lufykarimunjawaAvatar border
TS
lufykarimunjawa
KARIMUNJAWA INFORMATION CENTER [ Always Update !! ]

Halo agan kaskuser semua !! Salam kenal, ane bikin thread sehubungan dengan karimunjawa karena ane tinggal di karimunjawa lebih dari 3 tahun dan sampai sekarang ini masih juga di karimunjawa, dan semua info ini ane persembahkan kepada seluruh kaskuser yang ingin pergi ke pulau ini atau bahkan hanya sekedar ingin tahu, dan info2 seputar karimunjawa akan selalu ane update selama ane tinggal di pulau ini, (karena selama ini kalau ane jalan2 keluar kota selalu aja ada kaskuser regional yang ramah, bantuin ane info soal transport akomodasi dan dll, so ane bikin trit ini sebagai rasa terima kasih ane ke kaskuser)
Oya nanti kalau mau tanya2, temenan, atau minta dikawal waktu berlibur di karimunjawa, tapi jangan minta dibayarin ya hehehe
bisa add ane di :

LINE : luffykarimunjawa
FB : Luffy karimunjawa
atau follow IG ane @luffykarimunjawa
so langsung aja, cekidot gan !!



ABOUT
Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara. Letaknya ada di sebelah utara kota jepara, jawa tengah.
Untuk Detail geografis dll googling aja yah skip skip males bagian ini hehehhe

PULAU KESELURUHAN
Yang berpenghuni:
Karimunjawa (Pulau Utama dimana tempat pelabuhan, bank, alun-alun, homestay dan hotel berada)
Kemujan (Pulau Utama kedua dimana tempat hutan mangrove, warga etnis bugis dan bandara berada)
Nyamuk
Parang
Genting

Yang tidak berpenghuni:
Menjangan Besar
Menjangan Kecil (Lokasi ayunan Nadine chandrawinata waktu syuting MTMA dan berdekatan dengan spot snorkel)
Cemara Besar (Pulau untuk tour biasa dipakai untuk makan siang)
Cemara Kecil (Pulau untuk tour biasa dipakai untuk makan siang)
Geleyang (30 ha) (Pulau untuk tour biasa dipakai untuk makan siang, tapi jarang yang biasa kesini krn lokasi agak jauh)
Burung
Bengkoang (92 ha)
Kembar (11,2 ha)
Katang (2,8 ha)
Krakal Besar (2,8 ha)
Krakal Kecil (2,8 ha)
Sintok (Pulau untuk tour biasa dipakai untuk makan siang)
Mrican
Tengah (Pulau untuk tour biasa dipakai untuk makan siang tapi medio tahun 2014 dibeli asing jd sekarang sudah dilarang dikunjungi umum)
Pinggir
Cilik (Pulau untuk tour biasa dipakai untuk makan siang)
Gundul (Pulau untuk latihan militer TNI)
Seruni
Sambangan
Cendekian
Kumbang
Mencawakan (atau Pulau Menyawakan). (Pulau private untuk Tamu kura2 resort, tertutup untuk wisatawan umum)

BUDAYA
Kebanyakan berdasarkan pantauan ane di karimunjawa adalah etnis Jawa (jawa pesisir mayoritas dari jepara), suku Bugis yang mayoritas berada di pulau kemujan, dan sedikit turunan etnis Madura.
oya ane disini tinggal bersama keluarga yang dimana bapak adalah asli madura dan ibu asli dari jepara.

SEJARAH
Untuk sejarah yang berkaitan dengan masa Perang dunia 2 dan masa2 perjuangan meraih kemerdekaan hampir tidak ada di pulau ini, tidak ada peninggalan benteng, makam, atau sisa2 alat perang sama sekali, hanya ada satu yaitu goa jepang yang ada di kemujan, tapi kurang valid karena setelah saya telusuri hampir tidak ada literasi, tulisan atau saksi2 hidup yg tersisa, dan beberapa sesepuh dan tetua yang ane temui disini hampir tidak ada yang mengalami masa perang, karena saking terisolirnya pulau ini kala itu, malah ada beberapa sesepuh yang bilang beberapa orang yang lari kesini saat masa2 G30S aman2 saja.

SEJARAH MASA LAMPAU
Tahun 1289
siapa orang yang menginjakkan kakinya di karimunjawa? lagi lagi tidak ada literasi, prasasti atau apapun tentang hal itu, tapi berdasarkan sejarah tiongkok, karimunjawa di sebut "Chi Li Wen" adalah sebuah pulau labuhan para pelaut tiongkok sebelum ke pelabuhan "Tu Ping Su"(Tuban) dan Gresik, pada sejarah tiongkok tahun 1289 laksamana Ike Mese membawa 10 kapal perang berisi 500 prajurit untuk berlabuh sementara kemudian cus lanjut otw ke jawa timur

Tahun 1550
Sunan nyamplungan tiba di karimunjawa, tapi sudah dipastikan beliau bukan generasi pertama yang tinggal disini karena sebelum beliau datang kesini karimun sudah dihuni beberapa Perompak dan Bajak Laut yang diantaranya berasal dari bugis dan sulawesi, hingga ada beberapa sejarah tentang bagaimana sunan nyamplungan melawan para perompak tsb.

Tahun 1815
Pemerintah resmi VOC yang dipimpin oleh Rudolph von michalowski, perwira asal jerman.
letaknya yang jauh dari pulau2 besar lain membuat pulau ini sangat terisolir dan hal itu membuat generasi yang tinggal disini selalu terputus. mereka hanya datang dan pergi, tidak ada yang betah tinggal disini. ada banyak kuburan tua disini kuburan cina, bugis, belanda, islam.
untuk kuburan paling lama adalah kuburan sunan nyamplungan tahun 1550, diikuti kuburan belanda 1815, untuk kuburan cina tidak ada keterangan tahun karena kondisi sudah rusak parah, kemungkinan sih inilah kuburan yang paling tua dipulau ini, uniknya kuburan2 tsb letaknya selalu dipinggir pantai.

Era Bajak laut dan nenek moyang generasi ter-Betah dikarimunjawa
Pada tahun 1669 setelah sultan hasanudin ditaklukan oleh VOC, makasar secara keseluruhan jatuh ditangan kekuasaan VOC. banyak orang bugis yang kabur dan melarikan diri dipulau ini diantaranya banyak yang menjadi bajak laut di lautan karimunjawa, hingga tahun 1930 seorang bugis bernama La to' Laindra disusul La to' Garusang dan La to' Ali Cacok sekitar tahun 1932-1933, mereka semua yang menyulap hutan2 batu lawang menjadi sawah-sawah (Babat Alas Batu Lawang) akhirnya Pulau Karimunjawa mulai berpenghuni tetap, diikuti etnis madura dan kemudian jawa. aahhhh akhirnya selesai juga bagian favorit ane gan, bagian sejarah !!

MITOS, LEGENDA DAN MISTIS
heheh nanti kapan2 ane sambung bagian Mitos dan Legenda di Pulau Karimunjawa deh gan..


DARI JAKARTA ke SEMARANG/YOGYAKARTA ke JEPARA
- Kalau agan dari jakarta agan bisa langsung naik pesawat, bis atau kereta menuju semarang, intinya ke kota semarang dulu, atau bisa juga ke Yogyakarta sambil beli bakpia oleh oleh buat ane dulu heheh.
- Dari semarang menuju Jepara By Travel, Transportasi paling mudah adalah Travel, dengan harga sekitar 35rb-50rb agan langsung bisa request jemput di stasiun/Terminal/Bandara atau Hotel agan di semarang dan minta diantar ke Pelabuhan Kartini.
Pilihan Travel : Kencana Travel (024)8456755, Bejeu Travel (024)70456171, Penama (024)70254848, Putra Mandiri (024)70168240, Day trans (024)7604192, Central java (024)70231340 Tips : Minta nomer kantor travel di jepara nya juga, untuk memudahkan pemesanan tiket pulang ntar, atau pesan tiket PP sekalian untuk berangkat kapan dan Pulang Kapan.
- Dari Jogja Menuju Jepara By Travel juga bisa.
- Dari jogja atau semarang By Bis,(25rb-30rb) menuju ke terminal terboyo, kemudian lanjut naik bis tujuan jepara turun di terminal jepara, nanti sambung becak(10rb-15rb) atau jalan kaki ke pelabuhan kartini kira-kira 2 km
- untuk rute pulang dari jepara sama dengan rute keberangkatan.

DARI JEPARA ke KARIMUNJAWA
- Paling murah adalah naik kapal Ferry "SIGINJAI" Harga tiket 60rb/orang, 50rb/motor roda 2, Durasi kurang lebih 5 jam, jadwal operasional nih ada dibawah. Tips : Datang pagi kira2 Jam 5-6 untuk antri. untuk tiket kepulangan juga sama harus antri minimal 1 jam sebelum, tidak bisa dipesan secara online atau by phone.
Spoiler for JADWAL KAPAL FERRY SIGINJAI:

Spoiler for TIKET KAPAL FERRY SIGINJAI:

Spoiler for LOKET KAPAL FERRY SIGINJAI DI PELABUHAN JEPARA:

Spoiler for LOKET KAPAL FERRY SIGINJAI DI PELABUHAN KARIMUNJAWA:


- Bisa juga naik Kapal Cepat "Bahari Express" Dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam, harga tiket 150rb, Berikut jadwal, Harga dan kontak yang tertera di gambar bawah ini :
Spoiler for JADWAL DAN KONTAK BAHARI EXPRESS KARIMUNJAWA:

Spoiler for TIKET KAPAL BAHARI EXPRESS KARIMUNJAWA:

Spoiler for LOKET KAPAL BAHARI EXPRESS DI KARIMUNJAWA:


- Bisa juga naik pesawat nih buat agan - agan yang duitnya berlebih, waktu tempuh cunma 20-30 menit gan kl dari semarang, dari kota lain ane belom pernah naik, heheh yang pasti lebih cepet drpd semua opsi diatas itu. Harga, jadwal, dan kontak ada di spoiler bawah ini :

Spoiler for JADWAL DAN KONTAK PESAWAT AIRFAST KARIMUNJAWA:

Spoiler for TIKET PESAWAT AIRFAST KARIMUNJAWA:


- Snorkeling
menikmati indahnya terumbu karang dan macam2 biota laut dari permukaan menggunakan pelampung dan kacamata snorkel, biasanya kegiatan ini di gabung dengan kegiatan island hoping
Spoiler for SNORKELING KARIMUNJAWA:

- Island hoping
menikmati pulau2 dengan perahu lokal, untuk harganya biasanya harga on the spot 200-250rb an, atau sudah termasuk paketan dr tour2 agen.
Spoiler for ISLAND HOPING:

- BBQ
bakar2an ikan di pulau biasanya sudah termasuk dalam paket island hoping sehari full, atau dipinggir pantai di waktu malam hari(hanya untuk paket khusus), atau tinggal beli tiap malam hari di alun-alun karimunjawa.
Spoiler for BBQ:

Spoiler for BBQ BONUS:

- Prewed
paket prewed biasanya private, istilah private biasanya mengacu dr perahu yang diisi hanya group mereka aja, atau bahkan berdua saja, hanya ditemani abk dan guide, dan rutenya pun dibedakan dr yg tur group, harganya pun jelas beda.
Spoiler for PRE WEDDING:

- Honeymoon
hampir sama dengan paket prewed, tergantung permintaan pasangan tsb mau campur dengan group atau private
Spoiler for HONEYMOON:

- Diving
menikmati keindahan bawah laut dengan cara scuba diving, menggunakan peralatan diving lengkap ditemani master dive
Spoiler for DIVING:

- Island Exploring
menikmati keindahan karimunjawa secara keseluruhan menggunakan motor, tidak semua group atau paket ada opsi ini, karena biasanya paket 3hr 2malam tidak mencukupi waktunya, minimal 5hr atau seminggu



- Pindang Serani
Hampir sama dengan gulai kepala ikan gitu deh, kuahnya bening dan kuning, biasanya menggunakan ikan "badong" kalau orang lokal kasih nama heheh, kalau orang jakarta namanya ikan kue, versi mancing mania namanya ikan GT atau Giant trevally. kadang ada yang jual di dalam pasar. foto menyusul
- Bakso Ikan Ekor Kuning
Sama persis dengan Bakso umumnya, di sajikan dengan potongan sawi dan mie kuning, bedanya cuma baksonya dibuat dari daging ikan ekor kuning, agak manis dan amis gitu deh rasanya. ada yang jual di alun2 karimunjawa tepatnya di depan jalan ditengah2 sd dan kecamatan. foto menyusul
- Lontong Krubyuk
Lontong krubyuk, kalau di pulau jawa nyebutnya lontong pecel kali ya heheh., ya campuran tauge, bayem, kangkung, irisan lontong dan sambel kacang gitu deh. ada yang jual di warung2 dikampung2 sekitar masjid utama. foto menyusul
- Tongseng Cumi
Sama seperti tongseng kambing, tapi berbahan irisan daging cumi atau sotong, tapi enak daging cumi daripada sotong, karena daging sotong relatif lebih alot ky karet hueheheh, hanya bisa didapatkan dipasar.foto menyusul
- Siomay Tongkol
Nothing special, siomay berbahan daging ikan tongkol....orang lokal sering juga menyebut dengan nama "Glintiran". bisa didapatkan di warung2 sekitar alun2. foto menyusul.
- Brambang Kunci
- semacam pepes gitu deh, bentuknya kotak, daging ikan GT, tongkol, atau ikan lain yang bumbunya cuma brambang (bawang merah) dan kunci, thats why namanya brambang kunci, kemudian dibalut dengan daun lompong, entah lompong itu daun apa bahasa indonesianya heheh.
dijual dipasar traditional karimunjawa di pagi hari. foto menyusul


- Peralatan snorkel (pelampung, fin, dan kacamata snorkel) harga sewa 35-40rb per orang/day
- Motor 75rb - 80rb/day maximal 2 orang
- Kamera underwater 120rb, action cam (sjcam,xiaomi,bpro dll) 130rb
- Kapal tour per day biasanya kalau agan backpackeran dan bayar on the spot kena 200rb-250rb an per orang/day, itu pun kalau rombongan group yang mau agan tumpangin mengijinkan, karena biasanya kapal tour tsb sudah di book rombongan lain atau agen paket tour tertentu, untuk solusinya gimana, namun tetep ada cara dengan cara melobi tour leader dr agen yg udah booking kapal tsb, ane bisa bantuin silahkan PM aja kl butuh bantuan soal kapal tour ini.
- Mobil utk jemput dari bandara misal agan naik pesawat, sekali jalan penjemputan/antar 350rb-400rb isi max 6 orang, kalau cm 1 orang bisa ane ojekin naik motor heheh,oya jarak bandara dan alun2 sekitar 20km an lebih, dan kondsi jalannya ughhh....
- Mobil jemputan dari pelabuhan ke homestay atau sebaliknya, cuma tersedia untuk wisatawan yang ikut paketan, untuk yang backpacker ya harus siap jalan kaki namanya juga backpacker heheheh, ada solusi lain? ada gan, becak, harganya by nego, yang jelas agak mahal, silahkan langsung di nego kalau ketemu bapak becaknya.


- Homestay
banyak pilihan homestay, ada yg kamar mandi dalam, luar, kipas angin, ac, jauh. deket dari alun2/pelabuhan, dengan harga bervariasi sekitar 80rb-200rb

- Hotel
ada beberapa pilihan hotel, dari hotel lokal, sampai yang bintang 3 seperti Dseason, kisaran harga 250rb-1,5jt an

- Resort
yang terkenal ada nirwana, kura2, dan jiwa quest...Harga pake dolar deh pokoknya, googling aja deh ke webnya langsung barangkali agan khilaf mau nginep di sini bareng mantan, eh calon emoticon-Stick Out Tongue

- Camping
Gratis, tergantung agan ngecamp dimana, spot ngecamp paling bagus, pantai batu topeng, pancuran beach, atau ujung gelam, cuman letaknya jauuuhhh dr alun2, dermaga tour dan pelabuhan. gambar map menyusul ya


- waterproof bag atau Drybag (kalau punya)
- Sunblock
- Sunglasses
- Lotion anti nyamuk
- Handuk
- Underwater Camera
- Flashdisk/hardisk eksternal untuk menyimpan/mengkopi foto tour agan
- Topi
- Antimo
- Uang cash/Atm (satu2nya Atm disini adalah BRI, tp bisa atm bersama, tp waktu peak season kadang stok uang atm sampe abis)
- tas plastik



- Makin tahun semakin ramai karena karimunjawa sebagai pulau wisata semakin populer, mohon untuk TIDAK membuang sampah terutama sampah plastik ke laut.
- Saat tour biasanya akan ada sesi foto underwater, tapi dimohon dengan sangat, jangan sekali2 menyentuh, memegang bagian2 dari termbu karang, karena terumbu karang yang sudah dipegang akan kehilangan lendir, biasanya akan memutih, membatu dan mati, akibatnya dasar laut tidak akan warna warni lagi, ini kesalahan yang paling sering dilakukan wisatawan, bahkan banyak yang dengan sengaja, menginjak, atau menjadikan terumbu karang sebagai pegangan demi hasil foto underwater, kalau ada guide menyuruh anda berpegangan ke karang untuk foto, sebaiknya jangan.
- Jangan menjadikan flora atau fauna laut sebagai oleh2, ane sering banget lihat wisatawan melihat nemo atau bintang laut dimasukan kedalam botol, dibawa2 untuk alasan lucu, untuk anak, ataupun hanya sementara saja, dimohon dengan sangat, jika anda melihat hal ini tolong di peringatkan, karena nemo tsb akan mati kalau tidak ada aliran air laut, melepas nemo juga harus dekat dengan habitat dan teritori dia sebelum diambil, jangan juga menyuruh guide mengambil hewan2 tsb.
- Kalau anda ke Karimunjawa untuk mencari hiburan "nightlife" maka anda salah tempat, sebaiknya anda pergi ke bali atau lombok, karena karimunjawa sedikit lebih family minded, Karimunjawa adalah Maldives nya pulau jawa, dimana penduduk memegang teguh adat dan ajaran islam.
Diubah oleh lufykarimunjawa 05-06-2016 13:16
azidqi
azidqi memberi reputasi
1
25.6K
165
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan