firakusAvatar border
TS
firakus
Laptop Kayak Apa Sih Yang Cocok Buat Pelajar/Mahasiswa Baru?

Ngomongin jadi pelajar atau mahasiswa baru pasti jadi keinget jaman-jaman ngalamin gimana rasanya ikutan ospek, dimana masih ngerasa canggung dengan teman baru dan lingkungan baru. Masa peralihan dari masa-masa SMA yang kemudian jadi anak kampus tuh emang ga ada duanya deh gan, dari mulai belajar serba mandiri sampai dengan punya temen baru yang masih kurang akrab sehingga mau pinjem sesuatu atau pinjam laptop tuh rasanya malu banget!. Sementara kalau pergi ngerjain tugas di rental komputer, otomatis bakal bikin bengkak biaya bulanan, kan mendingan ditabung dan bisa kebeli deh tuh laptop yang bisa ngebantu ngerjain tugas kuliah. Nah ngomongin soal laptop, kira-kira laptop yang pas buat pelajar atau mahasiswa baru tuh yang kayak gimana sih yang pas gan? Nih, buat lo yang berstatus pelajar atau mahasiswa baru dan berencana buat beli laptop, wajib perhatikan syarat ini biar ga salah pilih dan nyesel kemudian hari emoticon-Malu (S).

Processor

Jadi mahasiswa baru juga pasti bakal sedikit ngerasain capek dimana lo harus sibuk ngerjain tugas kuliah yang terkadang cara ngobatinnya diselingin nonton film, mainin game, atau online ngabsen di sosmed. Nah, tips pertama yang lo wajib perhatiin adalah kalo lo pilih laptop, pilihlan laptop dengan prosesor yang sudah terkini, misal intel core i5 atau Intel Core generasi ketujuh terbaru sehingga bisa ngeladeni semua akfitias yang lo lakuin. Kan ga lucu kalo lo punya laptop cuma bisa buat ngetik di Ms Word. Ga Cuma prosesor dari segi OS pun kudu dilihat juga gan, tar masih pake OS jadul! Ya, pastinya laptop yang lo mau bakal ga nge-lag buat nge-game atau nonton film HD!

Kalau Perlu cari Yang Desain Keren dan Ringkas!

Mungkin jaman dulu laptop banyak yang layarnya gede biar lebih nampol, tapi beratnya yang ga nahan gan! Digendong pake tas aja bisa-bisa bikin encok! emoticon-Ngakakemoticon. Tapi teknologi udah canggih gan, jadi laptop keluaran baru sekarang ini banyak yang memiliki desain tipis, keren, dan ringkas sehingga agan bisa masukin ke dalam tas, bisa dibawa kemana aja sehingga bisa ngerjain tugas bisa dari mana saja dan kapan saja tanpa harus kena encok emoticon-Big Grin.

Spesifikasi Mumpuni Buat Aktivitasmu

Biarpun agan bukan orang IT, tapi kalau mau beli laptop juga kudu perhatiin dari segi spesifikasinya gan. Jangan cuma lihat prosesor aja! Tapi seperti dukungan grafis, kapasitas RAM, Storage juga wajib lo cek bener-bener!. Terlebih lagi, agan pun kudu melek ngelihatin ketersediaan dari port sehingga bisa memudahkan dari segi konekivitas ketika ingin internetan ataupun kalo mau transfer data dari hard drive atau pun USB.

Amit-Amit Kalau Pake OS Bajakan, Gan!

Pake OS bajakan itu mungkin walnya mungkin enak, namanya juga gratis! Tapi lama-lama malah bisa bikin bermasalah gan! Makanya mau beli laptop ya cari yang udah pake OS terbaru dan pastinya Asli! Misalnya kaya laptop yang udah pake Windows 10 Homeyang enteng dan cepat proses start-up nya, booting ga lama yang akan membantu agan bisa ngerjain tugas jadi lebih cepat dan mudah.

Cari Laptop dengan Storage Lega

Buat apa beli laptop dengan storage gede, toh ane cuma buat ngerjain tugas kuliah gan? Eitss.. kita beli laptop juga kudu mikir panjang gan, toh dengan punya storage lega agan bisa nyimpen semua koleksi lagu, film, game, dan bisa nyimpen semua foto-foto kenangan agan di kemudian hari. Jadi agan ga perlu lagi keluar duit untuk beli hard drive eksternal ataupun harus ngantongin USB kemana-mana emoticon-Hammer2. Ada baiknya juga agan cari laptop yang hard drive udah menggunakan drive (SSD) terbaru, jadi proses menulis dan baca si hard drive lebih cepat.

Urusan Duit, Jangan terlalu Maksa Gan!

Ini yang sangat penting nih gan! Namanya juga pelajar/mahasiswa baru yang udah pasti duit cekak dan banyak kebutuhan lainnya. Jadi kalau mau beli laptop, ada baiknya untuk mempertimbangkan dari segi harga biar ga beratin dompet! Cari harga yang masih bisa terjangkau namun dengan kualitas dan fitur yang mumpuni. Misalkan cari laptop dengan baterai bertahan 14 jam sehingga bisa lembur tugas kuliah meskipun charger ketinggalan di tempat kos, ataupun cari laptop yang sudah didukung dengan audio stereo yang udah pake speaker stereo JBL dan Dolby Audio™ Premium biar dengerin musik atau mainin game suaranya lebih nampol.


Nah kalau udah pertimbangkan sederet hal di atas, boleh deh sekarang ente langsung meluncur ke toko laptop terdekat. Tapi kalau ane boleh saranin sih gan, mendingan ente ngankat Lenovo laptop series (IdeaPad 520s and IdeaPad 720s) yang secara spesifikasi dibekali dengan diperkuat oleh Intel® Core™ i7 processor generasi ketujuh terbaru, Thunderbolt™ 3 port yang super cepat, dan 512 GB SSD M.2 PCiE, dan mengusung bodi yang ramping, tipis, ringan di tas sehingga lo bisa ngerjain tugas dari mana aja dan kapan aja.

Nah, itu sedikit tips dari ane dan semoga bisa bermanfaat buat agan sista yang masih adaptasi jadi pelajar atau mahasiswa baru. Ingat yah gan, beli laptop jangan terlalu maksa tapi cari laptop yang harga miring tapi dengan teknologi dan fitur yang mumpuni biar semua aktivitas lo aman dan nyaman.

Buat agan yang lain yang mau nambahin, silahkan gan tambahin di mari agar bisa jadi referensi buat agan sista yang lain.
Diubah oleh firakus 25-10-2017 07:23
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
41.8K
283
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan