Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

akiratradingAvatar border
TS
akiratrading
9 Kategori Besar Kecerdasan Manusia


SELAMAT PAGI ! KETEMU LAGI KITAAA :banggapakebatik

Pagi-pagi gini enaknya ane share ilmu dan pengetahuan buat semua kaskuser disini yang udah bangun dan udah seger (yang masi molor rejekinya dipatok ayam) hehehe....

Kali ini ane tertarik untuk explore masalah Bakat. Bakat itu apa sih ? Ada yang bilang bakat itu Gift, ada pandangan yang bilang Bakat itu Embrio kesuksesan yang jika seseorang ga punya bakat maka orang tersebut ga akan pernah sukses sekeras apapun usahanya.
Nah kali ini ane mau Luruskan hal-hal seputar Bakat !

Menurut " Ane " Bakat itu adalah Gift/Karunia yang di berikan utuh lengkap dan menyeluruh dan Diterima oleh semua orang dengan sama besarnya dan sama lengkapnya Tanpa Terkecuali. Sehingga semua orang memiliki embrio untuk sukses di dalam dirinya.

Namun, Kesuksesan itu hanya akan terwujud jika Bakat/Embrio tersebut berhasil berkembang optimal alias di Latih/ di Asah agar siap menghadapi persaingan.

Nah umumnya orang menganggap bahwa orang sukses memiliki bakat tertentu di bidang tertentu sehingga dia bisa sukses, sementara orang lain tidak sukses karena ga punya bakat. Itu Keliru ! Berbaik sangkalah kepada Yang Maha Pencipta. bahwa Yang Maha Pencipta itu adalah Dzat yang Maha Adil. dan ga mungkin mendzalimi makhluk-Nya.

Agar kalian tahu lebih jelas dan jadi lebih bersyukur akan saya paparkan Kategori Besar Kecerdasan Manusia dengan lengkap disini . Mari Di Simak :




Naturalist Intelligence



Naturalist Intelligence ialah kecerdasan memahami ,menikmati,menyelaraskan hidup dengan alam. Buat kamu yang mencintai lingkungan, mampu mengenali sifat dan tingkah laku binatang, menyukai kegiatan di luar (alam) dan mampu meresapi alam dalam sudut pandang luas milikmu sendiri , Artinya kamu menonjol dalam kecerdasan naturalis, biasanya mereka memiliki kemampuan lebih baik dalam melatih diri secara otodidak serta beradaptasi dalam lingkungan baru. Contohnya pendaki gunung, pemburu, pemandu wisata, petani, nelayan, dan lainnya.


Art Intelligence



Kamu cepat memahami nada, ritme, intonasi , serta seni rupa-rupa ? Artinya kamu menonjol dalam kecerdasan citarasa seni, sehingga kamu mampu memahami suatu seni jauh lebih dalam daripada orang lain memahaminya.

Mereka juga mampu untuk mengembangkan, mengekspresikan, dan menikmati bentuk–bentuk musik dan gambar rupa, serta kemampuan memainkan alat pendukungnya. Contohnya, para musisi, pencipta lagu, penyanyi, sutradara, seniman lukis, pemahat , fashion style dan lainnya.


Logical-Mathematic Intelligence



Kamu mudah membuat klasifikasi dan kategorisasi, berpikir dalam pola sebab akibat, menciptakan hipotesis, dan pandangan hidupnya bersifat rasional? Itu adalah ciri-ciri kamu menonjol dalam kemampuan kecerdasan matematis-logis.

Kecerdasan ini terkait dalam hal angka dan logika. Mereka yang menonjol dalam kecerdasan ini memiliki kemampuan berpikir yang sistematis deduktif dan induktif, mereka juga lebih cepat tanggap dengan masalah, dia bekerja secara berurutan atau sistematis. Contohnya seperti fisikawan, akuntan, programmer, pedagang dll


Existential Intelligence



Kalau dalam hidup kamu memiliki banyak pertanyaan tentang hakekat segala sesuatu, mempertanyakaan tentang keberadaan diri sendiri seperti kenapa saya hidup di dunia ini. Artinya kamu cenderung pada kecerdasan eksistensial.

Mereka yang cenderung pada kecerdasan ini juga mampu menjawab persoalan-persoalan terdalam eksistensi atau keberadaan manusia, baik itu makna, tujuan. Cocok menjadi filsuf , ahli mental , motivator, dll sbgnya


Interpersonal Intelligence




Kalau kamu bisa membedakan berbagai macam emosi, mudah mengakses perasaan sendiri, menggunakan pemahamannya untuk memperkaya dan membimbing hidupnya, suka meditasi, dan lebih suka kerja sendiri. Artinya kamu cenderung pada kecerdasan intrapersonal.

Orang-orang dengan kecerdasan ini memiliki kemampuan untuk mengerti dan peka terhadap perasaan, motivasi, watak, dan temperamen orang lain. Kemampuan yang menonjol dalam berelasi dan berkomunikasi dengan berbagai orang. Contohnya komunikator, fasilitator, guru, dan politisi.


Kinesthetic Inteligence



Buat kamu yang menikmati kegiatan fisik (olahraga), cekatan dan tidak bisa tinggal diam, berminat dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan gerak dinamis. Artinya kamu cenderung pada kecerdasan kinestetik-jasmani.

Mereka yang cenderung pada kecerdasan ini memiliki kemampuan tubuh atau gerak tubuh untuk mengekspresikan gagasan dan perasaan. Contohnya atlet, penari, militer dll


Linguistic Intelligence



Kalau kamu dapat berargumentasi, bisa meyakinkan orang lain, menghibur atau mengajar dengan efektif lewat kata-kata, membaca dan dapat mengartikan bahasa tulisan dengan jelas, dan mampu mengolah kata–kata secara efektif baik secara lisan maupun secara tertulis. Artinya kamu menonjol dalam kecerdasan linguistik.

Mereka juga menikmati aktivitas seperti menulis, membaca, bercerita atau pidato & ceramah. Contoh yang tepat pada kemampuan ini seperti editor, blogger, jurnalis, dramawan, sastrawan, juru bicara, dll


Intra-personal Intelligence




Jika kamu mampu menghadapi orang lain dengan penuh perhatian, terbuka, menjalin kontak mata dengan baik, menunjukan empati pada orang lain, mendorong orang lain menyampaikan kisahnya. Artinya dalam diri kamu cenderung memanfaatkan kecerdasan interpersonal yang lebih.

Kecerdasan untuk mengerti dan peka terhadap perasaan, intensi, motivasi, watak, dan temperamen orang lain. Mereka cenderung memiliki kelebihan dalam gabungan antara perkembangan dan pertumbuhan tingkat kematangan dua sisi (pribadi dan orang lain). Contohnya networker, negotiator, guru, dosen, psikolog, dll.


Spatial Intelligence



Kecerdasan ini membuat kita sanggup membayangkan sesuatu seakurat mungkin dalam arti memperhitungkan jarak, volume, bentuk, detail, pola, warna dan ciri-ciri fisik dari sebuah objek yang berwujud maupun akan diwujudkan. Makin cerdas kemampuan spasial seseorang, maka semakin akurat kemampuannya dalam menyusun sebuah bentuk.
Contoh profesi dalam pembuatan peta, maket bangunan , ahli formasi perang kolosal , dll

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Ingat ya gan Semua kategori kecerdasan yang saya paparkan diatas sudah tertanam di dalam diri agan semua. Tanpa Terkecuali. itulah mengapa kata memiliki ane ganti dengan kata menonjol atau cenderung
Sehingga yang membedakan tingkat kesuksesan seseorang hanyalah setekun apa anda mengasahnya agar siap bersaing dengan dunia luar.




Sekian dulu pembahasan ane semoga bermanfaat
Jika Berkenan Rate / Bagi Cendol ya


Sumurrr Dengan Banyak Modifikasi Yang Dianggap Perlu







Diubah oleh akiratrading 24-10-2017 04:16
0
1.6K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan