Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
Pagi Ini, Jokowi Lantik Megawati sebagai Pengarah Unit Kerja Pancasila


Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo akan melantik sembilan Dewan Pengarah dan satu Kepala Unit Kerja Presiden untuk Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), pagi ini, Rabu 7 Juni 2017. Salah satu yang dilantik yakni, Megawati Soekarno Putri, Ketua Umum PDI-Perjuangan yang juga mantan Presiden RI ke-5.


Pelantikan rencananya berlangsung di Istana Negara, sekira pukul 09.00 WIB. Jokowi akan memimpin langsung pelantikan tersebut.


'Pelantikan besok (hari ini),' kata Jokowi di kediaman Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Jakarta, Selasa 6 Juni 2017.


Megawati dikabarkan bakal mengisi posisi pengarah di Unit Kerja Presiden untuk Pembinaan Ideologi Pancasila. Selain Megawati, posisi pengarah juga akan diisi oleh mantan Ketua MK, Mahfud MD; Ketua MUI, Ma'ruf Amin; mantan Wakil Presiden, Jenderal TNI (Purn) Tri Sutrisno; mantan Ketua PP Muhammadiyah Syafi'i Maarif.


Kemudian, mantan Ketua PP Muhammadiyah, Sirajuddin Syamsuddin (Din Syamsuddin); mantan Ketua Umum Persekutuan Gereja di Indonesia (PGI), Pdt. Andreas Anangguru Yewangoe, Ketua Umum Ketua Umum Pengurus Harian Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Mayor Jenderal TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya; Ketua Dewan Pengawas Majelis Buddhayana Indonesia, Sudhamek.


Sementara itu, Ketua Pusat Studi Islam dan Kenegaraan-Indonesia (PSIK-Indonesia), Yudi Latief dikabarkan akan menjadi Kepala Unit Kerja Presiden untuk Pembinaan Ideologi Pancasila.


Yudi juga tak menampik dikabarkan bakal menjadi Kepala Unit Kerja Presiden untuk Pembinaan Ideologi Pancasila. 'Iya, insyaallah, doakan saja,' kata Yudi kepada Metrotvnews.com.


Selain itu, Yudi juga membenarkan Megawati akan turut dilantik bersama delapan Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden untuk Pembinaan Ideologi Pancasila lain.


'Dewan pengarah ada 9 orang. (Bu Megawati) InsyaAllah (salah satunya). Tapi, saya enggak tahu pasti siapa-siapanya. Saya baru dapat undangan,' kata Yudi.


Tugas UKP-PIP


Keputusan pembentukan unit dituangkan melalui Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017. Unit kerja ini akan berada langsung di bawah Presiden.


Unit kerja ini dibentuk atas pertimbangan aktualisasi nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pemerintah memandang perlu dilakukan pembinaan ideologi Pancasila terhadap seluruh penyelenggara negara, yang terencana, sistematis, dan terpadu.


Tugas UKP-PIP bila dikutip dari Perpres BAB III yakni, membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan umum pembinaan ideologi Pancasila dan melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan.


Unit ini juga bertugas merumuskan arah kebijakan umum pembinaan ideologi Pancasila dan menyusun garis-garis besar haluan ideologi Pancasila dan roadmap pembinaan ideologi Pancasila.


Tak hanya itu, unit ini juga bertugas sebagai pemantau, mengevaluasi, dan mengusulkan langkah strategi untuk memperlancar pelaksanaan pembinaan ideologi Pancasila. Serta, melaksanakan kerja sama dan hubungan antarlembaga dalam pelaksanaan pembinaan ideologi Pancasila.


 

Sumber : http://news.metrotvnews.com/politik/...erja-pancasila

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Jazuli: Sudahi Aksi Saling Klaim

- We The Nation, Saya Indonesia Saya Pancasila

- Menko Puan Bicara Tentang Pancasila di Forum Jeju

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1.3K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan