Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nalipAvatar border
TS
nalip
Ini Dia Foto Dan Detail Baju Luar Angkasa NASA
Spoiler for Baju Astronot:


Selamat Malam Aganemoticon-Shakehand2
Iseng-iseng aja nulis trit buat ngisi malam sabtu. Secara besok kan ane libur kerja gans emoticon-Big Grin
Gak sengaja pas lagi buka henpun, ada berita soal NASA. Terus ane kepikiran kenapa astronot musti pake baju seribet itu ? Terus apa aja sih komponen yang ada di baju itu? Ternyata setelah ane liat langsung di web NASA, bajunya emang ribet dan dan emang harus segede itu gans. Mungkin sebelumnya udah ada yang bahas soal ini. tapi gak bicara soal detilnya gimana. Nah sekarang ane coba jelassin detail dari setiap bagian baju astronot NASA gan. Semoga Terhiburemoticon-Big Grin

1. Subsistem Pendukung Premier Kehidupan






Ini adalah komponen Subsistem dukungan premier kehidupan. PLSS dipakai seperti rangsel ini dilengkapi dengan tanki oksigen dan alat penghilang karbondioksida sisa pernafasaan, Ransel ini juga dilengkapi dengan pemasok sumber daya listrik seperti baterai. PLSS juga dilengkapi dengan peralatan pendingin air, kipas angin untuk untuk mengedarkan oksigen dan radio dua arah, sistem peringatan yang terhubung dengan pesawat luar angkasa yang terus memantau apakah ada yang salah dengan setelan spacesuits. Spacesuit juga dilengkapi dengan lapisan kain pelindung.

2. Upper Torso Dan Hard Upper Torso








Hard Upper Torso menutupi dada dan bagian punggung. Ini ada rompi yang terbuat dari fiberglass. Bagian ini terdapat dalam sistem dukungan premier kehidupan. Fungsi utamanya adalah mengalirkan air dan membiarkan aliran oksigen mengalir sampai ke helm.

3. Spacewalker Lengan



Spacewalker dibuat dengan penyusuaian ukuran. Ukuran perakitan lengan berbeda-beda. Cincin ukuran bisa disesuaikan lebih panjang atau lebih pendek.

4. Sarung Tangan EVA



Sarung tangan EVA dibuat untuk melindungi jari mereka. Bagian jari tangan akan sangat dingin ketika berda di luar angkasa. Untuk itu bagiansarung tangan EVA memiliki bagian pemanas diujung jari.

5. Panel Control





Ini adalah panel kontrol. Saklar, kontrol, pengukur dan layar elektronik memungkinkan astronot dapat mengontrol tekan udara, dll dalam subsistem dukungan premier kehidupan dari modul ini.

6. Tas Minum In-Suit



Ini adalah plastik berisi ari minum untuk astronot. Menempel pada Hard Upper Torso menggunakan velcro. Tabung ini bisa disesuaikan dekat dengan mulut. Astronot bisa membuka dan menutup tabung ini menggunakan gigitan mulut.][/SPOILER]

7. Celana Torso Bawah







Bagian ini terdiri dari celana, sepatu bot, dan penutup pinggang. Sambungan penutup logam untuk menyambungkan bagian celana dengan bagian atas lain. Bagian bawah memiliki cincin D untuk menyambung bagian Tearers. Tearers adalah kabel yang menempel pada bagian baju luar angkasa sehingga sistem pemantau dari pesawat luar angkas tidak akan hilang. Beberapa baju memiliki corak yang berbeda untuk memberi tahu pesawat ruang angkasa yang lain.

8. Helm





Selain melindungi kepala, helm ini memiliki ventilasi atau Vant Pad untuk mengalirkan udara dari Subsistem Dukungan Premier Kehidupan dan Torso, sehingga oksigen yang masuk bisa disesuaikan tekanannya didalam helm. Bagian utama helm adalah gelembung plastik bening. Untuk bagian gelmbung, dilapisi dengan emas untuk melindungi astronot dari debu angkasa dan cerahnya matahari. Sebuah kamera juga bisa dilekatkan pada helm.

9. CCS Atau Communications Carrier Assembly



CCS kadang disebut juga Snoppy CAP. Astronot memakai ini sebelum mengenakan helm. CCS memiliki earphone dan mikropon untuk berkomunikasi dengan kru dipesawat

10. Liquid Cooling and Ventilation Garment





Pakaian ini cukup canggih dan rumit. Terdapat 91,5 meter selang ventilasi yang diletakan dekat kulit astronot untuk menjaga suhu badan astronot tetap terjaga. Terbuat dari bahan spandex yang melar. Sedangkan bagian Ventilasi Garmen mampu menyerap keringat kemudian keringat didaur ulang dalam sistem pendingin air. Oksigen dialirkan kebagian lengan dan kaki untuk membantu sirkulasi udara di ruang angkasa.

11. Garam Penyerap Maksimum



Seperti sebuah popok, bagian ini dikenakan oleh astronot karna biasanya, pekerjaan yang dilakukan astronot membutuhkan waktu berjam-jam . Sehingga astronot tidak perlu pulang-pergi ke toilet.

12. SAFER





SAFER adalah bagian berupa jet kecil untuk membantu astronot bergerak melayang di luar angkasa. Jika nanti astronot hanyut saat bekerja, SAFER membantu astronot untuk kembali ke stasiun pesawat luar angkasa. SAFER dilengkapi dengan kendali kecil sebagai kendali arah dan bergerak.

13. Cermin Wrist



lat ini semacam sepion pada mobil, baju astronot tidak memungkinkan untuk menengok kebelakang. U ntuk itu astronot mengenakan cermin ini dibagian lengan untuk melihat belakang.

14. Material Lapisan



Baju luar angkasa memiliki 14 lapisan yang berbeda untuk melindungi astronot. Masing masing memiliki fungsi berbeda, seperti ventilasi cairan berjumlah 3 lapis, Diatas garmen ini adalah bagian untuk menciptakan tekanan yang tepat bagi tubuh, bagian ini juga memegang kendali untuk aliran oksigen. Bagian lain adalah bagian untuk menyesuaikan bentuk tubuh astronot yang terbuat dari bahan yang seperti bahan untuk tenda kemah. Liner Lipstop adalah bagian yang tahan terhadap air. Tujuh lapisan berikutnya adalh lapisan Mylar yang membuat pakaian ini seperti termos air. Lapisan menjaga agar suhu tidak berubah didalamnya. lapisan ini juga melundungi astronot dari benda-benda luar angkasa yang berbahaya. Satu lapisan tahan air, dan sisanya adalah bahan yang hampir sama dengan rompi anti peluru dan tahan terhadap api.

15. Cuff Checklist



Astronot mengenakan Cuff Checklist ini dipergelangan tangan mereka, astronot memakai ini sebagai catatan daftar tingkatan tugas yang akan mereka kerjakan.

16. Tearers Keselamatan



Salah satu ujung tali ini melekat pada astronot, ujung satunya melekat pada pesawat luar angkasa atau bagian satelit yang sedang diperbaiki lainnya. Alat ini menjaga agar astronot tidak hanyut saat di luar angkasa.



Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Silahkan cek sumbernya gan emoticon-Big Grin kalo ada yang salah bisa agan tambahin.

Sumber Terusan

Sumber Utama
Diubah oleh nalip 11-08-2017 19:10
0
10.8K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan