilos, sekitar 1 kilometer dari Desa Sami.

Danau ini sempat mengalami gempa yang meruntuhkan atap dinding gua, namun hal ini justru menimbulkan efek pantulan sinar matahari yang menakjubkan ke arah dinding-dinding gua letak Danau Melissani berada. Ada juga boat-boat yang telah menanti di luar danau yang siap mengantar anda berkeliling ke dalam gua.

Danau ini sendiri terletak di dalam sebuah gua. Gua tersebut terbentuk sekitar ribuan tahun lalu. Kemungkinan area di sekitar gua ini digunakan sebagai bentuk pemujaan dewa kuno.

Kini, danau bawah tanah yang terdapat di dalam gua ini merupakan salah satu objek wisata yang menarik di Yunani. Jika ingin, kamu juga dapat menyusuri gua bawah tanah ini untuk dapat merasa lebih dekat dengan danau cantik yang satu ini.

Yang lebih menyenangkan, kamu dapat menggunakan perahu untuk berkeliling di danau tersebut.

Dengan menggunakan perahu mini ini traveler bisa berkeliling danau sambil melihat keindahan stalaktit gua. Selain itu air danau yang jernih makin menambah elok pemandangan di sana, sesekali melongoklah ke permukaan air dan lihatlah betapa jernihnya air danau itu sehingga dasar danau pun terlihat dengan jelas.

Keunikan lain dari danau ini terletak pada posisinya. Ternyata meski berada di bawah tanah, air danau ini lebih tinggi ketimbang permukaan air laut yang jaraknya hanya 500 meter dari gua. Jika ingin mendapatkan sensasi yang lebih mengigit datanglah pada pagi hari saat sinar matahari menyinari gua dari lubang di atasnya.

Nah, jika kamu ingin melihat sendiri kecantikan danau ini, kamu dapat mengunjungi Yunani dan melihat lebih dekat danau ini.


9. Danau Tekapo, Selandia Baru

Danau Tekapo, Selandia Baru

Inilah dia sebuah danau cantik di Selandia Baru yang dapat kamu kunjungi dan saksikan sendiri keindahannya. Danau ini memiliki lebar sekitar 32 mil persegi.

Nah, Danau Tekapo ini merupakan salah satu danau terbesar dan paling banyak dikunjungi di Selandia Baru. Fakta menarik lainnya adalah danau ini terletak sekitar 2.300 meter di atas permukaan laut.

Selain itu, danau ini juga terkenal karena keindahannya dan berbagai resor yang berada di sekitar danau ini. Nah, ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Selandia Baru, jangan lupa sempatkan waktumu untuk mengunjungi Danau Tekapo ini.


Nah, itulah dia pembahasan mengenai danau-danau tercantik di dunia yang menanti untuk kamu kunjungi. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuanmu mengenai danau-danau terbaik di dunia.

Happy traveling!

SUMBER



0
1.9K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan