kamoezzzzAvatar border
TS
kamoezzzz
Ini Bedanya England, Great Britain dan United Kingdom Gan!


Kayaknya bukan ane doang ya gan yang bingung ngebedain Inggris, Britania Raya dan Kerajaan Inggris. Buat agan yang masih bingung, nih ane jelasin sedikit tentang perbedaan Kepulauan Britania, Kerajaan Britania, Britania Raya dan Inggris. Ternyata masing-masing punya arti yang berbeda loh.


Kepulauan Britania (British Isles)- Meskipun nama ini cukup terkenal untuk menggambarkan kepulauan, tapi orang-orang di Republik Irlandia lebih suka bilangnya Kepulauan Britania-Irlandia atau ya cuma "pulau ini."

Ya pokoknya apapun namanya, kepulauan ini mencakup Britania Raya, Irlandia dan lebih dari 6000 pulau kecil. Total wilayahnya sekitar 315.159 km2 dan jumlah populasinya lebih dari 67 juta orang.


Britania Raya (Great Britain):

Ini dia 2 pulau utama terbesar di Kepulauan Britania yang kira-kira mencakup 73% wilayah (229.848 km2) dan 90% populasi (60 juta orang). Yang dibagi jadi 3 negara bagian dari Kerajaan Inggris.

- Inggris: Negara terbesar di Britania Raya dan menempati 57% wilayah dan 86% populasi (53 juta).
- Skotlandia: Negara terbesar kedua di Britania Raya yang menempati 34% wlayah dan 9% populasi (5,3 juta).
- Wales: Negara terkecil di Britania Raya dengan wilayah hanya 9% area dengan 5% populasi (3 juta).


Irlandia:

Ukurannya lebih kecil dari 2 pulau besar lainnya, menempati 27% jumlah wilayah tapi hanya memiliki kurang dari 10% total populasi. Pulau ini terbagi jadi 2 negara yang punya kedaulatan masing-masing yakni Republik Irlandia dan Irlandia Utara.

- Republik Irlandia: Menempati 83& wilayah Irlandia (70.273 km2) dan 72% total populasi.
- Irlandia Utara: Menempati hanya 17% dari total wilayyah (14.130 km2) dan 28% jumlah total populasi (1,8 juta) dari seluruh Irlandia.


Kerajaan Britania Raya (United Kingdom):
Terdiri dari 3 negara yang berdaulat di Britania Raya ditambah Irlandia Utara, yang tercermin dari namanya: United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland.

Fakta serunya:Orang-orang dari Inggris, Skotlandia dan Wales itu bisa disebut British, tapi orang dari Irlandia Utara itu disebutnya Irish (meskipun masuk dalam warga Kerajaan Britania Raya). Orang-orang dari Republik Irlandia itu ya dibilangnya Irish. Dan cuma orang-orang yang asalnya dari England lah yang bisa dibilang orang Inggris (English).

Buat agan yang masih bingung, nih ane kasih videonya:



Semoga trit ane bisa nambahin sedikit pengetahuan buat agan ya. Thank you dah mampir ke trit ane emoticon-Nyepi

Sumur
0
68K
187
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan