Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

H3NNDRY666Avatar border
TS
H3NNDRY666
Mohon Jangan Hujat Lieus



JURNALIS handal, Dar Edi Yoga menulis tentang Lieus Sungkharisma dalam RMOL 10 April 2017 sebagai berikut: Pernyataan Sikap Majelis Adat Budaya Tionghoa Indonesia yang mengatasnamakan masyarakat Tionghoa Indonesia, mendapat reaksi serius dari Koordinator Komunitas Tionghoa Anti Korupsi (KomTak) Lieus Sungkharisma.

Apalagi pernyataan sikap yang ditandatangani Harso Utomo Suwito dan Chandra Kirana itu menuduh Lieus Sungkharisma mencatut dan mendompleng nama Tionghoa untuk kepentingan pribadinya, terutama dalam setiap demo anti cagub tertentu .

Atas adanya pernyataan sikap itu, Lieus mengatakan meski dirinya sama sekali tidak menganggap majelis adat budaya Tionghoa itu ada, namun pernyataan itu telah menyadarkannya betapa saat ini sebutan Tionghoa telah disalahgunakan untuk kepentingan politik golongan tertentu.

Ditambahkan Lieus, pernyataan sikap semacam itu semakin menguatkan pandangannya selama ini bahwa penyebutan Tionghoa itu memang hanya untuk kamuflase tujuan licik belaka.

Menurut catatan sejarah politik Indonesia sejak Orde Baru hingga Orde Reformasi, sebagai orang Cina Lieus memang telah melakukan banyak hal dibanding orang-orang Tionghoa yang sekarang ini sok berkoar-koar tentang persatuan dan kebhinnekaan. Lieus sudah aktif di KNPI dan merupakan salah satu eksponen 6 OKP yang keras menentang rezim Orde Baru.

Lieus aktif menggalang aksi demo terhadap kasus ketidakadilan dan kesewenang-wenangan penguasa menindas rakyat. Atas aktivitas dan kiprahnya itulah sejumlah media kemudian menobatkannya sebagai tokoh Tionghoa.

Lieus memang tidak menolak penobatan itu tetapi kini setelah menyadari penyebutan Tionghoa itu tak sesuai dengan harapannya, Lieus justru menolak dirinya disebut Tionghoa. "Cukup sudah saya disebut Tionghoa. Saya tak mau lagi dikelompokkan pada orang Tionghoa yang licik, pengkhianat dan tak tau berterima kasih. Tionghoa saat ini sangat bertolak belakangan dengan Tionghoa yang saya perjuangkan dulu. Sekarang panggil saja saya Cina. Itu lebih terhormat buat saya," demikian ungkap Lieus.

Saya tidak berani melibatkan diri ke dalam perbedaan paham antara Lieus Sungkharisma dengan Majelis Adat Budaya Tionghoa. Saya sekedar mencoba meluruskan kekeliruan persepsi tentang diri Lieus Sungkharisma. Setelah tabayyun mengenal Lieus secara lebih dekat saya memperoleh kesan bahwa sosok insan bermata sipit berbadan gendut ini adalah seorang warga Indonesia yang tulus mencintai negara, bangsa dan rakyat Indonesia.
Malah kelebihan Lieus ketimbang saya adalah dalam hal keberpihakan ke kaum tertindas. Sementara saya bisanya cuma meratap atau maksimal menulis tentang penderitaan rakyat tertindas, terbukti Lieus mewujudkan keberpihakan ke rakyat tertindas menjadi kenyataan sikap dan perilaku. Akibat membela rakyat tergusur di kawasan Mangga Besar malah Lieus pernah dijebloskan ke rumah tahanan.

Bahkan ketika tokoh nasional, Din Syamsuddin berhasil membujuk polisi untuk membebaskan Lieus ternyata Lieus menolak akibat yang akan dibebaskan hanya Lieus seorang diri saja sementara para rakyat tergusur tetap ditahan.

Saya saksi hidup bagaimana Lieus secara ragawi berpihak ke rakyat miskin tergusur di Kampung Pulo, Pasar Ikan, Luar Batang, Bukit Duri sebagai ungkapan solidaritas bagi rakyat tergusur sekaligus koreksi kekeliruan opini publik menggeneralisir kaum keturunan Tionghoa adalah kaum penggusur rakyat.

Maka dengan penuh kerendahan hati, saya memohon kepada sesama warga Indonesia yang berseberangan paham dengan Lieus berkenan menghentikan hujatan terhadap Lieus.

Lieus adalah seorang warga Indonesia yang dari lubuk sanubari terdalam tulus mencintai negara, bangsa dan rakyat Indonesia selaras dengan teks lagu Indonesia Pusaka: di sana tempat lahir beta, dibuai dibesarkan bunda, tempat berlindung di hari tua, tempat akhir menutup mata


http://www.rmol.co/read/2017/04/23/2...n-Hujat-Lieus-


jauh beda lius sama si ernest cek sebelah toko emoticon-Wakaka

emoticon-Imlek
Diubah oleh H3NNDRY666 24-04-2017 10:52
0
4.9K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan