barabarcelonaAvatar border
TS
barabarcelona
Panjat Tebing Asik di Badega Gunung Parang, Purwakarta
Hallo guys ketemu lagi bersama ane Bara sang traveller suppper sejatiemoticon-Matabelo emoticon-Jempol emoticon-Cool . Setelah menjelajahi gunung dengan cara mendaki setapak demi setapak itu sih udah biasa bagi aneemoticon-Leh Uga , nah sekarang ane mau ajak agan dan aganwati mendaki gunung dengan cara panjat tebingemoticon-Wow . Gunung yang ane mau panjat adalah Gunung di Jawa Barat bernama Gunung Parang yang terletak di Purwakartaemoticon-Matabelo . Badega berasal dari bahasa Sunda yang berarti penjaga jadi badega Gunung Parang adalah Penjaga Gunung Parangemoticon-Cool . Sebelum masuk cerita nyok kita liap mapnya
Spoiler for Map:

Mudahkan jalannya, sebenarnya kalo ikutin map dengan benar jalan tidak sulit kok ganemoticon-2 Jempol. Nah diperjalanan kali ini seperti biasa ane ditemani oleh 4 temen aneemoticon-Salaman . Langsung kita perkenalkan travellernyaemoticon-Matabelo
Spoiler for Bara a.k.a Mpunya Trit:

Spoiler for Bagus a.k.a Mr Garing:

Spoiler for Iyan a.k.a Mbel:

Spoiler for Bernard a.k.a Kokoh:

Spoiler for Lucki a.k.a Chun:

Nah itu temen-temen ane yang akan ada di trit iniemoticon-Ngakak. Gak usah banyak perkenalan nyok langsung ke ceritanyaemoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2
Day 1, 15 Juli 2016
Awal perjalanan dimulai dari rumah ane di Bambu Apus Jakartaemoticon-Matabelo . Malam itu tanggal 15 kami berencana berangkat jam 21.00 namun ya gimana ada problem 2 temen ane terlambat emoticon-Mewek jadi kami berangkat jam 23.00emoticon-Matabelo
Spoiler for Suasana Menunggu 2 Temen Telat:

Setelah semua orang lengkap kami langsung berangkat dehemoticon-2 Jempol. Kami tidak langsung ke Purwakarta melainkan santai dulu di RM dan Motel Saung Lembu yang berada di Sumedang emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol dengan jalan seperti ini
Spoiler for Tol:

Akhirnya kami tiba di RM dan Motel Saung Lembu jam 01.00emoticon-Mewekdan inilah hal yang langsung kami lakukan
Spoiler for Tidur:

Day 2, 16 Juli 2016
Pagi jam 06.00 kami bangun untuk siap-siap dan sarapanemoticon-Jempol. Kami sudah siap untuk perjalanan epic ini jadi bangun cepatemoticon-Ngakak .
Spoiler for Kegiatan Pagi:

Pejalanan menuju Gunung Parang dimulai jam 08.30 emoticon-Jempolkami masuk ke tol Cipali dan keluar di pintu tol Kalijati dengan jalan yang kosong emoticon-2 Jempol emoticon-Jempol
Spoiler for Jalan:

Kami tiba di Perwakarta jam 10.00 itu masi terlalu pagiemoticon-Ngakakkarena kami janjian dengan Aa Baban (pemandu perjalanan Gunung Parang) itu jam 13.00 jadi kami memutuskan untuk jalan-jalan sekalian cari pokemon (maklum sekarang jamannya Pokemon) emoticon-Ngakak di Taman dan Air Mancur Sri Baduga yang jadi pusatnya Purwakartaemoticon-Matabelo . Jadi inilah kami waktunya kami emoticon-Motret
Spoiler for Taman dan Air Mancur Sri Baduga:

Setelah puas jalan-jalan di Pusatnya Purwakarta kami lanjut menuju ke Gunung Parang jam 11.30 emoticon-2 Jempol. Waktu perjalanan dari Sri Baduga ke Gunung Parang tidak begitu jauh namun bukan kami kalo tidak nyasaremoticon-Ngakak emoticon-Ngakak . Perjalanan kesena melewati gunung, sabana, pokoknya banyak deh seperti ini
Spoiler for Perjalanan:

Dan akhirnya kami sampai di basecampnya emoticon-Matabelo
Spoiler for Sampaiii:

Setelah sampai kami bertemu dengan Aa Baban dan jalan sebentar menuju tempat registrasi dan pembayaranemoticon-Jempol. Biaya untuk sekali mendaki dengan tinggi 300m seperti kami adalah Rp 150.000 dan juga biaya sewa ground tenda sebesar Rp 25.000 emoticon-Jempol .
Spoiler for Guide Gokil:

Setelah bayar dan registrasi kami melanjutkan perjalanan ke Pos untuk medirikan tenda dulu sekitar jam 14.00emoticon-Ngacir2. Jam 14.30 kami sudah sampe di pos tenda emoticon-2 Jempol . Setelah itu kami langsung mendirikan tenda untuk mempercepat pendakian emoticon-Cool . Namun apadaya saat kami mendirikan tenda hujan pun datang emoticon-Mewek alhasil kami berlindung dulu di 1 tenda yang sudah jadiemoticon-Leh Uga . Setelah tenda dan makan siang dahulu kami pasang alat keamanan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkanemoticon-Wow .
Spoiler for Safety First:

Setelah semua siap baru deh kami mulai memanjat Gunung Parang jam 15.30emoticon-Cool. Jadi inilah acara inti kami Panjat Tebing Badega Gunung Parangemoticon-Matabelo emoticon-Jempol emoticon-Ngacir2 emoticon-Wow
Spoiler for Panjat Trus:

Sebenarnya bagi ane panjatnya itu seru abis emoticon-2 Jempoltrus di jalan datar juga seruemoticon-Cool nah masalah yang paling bikin ane cape itu saat turun dari Gunung Parangemoticon-Cape deeehh . Turun itu cape karena ane harus menumpu berat badan ane di kaki alhasil kaki menjadi pegeelemoticon-Sorry . Perjalanan kami turun gunung belum berakhiremoticon-Matabelo . Nah ini pict kami turun jam 18.30emoticon-Matabelo emoticon-Motret
Spoiler for Night Hiking:

Akhrinya kami sampe basecamp lagi jam 19.30emoticon-Matabeloemoticon-Leh Uga dengan kaki yang sudah lelah. Perjalanan kami cukup lama karena selain kami telat setengah jam harusnya jam 15.00 ditambah diatas juga hujan jadi kami neduh selama 20 menitemoticon-Cool . Setelah sampai di bescamp lagi kami santai-santai dahulu karena kaki bener-bener susah gerakemoticon-Ngakak .
Spoiler for Santai di Basecamp:

Setelah istirahat selesai Kokoh, Chun, dan Mbel langsung naik lagi ke tenda sedangkan ane sama Mr Garing turun lagi untuk mandiemoticon-2 Jempol. Setelah ane dan Mr Garing selesai mandi kami langsung naik lagi untuk tidur di tendaemoticon-Jempol . Ketika kami diatas ada kabar buruk menimpa kamiemoticon-Mewek , ternyata tenda 1 kami basah kena hujan siangnya dan 1 tenda kami juga diserang oleh semutemoticon-Sorry emoticon-Mewek . Alhasil malem itu ane dan kokoh memilih untuk tidur di luar diatas panggung anyaman bambu dengan sleeping bag yang anget bangetemoticon-Cool . Mr Garing dan Chun tidur di tenda bocor yang sudah dikeringkanemoticon-Leh Uga . Jadi akhirnya kami bisa tidur jam 21.30emoticon-2 Jempol emoticon-Jempol emoticon-Ngakak
Day 3, 17 Juli 2016
Awal hari ke-3 kami mulai dengan bangun pagi jam 04.30emoticon-Leh Uga untuk melihat sunriseemoticon-Cool . Jadi peralatan sudah siap jadi ane foto dulu jam 05.00 emoticon-Motret
Spoiler for Morning:

Dari atas agan bisa lihat Waduk Jatiluhur dan Kota Purwakarta lohemoticon-Matabelo. Adapun kegiatan kita di pagi itu
Spoiler for Kegiatan Pagi:

Akhirnya matahari terlihat walaupun sempat terhalang oleh awanemoticon-Matabelo
Spoiler for Matahari Muncul:

Matahari telah keluar saatnya kami foto-foto narsis emoticon-Cool
Spoiler for Narsis:

Sudah puas dengan foto narsis kami beres-beres tenda dan jangan lupa membawa sampah turun untuk di buang di tempat sampahemoticon-2 Jempol. Kami berangkat dari Gunung Parang jam 08.00 menuju Rumah Makan Sate Maranggi Cibungur karena laper sudah menderaemoticon-Toast .
Spoiler for RM Sate Maranggi Cibungur:

Akhirnya kami berangkat lagi jam 10.00 dan sampai Jakarta jam 12.00 lalu kami pulang ke rumah kami masing-masingemoticon-Jempolemoticon-2 Jempol . Jadi itulah cerita perjalanan ane selama di Gunung Parang kalo mau tau videonya bisa dilihat di bawah

Menurut ane perjalanan ane kali ini sangat epic karena ane bisa mendaki gunung bukan dengan jalan biasa melainkan menggunakan tangga besi yang naik bisa sampe 90' namun ane saranin kalo badan sakit atau merasa lemah jangan mendaki karena memanjat tebing seperti ini sangat melelahkanemoticon-2 Jempolemoticon-Jempol. Oiya gan kalo mau cari tau info lebih lanjut dan juga butuh guide bisa hubungi 081322117942 a.n Babanemoticon-Salaman . Akhir kata ane ucapkan