Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

guritamerahAvatar border
TS
guritamerah
4 Kategori Pengguna Facebook, Agan yang Mana?


Agan pengguna Facebook? Sama dong ane juga! Kalo ane perhatiin nih, Facebook dan segala persosmed-an di dunia maya ini rame banget pas mau Pilkada Jakarta kemarin, duh mana sebentar lagi Pilpres. Tapi kalo diteliti lebih lanjut, pengguna tiap-tiap platform media sosial itu beda-beda loh gan.



Jadi menurut Tom Robinson dari Brigham Young University, setidaknya ada 4 kategori pengguna Facebook gan.

Relationship Builders



Facebook dipake sebagai sarana silaturahmi, ngobrol sama temen lama, istilahnya memperkuat tali persaudaraan dan pertemanan nih gan. Bener-bener fungsi dasar Facebook dimana jadi sarana buat saling berhubungan satu sama lainnya.

Window Shoppers



Ini yang kedua nih, bisa dibilang dia pake FB dan medsos lain cuma buat punya aja. Jadi nggak ketinggalan jaman kayak orang-orang jaman sekarang. Intinya cuma sebatas mereka tetap terhubung dengan orang lain. Pengguna yang masuk kategori ini jarang banget update status, cuma pengamat aja.

Town Cries



Buat tipe ketiga, Facebook digunakan oleh para aktivis, jurnalis atau pihak yang punya kepentingan buat menyuarakan sesuatu. Bisa dibilang Facebook ada magic box di mana orang-orangnya sangat reaktif terhadap isu-isu besar yang lagi berkembang untuk dibicarakan di Facebook. Tipe pengguna ini juga bisa dibilang sering sharing informasi yang kadang belum diketahui kebenarannya karena mereka asal membagikan info yang mereka anggap penting. Tapi meski aktif, mereka nggak membuka diri tentang info pribadinya ke publik di Facebook.

Selfies



Ini karakter yang bisa dibilang pake Facebook buat caper. Selain buat pencitraan, juga buat validasi diri. Mereka paling suka nih ngejar like dan comment di apapun yang mereka update. Semakin banyak notifs, semakin dia merasa keren dan merasa diterima oleh orang-orang yang jadi friends di Facebook-nya.

Kalo agan, masuk kategori yang mana nih?emoticon-Toast

Sumur
0
12.8K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan