Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tabranis21Avatar border
TS
tabranis21
Stinkbug Bisa Pingsan Juga Setelah Mencium Bau Badannya Sendiri


Stinkbug adalah serangga yang digolongkan dalam kelompok hemiptera (kepik) yang terkenal dapat mengeluarkan bau yang tak sedap dari tubuhnya.

Menurut kalian, kalau kepik tersebut dipaksa mencium bau busuknya sendiri, apa yang bakal terjadi?

Para peneliti dari jepang melakukan penelitian terhadap serangga ini guna mencari tau misteri bau yang ia keluarkan, kepik yang di teliti ini bernama "kamemushi".

Kamemushi adalah salah satu spesies kepik yang sangat di benci di negara Matahari Terbit ini, dikarenakan baunya yang sangat menyengat.

Saking busuknya, mereka harus berusaha dengan sangat berhati-hati untuk membuang serangga ini ke tempat sampah.

Seperti apa sih baunya?

Tangkap seekor kepik hijau di kebun dan masukan ia ke lubang hidungmu. Hirup napas dalam-dalam, tapi awas, jangan sampe kepiknya ikut masuk ke dalem paru-paru ya, hehe...

Seperti itulah baunya kepik yang bernama kamamushi ini...

Bau busuk yang berasal dari kelenjar khusus yang berada di dada kepik ini untungnya tidak keluar terus menerus.

Bau tersebut merupakan sistem pertahanan yang digunakan ketika ia merasa bahwa keselamatannya terancam.

Sekarang yang menjadi pertanyaan, apakah kepik ini juga terpengaruh dengan bau busuknya sendiri?

sekelompok peneliti membuat dua buah kandang yang khusus dibuat untuk penelitian serangga ini. Pada kandang pertama ditambahkan fasilitas air purifier (pembersih udara) dan kandang kedua tidak.

Kemudian sebanyak 160 ekor stinkbug dibagi menjadi 2 kelompok dan dimasukan ke masing-masing kandang yang kemudian ditutup rapat-rapat.

Penelitian pun dilakukan. Seiring berjalannya waktu, tampaknya ada satu dua kepik yang mulai mengeluarkan bau busuknya di dalam kedua kandang.

Setelah 19 menit berikutnya, dan di dalam kedua kandang kini terlihat sudah dipenuhi oleh kepik-kepik yang bergelimpangan. Air purifier sepertinya tidak berpengaruh terhadap bau busuk mereka. Apa yang sebenarnya terjadi?

Ternyata diketahui bahwa jika seekor kepik kamemushi disimpan dalam sebuah kotak penyimpanan kecil dalam waktu yang cukup lama, racun bau yang ia keluarkan akan menyebar di tubuhnya sendiri dan akan membuat ia lumpuh kemudian pingsan.

Kepik itu akan pulih kembali jika kotak tersebut dibuka sesaat setelah ia pingsan, tapi jika kotak terus ditutup, si kepik akan mati di tempat.

Penjelasan lainnya menyebutkan bahwa jika sekumpulan kepik kamemushi disimpan dalam sebuah kotak kecil dan ada satu kepik yang mulai mengeluarkan bau busuknya, maka bau ini akan dianggap sebagai tanda bahaya bagi kepik-kepik lainnya, hasilnya bisa ditebak.

Semua kepik pada kotak tersebut akan mulai mengeluarkan bau busuk mereka satu persatu. Hasilnya, semua kepik dalam kotak itu akan pingsan rame-rame.

Nah, jadi sekarang jelas sudah bahwa racun bau yang dikeluarkan oleh stinkbug dapat berpengaruh kepada mereka sendiri.

Pesan moral dari percobaan ini: Walaupun kamu bukan kepik, jangan kentut sembarangan, apalagi di ruangan yang tertutup.
0
2.7K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan