odiefAvatar border
TS
odief
Siapa Wajah-wajah yang Terpampang di Lembaran Uang Dollar Amerika Serikat?



Assalammu'alaikum Warahmatullah Wabarokatuh

Halo gan... kalo kita perhatikan lembaran uang kertas dollar, disitu terpampang wajah-wajah tokoh terkenal Amerika Serikat. Beberapa dari kita mungkin sudah mengenal siapa mereka. Namun ada juga beberapa dari mereka yang agan belum tahu. So... mau tahu siapa mereka itu gan ?

Cekidot !

$1.00
George Washington



Adalah presiden pertama Amerika dan The Founding Father. Wajahnya pertama kali muncul di lembaran dollar pada tahun 1869 (7 tahun setelah uang kertas dollar dicetak dalam bentuk print). Secara umum waktu berlakunya penggunaan pecahan $1,00 ini hanya 18 bulan saja akibat seringnya dipakai sbg alat tukar dalam jual beli.

$2.00
Thomas Jefferson



Adalah salah satu dari perancang serta penulis Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat. Wajahnya muncul sejak tahun 1869. Pada tahun 1900-an pemerintah Amerika Serikat telah berupaya untuk meningkatkan popularitas pecahan ini, namun dinilai gagal.

$5.00
Abraham Lincoln



Merupakan presiden Amerika ke-16. Lincoln berjasa terhadap dihapuskannya perbudakan serta menyelamatkan kubu Union ketika Amerika Serikat sedang dilanda perang saudara. Wajahnya terpampang sejak tahun 1914. Pada tahun 1964, terdapat tambahan tulisan pada uang ini dengan kalimat "In God We Trust".

$10.00
Alexander Hamilton



Adalah menteri keuangan pertama Amerika Serikat. Dia adalah salah satu dari dua orang yang wajahnya terpampang di lembaran dollar selain pejabat presiden. Perlu diketahui bahwasannya pecahan $10.00 sebelumnya (pada tahun 1861) adalah bergambar wajah Lincoln.

$20.00
Andrew Jackson



Merupakan presiden Amerika Serikat ke-7 yang dinilai sangat berpihak kepada partainya. Wajahnya menggantikan wajah Clevelland di pecahan $20.00 pada tahun 1928. Karena sikap politiknya tersebut, berbagai petisi telah di munculkan untuk menghilangkan wajahnya, namun hingga kini tidak berhasil.

$50.00
Ulysses S. Grant



Adalah presiden Amerika Serikat ke-18, yang juga dikenal sebagai salah satu jenderal ketika terjadi perang saudara. Wajahnya muncul pertama kali pada tahun 1913. Pada tahun 2005 dan 2010. Konggres Amerika mengadakan voting untuk mengganti wajahnya dengan Ronald Reagan. Namun upaya itu gagal.

$100.00
Benjamin Franklin



Muncul pertama kali pada tahun 1914. Dia adalah orang kedua yang wajahnya terpampang di US bills selain presiden. Ben adalah seorang tokoh yang sangat terkenal di Amerika Serikat, dan dia adalah seorang Polymath (seseorang yang memiliki kemampuan dan bakat di beberapa bidang)


Selain diatas ternyata masih ada beberapa uang kertas Dollar Amerika Serikat yang terhitung LANGKA dan jarang kita temui di pasaran serta memiliki nilai nominal lebih tinggi .

Ini dia ....



$500
Adalah presiden Amerika Serikat ke-25, Mc Kinley. Ia dibunuh pada tahun 1901 ketika masih menjabat. Wajahnya pertama kali muncul dalam lembaran dollar tahun 1928


$1,000
Lembaran dollar kali ini memuat wajah Clevelland, presiden Amerika Serikat ke-22 dan ke-24. Lembaran uang ini telah dihentikan produksinya. Sebagai catatan bahwa lembaran $1,000 ini tercatat sebagai lembar uang "termahal" yang pernah dibuat. "Grand Watermelon" (adalah julukan yang diberikan kepada lembaran uang ini) produksi tahun 1890 pada tahun 2006 telah terjual pada seorang kolektor dengan harga sebesar $2,3 Million atau senilai 30,6 Milyar rupiah.


$5,000
Diterbitkan sampai 1969, menampilkan wajah James Madison dikenal sebagai bapak konstitusi Amerika Serikat. Dimasa denominasi pecahan ini kurang banyak digunakan. Hingga saat ini diperkirakan hanya ada 342 lembar pecahan $5,000 yang beredar di pasar.


$10,000
Uang ini adalah denominasi mata uang Amerika Serikat yang pernah diedarkan di publik. Pecahan ini menampilkan wajah Salmon P. Chase seorang menteri keuangan dijaman Presiden Abe Lincoln. Hingga saat ini jumlah lembaran uang ini ada kurang lebih berjumlah 336 lembar.


$100,000
Adalah pecahan dollar terbesar Amerika Serikat yg pernah dicetak dalam sejarah. Menampilkan wajah Woodrow Wilson presiden Amerika Serikat ke-28. Bagaimanapun pecahan ini tidak pernah beredar di publik dan hanya digunakan oleh Federal untuk mentransfer uang pada masa kejatuhan perekonomian Amerika Serikat (Great Depression)


Oke gan... itu dia sekilas info tentang wajah-wajah yang 'nampang' di pecahan uang kertas US dollar. Semoga bermanfaat. Terimakasih

Wassalammu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sumber : https://visual.ly/community/infographic/politics/presidents-your-money
Diubah oleh odief 02-09-2017 14:02
dellesology
dellesology memberi reputasi
3
89.5K
178
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan