Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

micin.batanganAvatar border
TS
micin.batangan
Kenapa Keju Warnanya Kuning?


Keju terbuat dari susu. Warna susu itu putih, tapi kenapa keju warnanya kuning?

Betakaroten

Sapi penghasil susu makan rumput segar yang tumbuh alami. Rumput yang dimakan oleh sapi-sapi itu mengandung betakaroten. Zat betakaroten ini akan disimpan di dalam tubuh sapi dan masuk ke dalam susu. Saat diolah menjadi keju, zat betakroten yang ada di dalam susu akan memberikan warna kuning. Jadi, warna kuning pada keju itu berasal dari zat betakaroten.

Musiman



Sapi hanya makan rumput di musim semi dan musim panas. Di musim dingin, sapi lebih banyak makan jerami. Zat betakaroten pada jerami lebih sedikit, daripada rumput. Karena kandungan betakarotennya lebih sedikit, keju yang dibuat di musim dingin biasanya berwana putih, tidak berwarna kuning seperti keju yang dibuat di musim panas.

Susu Kambing dan Kerbau



Keju yang terbuat dari susu kambing dan susu kerbau juga berwarna putih. Kenapa begitu? Kambing dan kerbau sama sama makan rumput. Tetapi, zat betakaroten yang berasal dari rumput itu akan diubah menjadi vitamin A oleh kambing dan kerbau. Karena hal itu, keju yang dibuat dari susu kambing dan kerbau tidak berwana kuning.

Pewarna Alami

O iya, Teman-teman, beberapa pembuat keju biasanya memberikan pewarna kuning alami pada keju mereka. warna kuning alami itu biasanya mereka dapatkan dari jus wortel atau tanaman annatto. Dua pewarna itu sudah digunakan sejak lama.

Sekarang Teman-teman sudah tahu, kan, kenapa keju warnanya kuning?keju
0
3.5K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan