paanjoelAvatar border
TS
paanjoel
Kata Presiden Korsel: "Kemungkinan Besar Terjadi Perang dengan Korea Utara"


Situasi Semenanjung Korea semakin menegang setelah Korea Utara melakukan uji rudal jenis baru. Presiden Korea Selatan yang semula yakin bisa membujuk Korea Utara, kini mengatakan bahwa ada kemungkinan besar akan terjadi perang dengan Korea Utara.

Berjam-jam setelah mengatakan akan berdialog dengan Korea Utara, Moon Jae In, presiden Korea Selatan mewanti-wanti adanya potensi konflik militer antara Korsel dengan musuhnya yang berada di wilayah Utara tersebut. Pada sebuah kunjungan Kementerian Pertahanan Korea Selatan di Seoul, Moon mengatakan kepada para stafnya bahwa ada "kemungkinan besar terjadi konflik militer"- satu di daratan dan satu lagi di laut -- antar negara-negara tetangga. Perkataannya pun senada dengan Presiden Trump bulan lalu, yang mengatakan kalau Amerika Serikat pada akhirnya hanya akan konflik besar-besaran dengan Korea Utara.

Moon yang dilantik pekan lalu (17/5), sebelumnya menyerukan pendekatan dua kubu dengan Korea Utara. "Kebijakan Sinar Matahari" ini, yang disukai oleh Korea Selatan dari tahun 1998 hingga 2008, yaitu berusaha untuk mengembangkan kerja sama damai antara kedua negara tanpa menoleransi serangan bersenjata dari Korea Utara. Namun, karena Korea Utara terus meningkatkan program nuklirnya dan pengujian rudal balistiknya, ancaman agresi militer semakin meningkat.

Pada hari Minggu, Korea Utara menentang resolusi Dewan Keamanan PBB dengan melakukan uji coba peluncuran rudal balistik jarak menengah. Rudal tersebut terbang 430 mil dan mencapai ketinggian lebih dari 1.245 mil, dan merupakan peluncuran paling berhasil oleh Korea Utara. Sudah diketahui secara luas bahwa Korea Utara sedang dalam proses mengembangkan rudal balistik antar benua yang mampu mencapai Amerika Serikat. Karena kedekatannya dengan Korea Utara, basis A.S. di Korea Selatan dan Jepang diyakini lebih banyak sasaran langsung. Korea Selatan saat ini menjadi rumah bagi sekitar 28.500 pasukan A.S., sementara Jepang menjadi tuan rumah sekitar 49.000.

Dalam pidato yang sama, Moon menegaskan bahwa perluasan program pertahanan Korea Selatan akan tetap menjadi prioritas, dengan mengatakan bahwa dia akan menjadikannya "misi pribadi untuk membangun negara yang sehat." Di masa lalu, Moon telah berjanji untuk meningkatkan pengeluaran pertahanan Korea Selatan menjadi 3% dari Produk Domestik Bruto-nya. Bahkan mengenai keinginannya untuk meningkatkan keamanan, Moon mengatakan bahwa Korea Selatan siap untuk menahan agresi militer dari Korea Utara - dan sepenuhnya mampu menyerang balik. "Kami akan bersikap tegas terhadap Korea Utara, bersama dengan masyarakat internasional," katanya. PBB telah mengancam Korea Utara dengan sanksi yang meningkat baik sebelum maupun setelah peluncuran uji coba rudal hari Minggu. Pada hari Selasa, AS percaya bahwa bisa meyakinkan China, sekutu utama Korea Utara, untuk menjatuhkan sanksi baru kepada negara tersebut.

Sementara komentar Moon berfungsi sebagai peringatan kepada Korea Utara, tidak jelas apakah dia bermaksud untuk mengubah arahnya dalam terang pengujian rudal lanjutan negara tersebut. Tepat sebelum pidato Moon pada hari Rabu, Lee Duk-haeng, juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan, mengatakan kepada wartawan bahwa "sikap paling mendasar" adalah membuka kembali jalur komunikasi dengan Korea Utara. "Kementerian unifikasi telah mempertimbangkan opsi ini secara internal namun belum ada yang diputuskan," kata Duk-haeng. Sebagai sebuah divisi dari pemerintah Korea Selatan, Kementerian Unifikasi bertanggung jawab untuk menetapkan kebijakan negara Korea Utara dan mengkoordinasikan dialog antara kedua negara. Secara teknis, Korea Utara dan Selatan masih berperang setelah konflik militer mereka dari tahun 1950 sampai 1953 berakhir dengan sebuah gencatan senjata dan bukan sebuah perjanjian damai.

Jadi pertanyaan besar, akan sejauh apa perang Korut dengan Korsel dan para sekutunya. Institut Sains dan Keamanan internasional yang berbasis di Washington memperkirakan tahun lalu bahwa Korea Utara memiliki 10 sampai 16 senjata nuklir pada akhir tahun 2014.

Ini didasarkan pada analisis produksi uranium kelas senjata dan plutonium yang diperoleh dari bahan bakar nuklir bekas. Perkiraan yang direvisi berarti bahwa totalnya sekarang antara berjumlah 13 hingga 21, dan negara ini juga diyakini memiliki empat hulu ledak. Masing-masing senjata tersebut diyakini memiliki setengah daya ledak yang digunakan oleh AS melawan Jepang pada Perang Dunia II.

Citra satelit baru-baru ini dari situs uji coba utama Jong-un mengungkapkan senjata Korea Utara lebih kuat daripada yang dipikirkan pertama kali. Ketakutan meningkat sehingga Kim bisa segera memiliki senjata jarak jauh yang mampu mencapai Alaska dan Hawaii setelah foto tersebut menunjukkan tanda hangus yang semakin besar dari rudal.

Analisis yang cermat terhadap situs uji coba Korea Utara, dengan menggunakan gambar dari Planet, mengungkapkan bahwa rezim tersebut telah secara bertahap membangun ukuran misilnya.



Bila nuklir benar-benar diluncurkan oleh Korea Utara, kemungkinan besar Indonesia akan terkena radiasinya, mengingat kemampuan nuklir yang Korut miliki bisa mencapai Hawaii dan Alaska. Sampai saat ini belum ada peringatan resmi dari pemerintah Indonesia maupun perintah untuk meningkatkan keamanan negara. Di Jepang maupun Korea Selatan, sudah banyak dibangun bunker-bunker beton dan besi di pemukiman warga. Seharusnya Indonesia sudah siap akan kemungkinan terburuk itu. Bila dibandingkan dengan bunker layak tinggal dan persiapan logistik di dalam bunker yang disiapkan orang Jepang, tentu kita masih jauh tertinggal.

Harus ada tindakan nyata untuk mengantisipasi bila nuklir Korut benar-benar dilepaskan ke udara. Ancaman perang Korut bukanlah sekedar ancaman belaka. Kita harus siap pada kemungkinan terburuknya.





Spoiler for Sumber:


sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
41.2K
305
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan