Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

opini.idAvatar border
TS
opini.id
Bicara 'Merdeka'
Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 tinggal menghitung hari aja nih gan. Gak terasa udah 72 tahun Indonesia merdeka. Tapi apa bener yang Indonesia itu udah 'merdeka'?

emoticon-Sorryemoticon-Sorry


Indonesia itu gak sekecil Singapura dan Malaysia. Indonesia itu luas, jadi sampai sekarang pembangunan dan keadilan pun belum merata.Padahal, kita (Indonesia) punya banyak lembaga pemerintahan yang ngurusin berbagai macam pelik permasalahan. Tapi nyatanya? Masih banyak ketiadakadilan dan keseragaman terhadap saudara kita yang ada di pedalaman Indonesia serta perbatasan. Mereka hidup dengan apa adanya

Ironisnya lagi, banyak adik-adik kita yang berjuang dengan bertaruh nyawa hanya untuk sampai ke sekolah. Seperti yang terjadi di Situbondo, Jawa Timur. Siswa dan siswi di sini harus melawan arus kencang sungai hanya untuk sampai ke sekolah. Bisa kita lihat, mereka mungkin belum bisa merasakan makna kemerdekaan. Kemerdekaan gak hanya bebas dari penjajah saja, tapi juga seharusnya bisa menikmati apa kemerdekaan itu.
Spoiler for SEDIH GAN LIATNYA....:


Spoiler for Beda Sama Di Kota:



Sumur


Di Kolaka, Sulawesi Utara, Sersan Kepala, Muhamad Darwis pertaruhnya nyawanya untuk bantu anak-anak menyebrang sungai usai pulang sekolah ataupun berangkat sekolah.

Spoiler for Prajurit Sebrangi Sungai:


Mudah-mudahan ke depannya Indonesia bisa lebih baik lagi. Kita bisa merasakan Kemerdekaan dalam arti sesungguhnya. Terutama, pembangunan harus merata bagi saudara-saudara kita yang tinggal di pedalaman dan perbatasan Indonesia. Tidak hanya sekedar menuntut nasionalis, tetapi juga memperhatikan kebutuhan mereka semua.
0
12.3K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan